Minggu, 03 Juni 2012

Perang Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia

5 Perang Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia


Perang adalah sebuah aksi fisik dan non fisik (dalam arti sempit, adalah kondisi permusuhan dengan menggunakan kekerasan) antara dua atau lebih kelompok manusia untuk melakukan dominasi di wilayah yang dipertentangkan. Perang secara purba di maknai sebagai pertikaian bersenjata. Di era modern, perang lebih mengarah pada superioritas teknologi dan industri. Hal ini tercermin dari doktrin angkatan perangnya seperti "Barang siapa menguasai ketinggian maka menguasai dunia". Hal ini menunjukkan bahwa penguasaan atas ketinggian harus dicapai oleh teknologi. Namun kata perang tidak lagi berperan sebagai kata kerja, namun sudah bergeser pada kata sifat. Yang memopulerkan hal ini adalah para jurnalis, sehingga lambat laun pergeseran ini mendapatkan posisinya, namun secara umum perang berarti "pertentangan".
Berikut Perang-perang terbesar di dunia, 
1. Perang Salib
Perang Salib merupakan perang antar agama yang paling dahsyat sepanjang sejarah. Perang salib di mulai sejak kaum Kristiani berusaha untuk merebut kembali wilayah Yerussalem dan Tanah Suci dari kekuasaan Islam. Perang ini berlangsung dari abad ke-9 hingga abad ke-16 Masehi. Perang salib melambungkan nama Salahudin Al Alyyubi dan Richard “The Lion Heart” sebagai pahlawan antar kedua belah pihak.
Baca ulasan lengkap Perang salib disini

2. Perang Napoleon
Perang Napoleon berlangsung selama Napoleon Bonaparte memerintah Prancis dari tahun 1799 hingga tahun 1815 dan berdampak luas di Eropa. Napoleon Bonaparte yang berhasil merebut kekuasaaan di Prancis melalui sebuah kudeta. Pertempuran Waterloo (18 Juni 1815) dan disepakatinya Pakta Paris yang kedua. Jumlah korban akibat perang itu sekitar 3.250.000 hingga 6.500.000 jiwa.
3. Perang Dunia 1
stalingrad 5 Perang Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia
Perang Dunia adalah perang senjata yang meliputi banyak negara. Terdapat dua sesi Perang Dunia, yaitu Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2. Perang Dunia 1 berlangsung dari tanggal 28 Juli 1914 hingga tanggal 11 November 1918. Perang Dunia 1 terjadi karena terbunuhnya Pangeran Franz Ferdinand dari Austria yang dibunuh anggota kelompok teroris Serbia. Perang ini menghadapkan Blok Sekutu (Rusia, Perancis, Inggris, Kanada, Italia, dan Amerika Serikat) dan Blok Sentral (Austria, Jerman, Turki, dan Bulgaria). Perang Dunia 1 menjadi tonggak runtuhnya kekuasaan monarki absolut di seluruh dunia, antara lain Habsburg, Romanov, Ottoman dan menewaskan korban sekitar 40.000.000 jiwa.
4. Perang Dunia 2
Nagasaki 5 Perang Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia
Perang Dunia 2 ini adalah kelanjutan dari Perang Dunia 1, tetapi dengan Blok yang berbeda, yaitu Blok Axis (Jerman, Italia, Jepang) dan Blok Sekutu (Amerika Serikat, Rusia, Perancis, Inggris. dll). Perang Dunia 2 ini berlangsung dari tanggal 1 September tahun 1939 hingga tanggal 14 Agustus tahun 1945 ditiga benua, yaitu Benua Asia, Afrika, dan Eropa. Perang ini berakhir akibat ledakan bom atom (Little Boy) yang dijatuhkan oleh pihak sekutu ke 2 kota penting Jepang, yaitu Hiroshima (6 Agustus 1945) dan Nagasaki (9 Agustus 1945). Akibatnya, perang ini menewaskan lebih dari 50.000.000 jiwa, lahirnya PBB, dan munculnya Amerika Serikat dan Uni Soviet sebagai negara Superpower.
5. Perang Israel-Palestina
palestina after  5 Perang Terbesar Sepanjang Sejarah Dunia
Perang Israel-Palestina terjadi dari tahun 1948 saat Inggris merampas tanah Palestina dari Kesultanan Turki Ottoman dan memberikannya kepada kaum Yahudi dalam rangka membangun kembali Tanah Air sejak mereka terusir dari wilayah tersebut sejak ribuan tahun yang lalu. Negara-negara Timur Tengah tidak menyetujui hal tersebut langsung mengangkat senjata melawan Israel dalam Perang Arab-Israel 1948. Namun perang ini berakhir dengan kemenangan Israel. Perang kemudian berlangsung kembali pada tahun 1967, yang dikenal dengan Perang Enam Hari. Sampai sekarang konflik tersebut masih berlanjut dan belum bisa terselesaikan.






sumber: http://infoindonesia.web.id/

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]