Jumat, 15 Juni 2012

Pencakar-Pencakar Langit Di Dunia

Gedung-Gedung Pencakar Langit Di Dunia

Negara-Negara di Jazirah Arab & China sepertinya terus berbenah untuk menjadi yang "ter" di muka bumi ini, termasuk dalam urusan membangun gedung-gedung tinggi, baik itu perkantoran, hotel atau pun apartemen. Saat ini gedung tertinggi di dunia adalah Burj Khalifa yang menjulang diatas langit Dubai.
Untuk tahun-tahun kedepan sepertinya rekor ini akan  segera dipatahkan lagi, karena pembangunan gedung-gedung tinggi di beberapa negara terus dilakukan, termasuk di Indonesia yang akan memiliki gedung tertinggi di dunia, pembangunan Gedung yang diberi nama "Signature Tower" setinggi 600 m ini, di proyeksikan selesai pada tahun 2017.
Arab Saudi juga saat ini sedang mengincar gedung tertinggi dunia. Binladin Group sedang merencanakan pembangunan Kingdom Tower di Jeddah yang tingginya mencapai 3.000 kaki atau setinggi 1000 m lebih dan diharapkan selesai pembangunannya pada tahun 2016.
Kuwait juga ingin segera "menyalip" rekor Burj Dubai dengan gedungnya yang diberi nama  Burj Mubarak Al-Kabir.
Gedung yang terletak di Madinat Al-Hareer rencanya akan dibangun setinggi 1.001 meter.
Rencananya gedung tersebut akan selesai dalam waktu 25 tahun dengan biaya sekitar 85 miliar dollar.

Berikut adalah Gedung-Gedung tertinggi saat ini.

1. Burj Khalifa

Burj Khalifa dikenal sebagai Burj Dubai sebelum diresmikan, adalah sebuah pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab, dan saat ini struktur tertinggi di dunia, di 828 m (2.717 kaki). Konstruksi dimulai pada tanggal 21 September 2004, dengan bagian luar struktur diselesaikan pada 1 Oktober 2009. Bangunan ini resmi dibuka pada tanggal 4 Januari 2010, dan merupakan bagian dari pembangunan komplek baru dengan luas lebih 2 km persegi (490 acre) disebut Downtown Dubai di 'Interchange Pertama' di sepanjang Sheikh Zayed Road, dekat distrik bisnis utama Dubai. Arsitektur menara dan rekayasa dilakukan oleh Skidmore, Owings and Merrill Chicago, dengan Adrian Smith sebagai arsitek kepala, dan Bill Baker sebagai insinyur struktur kepala. Kontraktor utama adalah Samsung C & T  Korea Selatan.Total biaya untuk proyek ini sekitar US $ 1,5 miliar. dan untuk pengembangan "Downtown Dubai" keseluruhan, US $ 20 miliar ( pada Maret 2009). Mohamed Ali Alabbar, ketua pengembang proyek, Emaar properties, mengatakan ruang kantor harga di Burj Khalifa mencapai US $ 4.000 per sq ft (lebih dari US $ 43.000 per m²) dan Residences Armani, juga di Burj Khalifa, dijual seharga US $ 3.500 per sq ft (lebih dari US $ 37.500 per m²).

2. Taipei 101

Taipei 101, sebelumnya dikenal sebagai Taipei World Financial Center, adalah sebuah pencakar langit landmark yang terletak di Distrik Xinyi, Taipei, Taiwan. Bangunan iniresmi sebagai peringkat tertinggi di dunia dari tahun 2004 sampai dengan pembukaanKhalifa Burj di Dubai pada tahun 2010. Pada bulan Juli 2011, bangunan ini dianugerahisertifikasi LEED Platinum, penghargaan tertinggi dalam Kepemimpinan Energi dan Desain (LEED) sistem penilaian Lingkungan dan menjadi gedung LEED tertinggi didunia. Taipei 101 dirancang oleh C.Y. Lee & mitra dan dibangun terutama oleh Joint Venture KTRT. Menara ini telah menjadi  sebagai ikon modern Taiwan sejak pembukaannya, dan menerima Award 2004 Skyscraper Emporis. Kembang api diluncurkan dari Taipei 101 fitur menonjol dalam siaran malam tahun baru internasional dan struktur ini sering muncul dalam literatur perjalanan dan internasional media.Taipei101 terdiri dari 101 lantai di atas tanah dan 5 lantai bawah tanah. Bangunan ini dibuat arsitektur sebagai simbol evolusi teknologi dan tradisi Asia.Pendekatan postmodernis terhadap gaya menggabungkan elemen desain tradisional dan memberi mereka perawatan modern. Menara ini dirancang untuk menahan angin topan dan gempa bumi. Sebuah multi-level pusat perbelanjaan berdampingan dengan gedung ini, hotel, juga ratusan toko mode, restoran dan klub.

