Sabtu, 03 November 2012

Promosi Jabatan, Gimana sih Caranya???

Tip & Trick Meraih Promosi Jabatan

Artikel Khusus Seputar Dunia Kerja
Didukung oleh:

Dikantor beredar kabar kalau si anak yang kebilang baru itu mendapatkan promosi kenaikan jabatan.
Karuan saja semua rekan kerja termasuk temen Ane merasa dongkol.
Kok bisa ya karirnya melejit sedemikian pesat?
Ada main ama si Bos?
Punya dukun?
Hahaa,,, Begitu pertanyaan ama celotehan temen Ane.
Cemburu memang manusiawi Gan, hampir semua orang tidak ingin disaingi, diungguli oleh orang lain di tempat kerja, apalagi oleh anak baru atau juniornya.
Itulah pikiran Ane menanggapi uring-uringannya temen Ane tersebut.


Ingat Gan, jika kita terlalu berpaku pada rasa iri, ujung-ujungnya pekerjaan kita sendiri yang akan terbengkalai & kita keteteran. Ujung-ujungnya kita akan semakin jauh dari promosi kenaikan gaji atau promosi kenaikan jabatan yang sering Agan cita-citakan.
Sebenarnya kecemburuan itu tidak selamanya berbuah negatif, asalkan Agan tahu bagaimana cara menyalurkannya.
Kuncinya adalah jangan menjadikan perasaan iri sebagai pengganggu konsentrasi, tetapi jadikanlah perasaan itu sebagai pecut & pembangkit semangat serta motivasi Agan.
Daripada berkubang dalam perasaan dengki, betul tidak Gan?
Cobalah Agan mengkaji lagi hasil kerja Agan selama ini!!
Jangan lupa kenakan kacamata yang objektif, mungkin Agan akan menyadari bahwa sebenarnya Agan belum siap menerima tanggung jawab yang lebih besar.
Tetapi jika pencapaian Agan sebenarnya sudah layak dihadiahi peningkatan pangkat, kemukakanlah hal tersebut kepada atasan/Bos Agan. Diskusikan mengapa promosi yang seharusnya jatah Agan justru harus berpindah kepada orang lain.
Apabila atasan menganggap kemampuan Agan belum cukup mumpuni, jangan langsung patah arang, Justru Agan harus menunjukkan kemampuan Agan lebih optimal lagi dengan memaksimalkan performa kerja.


Bagaimana agar Agan cepat mendapatkan promosi dari atasan /Bos Agan?
Berikut Ane share pengalamannya dari seorang temen:


1. Tunjukkan skill Agan dalam menyelesaikan dengan cepat/cekatan suatu masalah, Agan akan mendapatkan point tersendiri disaat orang lain tidak bisa atau lama memecahkan masalah tersebut. Tapi ingat Gan masalah apapun yang Agan tangani jangan asal diselesaikan saja tanpa memikirkan solusi kedepannya.


2. Jiwa kepemimpinan Agan wajib ditonjolkan agar atasan Agan tahu bahwa Agan bisa memimpin orang.


3. Sering-seringlah mengundang rekan kerja lain termasuk atasan Agan untuk melakukan minutes of meeting bersama. Presentasi yang bagus dari Agan tentang agenda kerja, report, atau apapun tema meeting tersebut akan menambah nilai jual Agan di tempat kerja.


4. Buatlah report Agan sebagus & sediteil mungkin dengan segala penjelasan-penjelasannya dengan ditunjang oleh data-data yang akurat & ilmiah.


5. Tunjukkan team work Agan dengan rekan kerja di bagian yang lain, orang lain akan menilai bahwa Agan lah yang bisa diajak bekerja sama dengan departemen/bagian yang lain.


6. Pertahankan disiplin kerja Agan, masalah absensi, sering terlambat masuk atau suka berlama-lama dalam jam istirahat, sering cuti dll bisa menggagalkan promosi jabatan Agan.


7. Tambah jam kerja Agan diluar jam kerja lembur Agan, apalagi jika ada tugas-tugas yang urgent untuk diselesaikan.


8. Seringlah berinteraksi dengan atasan / Bos diluar jam kerja.
Ajaklah Bos Agan untuk makan bersama pada saat jam istirahat, atau dapat pula Agan sering berkunjung ke rumah si Bos untuk silaturahmi.
Ajak si Bos ngobrol dengan obrolan yang santai, tentang keluarganya, anak-anaknya de el el.


9. Tawarkan bantuan Agan untuk membantu pekerjaan Atasan Agan, diluar tugas rutin yang sudah biasa Agan lakukan.


10. Semangatlah dalam bekerja, jangan pernah mengeluh atas apapun tugas yang diberikan oleh atasan Agan, satu lagi Gan,, bersikap jujur dalam pekerjaan Agan, lebih jauh bersikap jujurlah dalam hidup Agan.

semoga bermanfaat Gan,,,



1 Komentar:

  1. Ooh gitu ya triknya,,
    artikel yg menarik

    BalasHapus