Senin, 04 Maret 2013

Kesalahan Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

Kesalahan Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

Hati-hati jika menulis surat lamaran kerja Gan, sebab ada beberapa kesalahan konyol yang bisa membuat Agan tidak diterima kerja. Apa saja bentuk kesalahan tersebut? Simak sepuluh daftarnya berikut :

Terlalu detail
Nomor telepon yang terlalu banyak, alamat lain selain rumah pribadi, jumlah gaji yang diminta, serta alamat sekolah atau perusahaan sebelumnya merupakan detail yang tidak perlu Agan cantumkan dalam surat lamaran kerja.

Terlalu banyak ruang kosong
Meskipun surat lamaran kerja tidak harus seperti koran yang padat, namun pihak perusahaan juga tidak menginginkan Agan untuk menulis terlalu sedikit dan membiarkan banyak ruang kosong dalam surat lamaran kerja Agan.

Dua halaman
Surat lamaran kerja juga tidak sebaiknya lebih dari satu halaman. Halaman kedua diperbolehkan jika isinya adalah referensi dari hal-hal yang telah Agan sebutkan dalam surat lamaran kerja, misalnya sertifikat.

Foto
Jangan pernah mencantumkan foto di atas surat lamaran kerja kecuali pihak perusahaan memang meminta Agan melakukan hal tersebut. Sebab beberapa perusahaan justru meminta foto Agan terpisah dan tidak dalam keadaan ditempel di atas surat lamaran kerja Agan.

Typo
Salah menulis tanggal, tempat, atau ejaan lainnya juga membuat pihak perusahaan tidak tertarik untuk menerima Agan sebagai salah satu karyawan mereka.

Fakta yang mengganggu
Jika Agan sempat menjadi juara balap karung dalam lomba kemerdekaan, Agan tidak perlu mencantumkan fakta tersebut. Selain dinilai mengganggu, penghargaan yang tidak ada hubungannya dengan keterampilan kerja yang dibutuhkan juga tidak akan bernilai apapun.

Sekolah dasar
Beberapa perusahaan tidak membutuhkan informasi di mana Agan menuntut ilmu di jenjang sekolah dasar sampai sekolah menengah dan hanya ingin tahu pendidikan terakhir yang Agan tempuh.

Hobi yang aneh
Jangan sampai Agan menulis berbagai jenis hobi aneh Agan pada surat lamaran kerja. Pihak perusahaan akan kehilangan minat mereka untuk mempekerjakan Agan, bahkan mungkin akan merasa seram mengetahui hobi aneh Agan.

Jenis huruf yang konyol
Comic Sans, Papyrus, dan berbagai jenis huruf unik lainnya sangat tidak pantas untuk digunakan dalam surat lamaran kerja.

Alamat email yang lucu
Anda sudah dewasa bukan? Maka dari itu cantumkan alamat email yang normal dan wajar untuk menghindari penolakan dari perusahaan yang Agan lamar. Jangan alay Gan, hehee

Apakah Agan pernah melakukan kesalahan konyol tersebut di atas? Coba lagi untuk membuat surat lamaran yang lebih rapi & lebih baik lagi..


Sumber: Merdeka.com

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]