Selasa, 01 Januari 2013

Semangat Baru Di Tahun Baru

Semangat Baru Di Tahun Baru

Dunia terus berubah oleh berbagai hal, mulai dari teknologi, iklim hingga populasi.
Kini bumi yang kita pijak telah semakin sesak dipenuhi oleh para penghuninya. Diperkirakan di tahun 2013 populasi manusia jumlahnya akan menyentuh angka 8-9 miliar jiwa, sungguh jumlah yang sangat fantastis, dan jangan lupa Gan, jumlah ini akan terus bertambah seiring angka harapan hidup yang semakin meningkat.
Masalah yang bakal menghadang akibat ledakan polulasi manusia diantaranya adalah: 

1. Semakin merebaknya jumlah angka pengangguran yang disebabkan oleh kurangnya lapangan pekerjaan yang tidak sebanding dengan jumlah angkatan kerja yang terus meningkat. 

2. kelangkaan suplai air & makanan.
Hal ini disebabkan oleh semakin rusaknya lingkungan yang dipergunakan oleh manusia untuk membuka pemukiman-pemukiman baru, kawasan-kawasan ekonomi baru de el el.

3. Naiknya beban biaya kesehatan.
Akibat kualitas lingkungan menurun, penyakit merajalela, sehingga kualitas kesehatan masyarakat pun akan menurun & ini mengakibatkan biaya beban kesehatan akan meningkat pula.

4. Kehancuran dimana-mana akibat deforestasi.
deforestasi adalah kegiatan penebangan hutan atau tegakan pohon (stand of trees) sehingga lahannya dapat dialihgunakan untuk penggunaan nir-hutan (non-forest use), yakni pertanianpeternakan atau kawasan perkotaan.

Jika bumi yang kita pijak ini berubah, akankah kita akan hanya menjadi penonton saja? Tentu tidak kan Gan,,,
Karena stagnasi dari sebuah action  hanya akan membawa kita kepada suatu kemunduran.
Perubahan,, itulah kata kunci untuk mencapai suatu kemajuan. Ingat Gan, perubahan tidak dapat direalisasikan jika sebatas hanya dalam sebuah teori saja.
Perubahan itu harus dilakukan & dimulai dari diri kita sendiri, dari hal-hal yang kecil, dari hal-hal yang paling mudah & dimulai dari sekarang juga.

Kita sudah menjalani 31.536.00 detik  sepanjang tahun 2012, ada detik-detik penuh dengan kecemasan, ketakutan & menegangkan tetapi ada pula detik-detik yang dipenuhi oleh ketenangan, senyum & kebahagiaan.
Kita harus bisa memiliki kemampuan untuk belajar dari masa lampau, sekaligus memiliki pandangan kedepan agar hari ini lebih baik dari hari kemarin & hari esok lebih baik dari hari ini.
Tidak ada kata terlambat Gan bagi kita untuk mengevaluasi kembali apa yang sudah kita jalani pada masa lampau, belajarlah dari pengalaman tersebut untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.
Kita semua harus menapakinya dengan penuh rasa optimis & tentunya dengan penuh semangat, ikhlas & dengan sepenuh hati.

Suatu perubahan yang kita lakukan itu haruslah dari semua sisi atau aspek, jasmani & rohani harus seimbang.
Satu hal lagi Gan, sebagai makhluk hidup ujung-ujungnya kita akan mati, hehee..
Setiap pergantian tahun, usia kita memang bertambah tetapi jatah usia kita hidup di bumi yang kita pijak ini terus berkurang.
Hal terbaik apa yang sudah kita perbuat demi kepentingan diri sendiri, orang tua, saudara, keluarga, tetangga & masyarakat pada umumnya?
Inilah saatnya kita melakukan perubahan tersebut Gan, 

Selamat menyongsong tahun baru dengan semangat baru.

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]