Minggu, 17 Juni 2012

Cara Jitu Untuk Hindarkan Stres

Cara Jitu Untuk Hindari Stres

"Kata Kunci yang harus selalu anda ingat adalah: Awali setiap aktivitas anda dengan semangat, dengan langkah kecil itu, maka anda telah membuka jalan menuju pribadi yang lebih sehat & bahagia".

Untuk menghindari stres, berikut hal-hal yang perlu anda pahami:

1. Setiap aktivitas yang kecil sangat bernilai.
Menjadi pribadi yang aktif akan mengurangi stres,meningkatkan energi sekaligus meredam resiko terkena sakit & penyakit.
Aktivitas yang menyehatkan meliputi semua hal, mulai dari membersihkan rumah sampai melakukan olah raga. Anda harus aktif untuk selalu berolahraga minimal 30 menit setiap hari.
Tidak perlu untuk melakukan nya di luar, cukup di dalam rumah atau pekarangan rumah.
Kegiatan ini berfungsi untuk melemaskan otot-otot anda & melancarkan peredaran darah.

2. Aktvitas kerja yang menyenangkan.
Sebagian orang menganggap bahwa bekerja adalah rutinitas yang membosankan & bikin jenuh. Kerja bukanlah alasan yang menghalangi anda untuk tetap bergerak & berakvifitas  secara fisik & pikiran.
Setiap masalah yang timbul di tempat kerja adalah bagian dari aktivitas tersebut, jangan terlalu disikapi dengan berlebih, nikmati saja semua walaupun Big Bos anda menunjukan sikap yang tidak bersahabat (marah).
Setelah anda selesai kerja kemudian pulang, cukuplah aktivitas kerja pada hari itu yang akan dikerjakan lagi esok hari, jangan pernah membawa masalah di tempat kerja anda ke rumah.
Walaupun anda diminta untuk bekerja lembur, tetap tenaga & pikiran anda jangan terlalu di porsir.

3. Makanan sehat yang beragam.
Bayangkan warna & ragam makanan saat anda makan. Makanan yang segar/dikemas dengan cara di vaccum, tentunya tentunya lebih menyehatkan daripada makanan olahan / cepat saji. Makanan segar adalah makanan yang lebih sedikit mengandung garam, lemak & Zat pengawet.
Disamping itu, makan makanan yang beragam membuat asupan nutrisi pun kian beragam.
Mulailah untuk selalu makan makanan yang beragam & segar, jangan sering mengkonsumsi jenis makanan instan, makanan olahan/siap saji.
Perlu diperhatikan juga jenis-jenis makanan yang malah dapat membuat anda stres -- (baca selengkapnya disini)

4. Jadwal makan
Makanlah sebelum anda lapar & berhentilah makan sebelum anda kenyang.
Jangan makan hanya ketika anda benar-benar lapar atau makan yang berlebihan ketika didepan anda tersaji makanan-makanan yang lezat.
Makan yang baik adalah makan yang sedikit tetapi frekuensinya lebih sering, daripada anda makan sekali dalam porsi yang sangat besar.
Organ pencernaan tubuh anda perlu keseimbangan dalam mencerna makanan, baik dalam ukuran maupun dalam segi frekuensinya.
porsi yang besar & frekuensi yang berlebihan akan membuat organ pencernaan tubuh anda bekerja tidak optimal, dan ini akan mempengaruhi tingkat stres anda.
Makan sesering mungkin dengan porsi sedikit-sedikit berarti memberi asupan energi bagi anda dalam menjalankan rutinitas setiap saat.

5. Perilaku yang positive
Anda tidak dapat mengontrol segala sesuatu yang dapat memicu stres, namun anda dapat mengubah peilaku-perilaku yang dapat menimbulkan stres tersebut.
Mengatur napas saat anda rileks sambil menonton TV atau mendengarkan musik.
Jangan pelit untuk selalu tersenyum kepada orang-orang di lingkungan anda, di sekolah, tempat kerja dll. Mulailah untuk selalu berbagi kebahagiaan kepada orang-orang terdekat di rumah anda.
Bahkan tertawalah anda di setiap kesempatan yang memungkinkan anda untuk tertawa pada hal-hal yang lucu atau yang menarik.
Luangkan waktu untuk berdoa, bermeditasi atau apapun kegiatan yang dapat menenangkan pikiran anda, lepas sejenak dari kegiatan duniawi.

6. Gaya hidup sehat
Mulailah hidup anda dengan gaya yang sehat.
Memulai hari dengan mandi pagi & sarapan. Olahraga yang rutin, seperti jogging ringan setiap pagi atau olahraga berat di setiap akhir pekan.
membiasakan diri dengan jadwal makan yang teratur dan sehat. 
Isirahat yang cukup dan teratur pula, dengan tidak membiasakan tidur hingga larut malam.
Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk, seperti merokok, minum minuman beralkohol dll.
Selalu untuk berkumpul dengan keluarga atau teman-teman di sekolah atau tempat kerja.
Hindari berteman dengan orang yang kurang menyenangkan / tidak bersahabat yang selalu memperlihatkan rasa kebencian terhadap orang lain.Berteman lah dengan orang-orang yang menyenangkan, hingga anda selalu merasa terhibur.

Yang perlu anda ingat : 60% penyakit awalnya dari stres & kebiasaan buruk hidup anda.
Perilaku hidup sehat & positif dapat mengurangi anda dari stres,yang dampak nya dapat menghindarkan anda dari penyakit.






posting by admin

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]