3. Shanghai World Financial Center

Shanghai World Financial Center adalah sebuah pencakar langit supertinggi di Pudong, Shanghai, Cina, dikembangkan oleh Gedung Mori. Ini dirancang oleh Kohn Pedersen Fox. Gedung ini adalah sebuah pencakar langit yang terdiri dari perkantoran, hotel, ruang konferensi, deck observasi, dan pusat perbelanjaan di lantai tanah. Park Hyatt Shanghai adalah komponen Hotel berisi 174 kamar dan suite. Menempati lantai ke-79 ke lantai 93, itu adalah hotel tertinggi kedua di dunia, melebihi Grand Hyatt Shanghai  yang terletak di Jin Mao Tower. Pada 14 September 2007 gedung pencakar langit itu atapnya menjulang di 492,0 meter (1,614.2 kaki) dan menjadi bangunan kedua tertinggi di dunia, serta struktur tertinggi di Republik Rakyat Cina, termasuk Hong Kong. Gedung ini juga memiliki lantai tertinggi yang yang dijadikan sebagai hunian dan yang tertinggi untuk atap, dua kategori inilah yang digunakan sebagai acuan untuk menentukan "Gedung Tertinggi di Dunia".

 4. International Commerce Centre

Pusat Perdagangan Internasional Hongkong terletak di lantai 108, tinggi keseluruhan gedung ini adalah 484 m (1.588 kaki) selesai pada tahun 2010. Gedung pencakar langit ini terletak di West Kowloon, Hong Kong. Ini adalah bagian dari proyek Union Square dibangun di atas Stasiun Kowloon. Pembangunan ini dimiliki dan dikembangkan  bersama-sama  oleh MTR Corporation Limited dan Sun HungKai Properties, metro Operator Hong Kong dan pengembang properti besar lainnya di Hongkong. Saat ini Gedung ini menjadi  bangunan tertinggi keempat di dunia serta bangunan tertinggi di Hong Kong. Nama pembangunan formal nya adalah Union Square Phase 7 dan nama Pusat Perdagangan Internasional nya sendiri secara resmi diumumkan pada tahun 2005, dan tahap pembangunannya sendiri di mulai dari tahun 2007 sampai 2010. Menara ini dibuka pada tahun 2011, dengan pembukaan hotel Ritz-Carlton di akhir Maret dan observatorium di April. Sun awal Hung Kai Properties juga mengembangkannya bersama dengan pengembang Hong Kong besar lainnya, Henderson Land sebagai pencakar langit tertinggi kedua di Hong Kong. International Finance Centre, yang terletak tepat di seberang Victoria Harbour di Central, Hong Kong Island.

5. Petronas Towers

Menara Petronas adalah dua buah pencakar langit kembar di Kuala Lumpur, Malaysia yang sempat menjadi gedung tertinggi di dunia dilihat dari tinggi pintu masuk utama ke bagian struktur paling tinggi.
Menara ini dirancang oleh Adamson Associates Architects, Kanada bersama dengan Cesar Pelli dari Cesar Pelli of Cesar Pelli & Associates Architects Amerika serikat,dengan desain Interior yang merefleksikan budaya Islam yang mengakar di Malaysia. Pada 17 Oktober 2003, Taipei 101 mengambil rekor menara kembar ini.Tetapi Menara Kembar Petronas tetap memegang gelar menara kembar tertinggi di dunia.


6. Nanjing Greenland Financial Center

Nanjing Greenland Financial Center pencakar langit supertinggi selesai pada bulan April 2010 di Nanjing, Cina. Bangunan ini terdiri dari ruang ritel dan kantor di bagian bawah, dan restoran, hotel, dan sebuah observatorium publik  bagian atas. Loncatan menara fungsional, membantu memisahkan bagian-bagian ini. Menara yang menghadap Danau Xuanwu, menjadi bangunan tertinggi kedua di Cina dan bangunan tertinggi ke-6 di dunia . Sebuah dek observasi pada lantai 72, pada ketinggian 287 m (942 kaki) di atas tanah, memberikan pemandangan, tanpa terhalang panorama Nanjing dan Yangtze membentang , di dekatnya ada sungai, dua danau dan  pegunungan Ningzheng Ridge.  Arsitektur  Owings and Merrill perusahaan Skidmore, merancang bangunan ini yang dipimpin oleh Adrian Smith.

