Jumat, 29 Maret 2013

Tanpa Organ-Organ Tubuh Ini Manusia Masih Bisa Hidup

Tanpa Organ-Organ Tubuh Ini Manusia Masih Bisa Hidup

Pernah ngebayangin manusia bisa hidup dengan organ tubuh yang tidak lengkap Gan? 
Mungkin Agan sering mendengar orang yang menjual organ tubuhnya dengan alasan untuk mendapatkan uang, setelah organ tubuhnya diambil kemudian dijual, ternyata orang tersebut masih bisa hidup.
Memang benar Gan, bahwa dengan organ tubuh yang hilang atau tidak lengkap, manusia masih hidup, organ - organ tubuh apa saja yang jika tidak lengkap tersebut manusia masih bisa hidup?
Berikut ulasannya Gan,

1. Paru-paru
Manusia bisa hidup jika salah satu paru-parunya diambil. ketika satu paru-paru diambil, paru-paru lainnya akan mengembang untuk menampung kelebihan udara yang harusnya ditampung oleh paru-paru yang telah diambil. Hidup dengan hanya satu paru-paru biasanya tak akan mempengaruhi kesehatan seseorang sehari-hari, Namun orang yang memiliki hanya satu paru-paru kemungkinan besar tak bisa melakukan olahraga, kegiatan berat, dan tak bisa sesehat orang dengan dua paru-paru, ungkap Dr Len Horovitz dari Lenox Hill Hospital di New York City.

2. Ginjal
Manusia memiliki dua ginjal, namun hanya membutuhkan satu untuk bertahan hidup. Orang bisa saja terlahir hanya dengan satu ginjal atau salah satu ginjalnya harus diambil akibat cedera atau penyakit tertentu. Secara umum, orang yang hanya memiliki satu ginjal bisa hidup dengan sehat dan normal, berdasarkan national Kidney Foundation.

3. Limpa
Limpa bertugas menyaring darah dan membantu tubuh mencegah infeksi. Namun ini tak begitu penting untuk kelangsungan hidup. Limpa bisa diambil misalkan organ ini rusak. Orang tetap bisa hidup tanpa limpa, namun mereka akan lebih rentan terhadap infeksi.

4. Organ reproduksi
Wanita yang terkena kanker rahim, nyeri pinggul kronis, atau penyakit berbahaya yang menyerang organ reproduksi lain biasanya akan menjalani prosedur pengangkatan rahim. Sekitar satu dari tiga wanita di Amerika melakukan prosedur ini ketika mereka berusia 60 tahun. Pria juga bisa saja melakukan pengangkatan testis karena kanker. Meski organ reproduksi diambil, manusia tetap bisa hidup dengan normal, namun tak bisa memiliki keturunan.

5. Perut
Ketika seseorang mengalami kanker pada lambung, biasanya dokter akan melakukan prosedur gastrektomi, yaitu pengangkatan seluruh lambung. Ketika ini dilakukan, maka usus kecil akan disambungkan dengan kerongkongan. Orang yang telah menjalani pengangkatan lambung tidak bisa makan sebanyak orang yang masih memiliki lambung. Biasanya mereka juga diharapkan mengonsumsi suplemen agar tubuh lebih mudah menyerap vitamin. Meski begitu, orang bisa hidup tanpa memiliki lambung.

6. Usus besar
Orang yang terkena usus besar atau penyakit Crohn biasanya menjalani pengangkatan usus besar. Orang masih bisa bertahan hidup tanpa memiliki usus besar, namun mereka mungkin memerlukan wadah di luar tubuh untuk mengumpulkan kotoran. Meski begitu, prosedur bisa dilakukan untuk membuat kantong di susu kecil untuk menggantikan fungsi usus besar, menurut Mayo Clinic.

7. Usus buntu
Usus buntu adalah organ tubuh yang berbentuk tabung kecil dan menjorok dari usus besar. Usus buntu biasanya diambil jika mengalami peradangan. Banyak orang yang telah menjalani pengangkatan usus buntu namun masih bisa hidup dengan normal seperti biasa.

Tanpa organ tubuh di atas manusia memang bisa tetap hidup. Meski begitu, kesehatan mereka tak akan optimal seperti jika mereka memiliki semua organ tersebut dengan lengkap. Untuk itu, rawat dengan baik semua organ tubuh Agan.
Makan yang teratur dengan makanan yang cukup gizi, istirahat yang teratur, rutin berolahraga, menjauhi kegiatan yang buruk, seperti merokok, konsumsi minuman beralkohol adalah kegiatan yang bisa memberikan kesehatan untuk tubuh Agan.


Sumber: Merdeka.com

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]