Senin, 24 Desember 2012

Menghadapi Rekan Kerja Yang Culas

Menghadapi Rekan Kerja Yang Culas

Artikel Khusus Seputar Dunia Kerja
Didukung oleh:

Dalam lingkungan kerja, kita akan bertemu dengan berbagai karakter dari rekan kerja kita. 
Kita semua tentu ingin dapat mempercayai rekan kerja kita, tapi pada kenyataannya, ada saja orang-orang yang memang tidak dapat kita percaya.

Orang seperti ini, mungkin akan terus menyalahkan Agan untuk pekerjaan yang kurang sempurna, mencari-cari kesalahan Agan dan melaporkannya pada atasan.
Jangan kaget Gan, memang akan selalu ada orang-orang seperti ini, apalagi orang tersebut menganggap Agan adalah saingan nya yang menurut dia Agan adalah orang yang akan menghambat / menghancurkan kemajuan karirnya. Apalagi jika Agan memiliki prestasi kerja yang membanggakan dimata atasan Agan.  
Jika Agan menemui orang-orang dengan sifat "culas" seperti ini, coba beberapa tips di bawah ini untuk menghindarinya agar Agan merasa aman.

1. Buat dokumen untuk semua pekerjaan yang Agan lakukan. Jika Agan dan rekan kerja semacam ini diminta untuk jadi tim, buatlah dokumen untuk penugasan yang jadi tanggung jawab Agan. Kirim e-mail atau memo pada partner ini soal porsi pekerjaan yang Agan tangani. Simpan e-mail atau memo ini di file pribadi Agan.

2. Jika teman kerja Agan ini menuduh Agan memalsukan tanggal e-mail, buatkan copy dari e-mail tersebut. Dengan cara ini, rekan Agan ini tahu ada salinan dari surat resminya.

3. Jika rekan kerja yang tak dapat dipercaya ini mendapat akses ke dalam pekerjaan Agan, selalu up-date copy file dari pekerjaan itu untuk diri Agan sendiri.

4. Jangan berbagi informasi pribadi dengan rekan kerja yang semacam ini. Pertahankan percakapan dengannya hanya dalam batas profesional dan umum.

5. Kunci lemari dan beri password pada file komputer Agan. Jika ada informasi sensitif, seperti daftar klien, pastikan yang ini benar-benar aman.

Selain perlindungan-perlindungan di atas, untuk lebih amannya, jangan bergosip soal rekan kerja Agan. 
Bisa jadi Agan salah percaya orang dan malah memberi akses orang lain merusak karir Agan.



sumber: perempuan.com

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]