Rabu, 31 Oktober 2012

Danau-Danau Terdalam Di Dunia

Danau Situ Patenggang
Danau-Danau Terdalam Di Dunia

Danau adalah sejumlah air (tawar atau asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas, yang dapat terjadi karena mencairnya gletser, aliran sungai, atau karena adanya mata air. Biasanya danau dapat dipakai sebagai sarana rekreasi, dan olahraga.
Dalam artia lain, danau adalah cekungan besar di permukaan bumi yang digenangi oleh air bisa tawar ataupun asin yang seluruh cekungan tersebut dikelilingi oleh daratan.

Kebanyakan danau adalah air tawar dan juga banyak berada di belahan bumi utara pada ketinggian yang lebih atas.
Oh iya, Ane pengen share danau-danau terdalam di dunia, ada 2 danau di Indonesia yang termasuk danau terdalam tersebut.
Berikut adalah daftar danau-danau terdalam di dunia :

Danau Baikal
Danau Baikal adalah danau terdalam dan tertua di dunia dan terbanyak (dalam isi) air tawarnya di Bumi. Danau ini berisi lebih dari 20% air tawar dunia dan lebih dari 90% air tawar Russia. Danau ini merupakan Situs warisan dunia yang terletak di selatan Siberia di Russia, antara Oblast Irkutsk di barat laut dan Buryatia di tenggara, dekat kota Irkutsk. Nama ini berasal dari kata Tatar "Bai-Kul" - "danau kaya". Dia juga dikenal dengan "Mata Biru Siberia". Dalam bahasa Russia, dia disebut Байка́л (Ozero Baykal, О́зеро secara harfiah berarti Danau), dan dalam bahasa Buryat dan Mongol dia disebut Dalai-Nor, atau "Laut suci". Kedalaman maksimal danau ini adalah 1.637 meter.
Danau Tanganyika
Danau ini berada di Western Rift di daerah Great Rift Valley dan dilingkupi oleh dinding pegunungan dari ngarai tersebut. Danau ini merupakan danau ngarai terbesar dan terdalam di Afrika atau nomor 2 terdalam di dunia serta menyimpan cadangan air tawar terbesar. Panjangnya membentang sekitar 673 km pada arah Utara-Selatan dan lebar rata-rata 50 km. Danau ini melingkupi area seluas 32,900 km², dengan panjang garis tepi sebesar 1,828km serta kedalaman rata-rata 570 m dengan kedalaman maksimum 1,470 m (di cekungan paling utara) menyimpan cadangan air dengan volume perkiraan sebesar 18,900 km³. Suhu di permukaannya sekitar 25 °C dan mempunyai pH rata-rata 8.4.
Laut Kaspia
Laut Kaspia atau Laut Mazandaran merupakan sebuah laut yang terkurung daratan antara Asia dan Eropa (Rusia Eropa). Laut Kaspia merupakan kumpulan air terbesar di daratan, dengan luas permukaan 371.000 km², dan oleh karena itu memiliki karakteristik yang dimiliki oleh laut dan danau. Laut Kaspia sering digolongkan sebagai danau terbesar dunia, meskipun ia tidak mengandung air tawar.

Laut Kaspia dibatasi oleh Russia (Dagestan, Kalmykia, Oblast Astrakhan), Azerbaijan, Iran (provinsi Guilan, Mazandaran dan Golestan), Turkmenistan, dan Kazakhstan, dengan "steppe" Asia Tengah di utara dan timur. Pada sisi timur Turkmen terdapat sebuah "embayment" besar, Kara Bogaz Gol.
Laut ini dihubungkan dengan Laut Azov melalui Terusan Manych.
Kedalaman maksimalnya adalah 1.025 meter.


Danau Nyasa
Terletak di negara Malawi menembus ke Mozambique & Tanzania.
Danau Nyasa merupakan paling selatan dari danau Rift Valley, secara biologis danau ini yang paling beragam.Danau terdapat lebih dari 30%  spesies ikan. ikan yang berwarna-warni mudah diamati di danau ini karena airnya sangat  jernih.
Kedalaman maksimal danau ini adalah 706 meter.


Danau Issyk-kul
Issyk Kul (Ysyk Köl, Issyk-kol) (terletak di 42°30′ LU 77°30′ BT) adalah danau endorheic di pegunungan Tian Shan, di timur laut Kirgiztan. Panjangnya 182 km, lebarnya hingga 60 km, dan luasnya 6.332 km². Ini berarti danau ini adalah danau terbesar kedua di dunia yang terletak di gunung setelah Danau Titicaca. Danau ini terletak pada ketinggian 1.620 m, dan dalamnya hingga 702 m. Air danau ini agak bergaram dan pada musim dingin tetap bebas dari es. Air danau ini berasal dari mata air dan salju yang mencair, namun ia tidak mempunyai penyaluran. Pantai selatannya didominasi oleh pegunungan Tian Shan yang indah.


Danau Great Slave
Danau ini sebagiannya terdapat di tepian Shield Kanada dan sebagiannya lagi terdapat di Dataran Tinggi utara Great Plains.
Danau ini dingin dan sangat dalam, di 616 meter (2.027 kaki), merupakan danau terdalam keenam di dunia. Es tetap ada di danau selama sekitar delapan bulan setiap tahun dan mencakup sepenuhnya wilayah danau selama sekitar lima setengah bulan.
Es mulai terbentuk di teluk kecil sekitar pertengahan Oktober, berakhir navigasi di danau. Pada bulan Maret, es telah mencapai ketebalan maksimum lima sampai enam meter.
Tekanan tonjolan pada hamparan luas es bisa dua hingga tiga meter, (enam sampai 10 kaki) tinggi dan 48 km (30 mil.) 

Danau Crater
Danau Crater adalah sebuah danau yang terletak di Pegunungan Cascade, Oregon, Amerika Serikat. Danau Crater terbentuk dari hasil erupsi gunung berapi Mazama di sekitar tahun 4680 SM.
Kedalaman maksimal danau ini adalah 594 meter.


Danau Matano
Danau Matano adalah sebuah danau di Sulawesi Selatan, tepatnya berada di ujung selatan pulau Sulawesi di kota Sorowako, Kabupaten Luwu Timur. Danau ini memiliki kedalaman sejauh 590 meter, 382 meter di antaranya di atas permukaan laut. Menurut WWF, danau ini adalah danau terdalam di Asia Tenggara serta terdalam kedelapan di dunia.
Danau Matano bukan merupakan pembentukan dari beberapa anak sungai, tetapi terbentuk dari ribuan mata air sehingga tidak akan pernah mengalami kekeringan. Airnya sangat jernih.


Danau Toba
Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.
Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang, Berastagi dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.
Kedalaman maksimal danau ini adalah 505 meter.


Danau Sarez
Danau Sarez terbentuk pada tahun 1911 ketika terjadi gempa bumi di pegunungan Pamir, Tajikistan. Penurunan permukaan bumi membendung lembah sungai Murgab, membentuk danau dengan panjang sekitar 60 km dengan kapasitas air kira-kira 17 km3.
Kedalaman maksimal danau ini adalah 505 meter.



0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]