7. Willis Tower

Menara Willis (sebelumnya bernama, dan masih sering disebut sebagai Menara Sears) adalah  gedung pencakar langit dengan tinggi 1451 kaki (442 m) di Chicago, Illinois. Pada saat selesai pada tahun 1973, gedung ini menjadi bangunan tertinggi di dunia, melebihi menara World Trade Center di New York, dan memegang jabatan ini selama hampir 25 tahun.  Menara Willis adalah bangunan tertinggi di Amerika Serikat dan kelima di dunia dalam hal struktur yang berdiri bebas, serta bangunan tertinggi kelima di dunia untuk atap. Penamaan Sears Tower berakhir pada tahun 2003, tapi bangunan tersebut terus disebut Sears Tower selama beberapa tahun. Pada bulan Maret 2009 yang berbasis di London broker asuransi Willis Group Holdings, setuju untuk menyewakan sebagian bangunan dan memperoleh hak penamaan bangunan. Pada tanggal 16 Juli 2009, bangunan itu secara resmi berganti nama menjadi Willis Tower.

8. Guangzhou International Finance Centre

Guangzhou International Finance Centre atau Guangzhou Tower Barat adalah bangunn dengan tinggi 440,2 m (1.444 kaki) . Pencakar langit tinggi terletak di Zhujiang Avenue West di Distrik Tianhe di Guangzhou China. Pembangunan gedung, yang dirancang oleh Wilkinson Eyre, mulai dibangun pada Desember 2005. Ketika selesai, bangunan akan digunakan sebagai gedung pusat konferensi, hotel dan kantor. Lantai 1 sampai 66 digunakan sebagai kantor, lantai 67-68 adalah peralatan mekanik, lantai 69-98 sebagai Four Seasons Hotel dan di lantai 99 dan 100 adalah sebuah dek observasi. Lobi hotel terletak di lantai ke-70. Bangunan ini selesai pada 2010. Bangunan ini sebelumnya dikenal sebagai Guangzhou Tower Barat dan memiliki proyek terkait, yang direncanakan yaitu Guangzhou East Tower yang memiliki tinggi 475 m (1.558 kaki), akan lebih tinggi, meskipun proyek yang telah diberikan kepada desain yang berbeda oleh Kohn Pedersen Fox , dengan 530 m (1.740 kaki) akan berdiri di kawasan Chow Tai Fook Centre.


9. Trump International Hotel and Tower

The Trump International Hotel and Tower, juga dikenal sebagai Trump Tower Chicago dan di tempat asalnya dikenal sebagai Trump Tower, adalah sebuah pencakar langit kondominium-hotel di pusat kota Chicago, Illinois. Bangunan, dinamai pengembang real estate Donald Trump, dirancang oleh arsitek Adrian Smith dari Skidmore, Owings and Merrill. Bovis Lend Lease membangun struktur nya, yang mencapai ketinggian 1.389 kaki (423 m) termasuk puncak menara tersebut, atapnya topping keluar pada 1.170 kaki (360 m). Hal ini berdekatan dengan cabang utama Sungai Chicago, dengan pemandangan entri ke Danau Michigan di luar rangkaian jembatan di atas sungai. Bangunan ini menerima publisitas ketika pemenang musim pertama The Apprentice acara televisi, Bill Rancic, memilih untuk mengelola pembangunan menara. Trump mengumumkan pada 2001 bahwa pencakar langitnya akan menjadi gedung tertinggi di dunia, tapi setelah 2001 serangan 11 September, rencana bangunan ini diturunkan, dan desain mengalami beberapa revisi. Ketika atasnya keluar pada tahun 2009 menjadi gedung kedua tertinggi di Amerika Serikat setelah Willis Tower Chicago (sebelumnya dikenal sebagai Menara Sears). Hal ini diharapkan akan dikalahkan oleh Satu World Trade Center di New York City pada tengah 2013. Trump Tower melampaui Chicago John Hancock Center sebagai gedung dengan tempat tinggal tertinggi di dunia di atas tanah-tingkat dan memegang gelar ini sampai selesainya Khalifa Burj. Setelah tahun 2011 itu adalah bangunan kesepuluh tertinggi di dunia

.

10. Jin Mao Tower

Jin Mao Tower Ini berisi kantor-kantor dan Shanghai Grand Hyatt Hotel . Sampai tahun 2007 ini menjadi bangunan tertinggi di China, yang tertinggi kelima di dunia dengan ketinggian atap dan tertinggi ketujuh dengan puncak ketinggian.Dan JMT bersebelahan dengan Shanghai World Financial Center.
Itulah Gedung-Gedung pencakar langit di dunia, Daftar ini bisa berubah lagi seiring pembangunan gedung-gedung pencakar langit di seluruh dunia, termasuk salah satunya di Indonesia.

Inilah penampakan calon gedung tertinggi di Indonesia & tertinggi ke 5 di dunia pada tahun 2017.

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]