Jumat, 14 Desember 2012

Masjid-Masjid Terbesar Di Dunia

Masjid Kubah Mas / Dian Al Mahdi Depok Indonesia
Masjid-Masjid Terbesar Di Dunia

Besar atau kecil bukanlah sesuatu yang  menjadi ukuran ideal untuk sebuah masjid, karena ukuran yang lebih ideal adalah seberapa bermanfaatkah rumah Allah tersebut bagi kemaslahatan umat baik dari sisi ibadah maupun dari sisi muamalah. Namun keindahan dan kemegahan masjid bisa menjadi salah satu faktor pendukung dalam syiar agama Islam, namun sekali lagi hal tersebut bukanlah segalanya. 
Berikut ini Ane posting 10 mesjid terbesar di dunia, yang mengacu kombinasi pada kapasitas jemaah beribadah dan luasnya area keseluruhan masjid (bukan hanya bangunannya), langsung aza Gan, 


Masjid Baitul Mukarram, Dhaka - Bangladesh
Masjid ini berada tepat di jantung ibukota Bangladesh Dhakka, masjid yang selalu penuh sesak terutama saat shalat utama & di bulan suci Ramadhan, masjid ini dibangun sekitar tahun 1960-an dengan kapasitas semula 30 ribuan jamaah, namun dalam perkembangannya ditambah kapasitasnya menjadi 40 ribuan jamaah.


Masjid Jami Delhi India 
Masjid yang berada di kota lama India Delhi ini termasuk sebuah masjid yang berumur tua, Masjid yang pembangunannya di prakarsai oleh pembuat Taj Mahal Kaisar Mughal Shah Jahan dibangun pada tahun 1656 Masehi. Puluhan ribu jamaah setiap Shalat Jum’at selalu memenuhi seluruh ruangan di dalam bahkan sampai keluar masjid.


Masjid Sheikh Zayed Abu Dhabi UEA
Nama Masjid ini diambil dari nama Presiden pertama Uni Emirat Arab yaitu Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan & mulai digunakan oleh umat pada tahun 2007. Makam Sheikh Zayed sendiri terdapat dalam area Masjid terbesar di UEA tersebut.


Masjid Badshahi Lahore Pakistan 
Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Sultan/kaisar, Masjid ini pernah menjadi Masjid terbesar di Asia Selatan dan memiliki kapasitas hingga 100 ribuan lebih jamaah.
Masjid Badshahi dibangun oleh raja ke enam Kesultanan Mughal, Raja Aurangzeb tahun 1671 dan selesai dibangun pada tahun 1673 di Lahore, Pakistan. Masjid Badshahi merupakan masjid yang juga sebagai landmark serta tujuan wisata utama kota Lahore. berada tepat di tengah kota Lahore Pakistan.

Masjid Faisal, Islamabad Pakistan 
Masih disekitaran Pakistan, masjid Faisal saat ini merupakan masjid terbesar di Asia Selatan dan sebelum Masjidil Haram di Mekah di renovasi, masjid ini pernah menyandang predikat sebagai Masjid Terbesar di dunia pada periode periode 1986-1993. Masjid yang menjadi masjid nasional Pakistan ini memiliki kapasitas 300 ribuan jamaah.
Pembangunan masjid ini dimulai pada tahun 1976 oleh National Construction of Pakistan yang dipimpin oleh Azim Khan, menghabiskan dana lebih dari 130 juta Riyal Saudi Arabia (kira kira setara dengan 120 juta Dolar Amerika).

Masjid Hasan II Maroko
Masjid yang berada di Casablanca ini dibangun pada tahun 1980 & dirancang oleh arsitek dari Perancis Michel Pinseau dengan memiliki menara masjid tertinggi di dunia lebih dari 200 meter, yang unik dari masjid ini adalah letaknya yang menghadap langsung ke Samudera Atlantik, dengan lantai yang terbuat dari kaca tebal sehingga  dapat melihat langsung air laut.


Masjid Istiqlal Jakarta Indonesia
Masjid yang dibangun di era orde lama saat pemerintahan Presiden Soekarno (tepatnya pada tanggal 24 Agustus 1951) hingga kini masih menyandang sebagai Masjid Terbesar di Asia Tenggara, walau banyak masjid-masjid baru bermunculan dan megah namun secara keseluruhan belum bisa menandingi kebesaran Masjid Istiqlal ini. Istiqlal yang berarti kemerdekaan merupakan anugerah atas kemerdekaan yang diraih Indonesia melepaskan diri dari belenggu penjajahan.
Masjid Istiqlal Jakarta menjadi kebanggaan umat Islam Indonesia, disamping ada juga masjid kubah mas atau masjid Dian Al mahri di kota Depok Jawa Barat.


Masjid Imam Reza Shrine di Masyhad Iran
Masjid Imam Reza Shrine di Masyhad Iran adalah sebuah kompleks yang berisi makam Imam Ridha, Imam kedelapan Syi’ah Imamiyah dan dikenal sebagai masjid terbesar ketiga di dunia. Juga terdapat dalam kompleks Masjid meliputi: Masjid Goharshad, museum, perpustakaan, empat seminari, kuburan, Universitas Islam Razavi Ilmu, sebuah ruang makan untuk peziarah, dan bangunan lainnya.

Masjid Al-Nabawi Madinah
Siapa umat Islam di dunia tidak kenal Masjid ini, karena Masjid Nabawi merupakan salah satu masjid utama bagi muslim selain Masjidil Haram di Mekah dan Masjid Aqsa di Yerusalem. Merupakan tempat peristirahatan terakhir dari Nabi Muhammad SAW. Setiap umat Islam yang menjalankan ritual ibadah haji juga dipastikan akan mengunjungi masjid terbesar ke-2 di Saudi Arabia bahkan di dunia ini
Ar-Raudhah salah satu area di Masjid Nabawi diyakini sebagai salah satu tempat mustajab untuk memanjatkan do'a.


Masjidil Haram di Mekah
Masjid Haram di Mekah ini merupakan masjid terbesar di seluruh dunia dimana ditengahnya terdapat bangunan Ka’bah yang menjadi pusat arah (kiblat) shalat seluruh umat Islam di dunia. Memiliki luas 4.008.020 meter persegi (990,40 hektar) dan mampu menampung lebih dari 4 juta jemaah baik di dalam ruangan maupun diluar. Masjid yang tidak pernah sepi dan setiap saat selama 24 jam selalu ada umat yang beribadah, baik shalat maupun melakukan tawaf (berjalan mengitari Ka’bah). Masjidil Haram paling ramai dikunjungi umat Islam dari seluruh dunia kala puncak ritual ibadah haji setiap tahunnya.
Kapan Ane kesini yak????,,,

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]