Senin, 25 Juni 2012

Olahraga Bikin Tidur Jadi Nyenyak

Olahraga Bikin Tidur Jadi Nyenyak

Sebuah kajian ilmiah berusaha mencari bukti, dengan meminta anak-anak yang sehat untuk memakai/menggunakan actigraphs, yaitu suatu perangkat pengukur gerakan. Tujuannya untuk melihat & membuktikan "Apakah lebih banyak gerakan & aktifitas di siang hari akan meningkatkan kualitas tidur di malam hari".

Kajian menemukan bahwa latensitas awal tidur, yaitu waktu yang diperlukan untuk tertidur setelah orang berada di tempat tidur, berkisar dari sekitar 10 menit sampai lebih dari 40 menit.

Faktanya: Aktifitas fisik di siang hari dengan awal tidur di malam hari memang sangat berkaitan erat : setiap jam aktifitas pasif di siang hari menghasilkan tambahan tiga menit pada waktu yang diperlukan untuk tertidur di malam hari, dan anak-anak yang tertidur lebih cepat pada akhirnya akan tidur lebih panjang dan mendapatkan tambahan satu jam tidur untuk setiap 10 menit pengurangan waktu yang ia butuhkan untuk tertidur.

Kajian pada orang dewasa mencapai hasil yang kurang lebih sama, menunjukkan bahwa penambahan aktifitas fisik mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk tertidur & meningkatkan lama tidur.


kajian tersebut menunjukkan bahwa lebih aktif secara fisik di siang hari (olahraga), dapat menjurus ke tidur yang lebih nyenyak & ini akan menjaga kesehatan kita, karena badan kita sehat setelah olahraga & istirahat di malam hari (tidur) lebih terjaga dengan lamanya tidur kita. "ingat,, tidur kita minimal 8 jam". Akhirnya di saat kita bangun di pagi hari, kita mendapati badan yang segar & fresh untuk kembali melakukan aktivitas / rutinitas sehari-hari.

Saat tidur, tubuh kita juga memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh juga membuat pikiran kita menjadi lebih tenang. Kurang tidur dapat menyebabkan emosi yang tidak stabil, lelah, berkurangnya kemampuan berpikir. 



0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]