Rabu, 17 April 2013

Manfaat Tersenyum

Manfaat Tersenyum

Sudah senyum kah Agan hari ini, pastinya sudah kan,,,
Ingat Gan, senyum ama ketawa beda lho, banyak orang yang bisa ketawa, tapi sangat sedikit yang bisa tersenyum.

Senyum adalah ekspresi wajah yang terjadi akibat bergeraknya atau timbulnya suatu gerakan di bibir atau kedua ujungnya, atau pula di sekitar mata. Kebanyakan orang senyum untuk menampilkan kebahagian dan rasa senang.
Senyum itu datang dari rasa kebahagian atau kesengajaan karena adanya sesuatu yang membuat dia senyum, Seseorang sendiri kalau senyum umumnya bertambah baik raut wajahnya atau menjadi lebih cantik ketimbang ketika dia biasa saja atau ketika dia marah.

Tertawa adalah expresi suara, atau merupakan pencerminan keriangan atau kebahagiaan, atau dalam perasaan dari keceriaan dan tekanan (tawa dalam perasaan). Merupakan hasil dari (dalam aksi pisikologi) dari canda, mengelitik dan simultan lainnya. Tawa lebar dapat mengeluarkan air mata atau bahkan kesakitan yang sedang.
Tawa merupakan bagian dari kelakuan manusia normal hasil dari otak dan dapat menolong manusia dalam menjernihkan suasana dalam kehidupan sosial dan dapat mencerminkan emosi dalam percakapan.

Namun tidak jarang tawa adalah cara untuk menutupi rasa sedih yang dalam, yang tidak dapat diungkapkan.

Otot wajah yang dipergunakan ketika tersenyum juga bisa membuat wajah tampak lebih muda dan sehat. Beberapa ahli menyatakan, dibutuhkan sekitar 43 otot untuk cemberut dan hanya 17 otot untuk tersenyum. Namun, beberapa ahli lainnya menyebutkan, dibutuhkan 62 otot untuk cemberut dan hanya 26 otot untuk tersenyum. 
Apa artinya? 
Itu artinya bahwaTersenyum jauh lebih mudah untuk dilakukan ketimbang cemberut.
Tapi faktanya??? susah sekali untuk memberikan senyum, apalagi orang yang punya sifat dengki, iri & tidak ikhlas, paling kalau senyum juga hanya sebatas mesem sedikit sinis, hahaa,,

Selain senyum itu mudah, fakta lain adalah ketika tersenyum, secara otomatis tubuh akan mengeluarkan hormon endorphin (yang lebih dikenal sebagai pain reliever alami) dan serotonin (yang mengatur emosi yang menyenangkan). Saat tubuh dalam keadaan rileks, sistem imun dalam tubuh akan meningkat, sehingga kekebalan atau daya tahan tubuh juga meningkat.

Saat ‘hormon kebahagiaan’ kurang mendapat rangsangan, tubuh menjadi rentan depresi. Metabolisme tubuh juga mengalami perubahan dan bisa mengakibatkan menurunnya tekanan darah, penurunan berat badan akibat kurang nafsu makan, tidak bisa tidur, hingga hilangnya keinginan berinteraksi sosial. Jika berlangsung dalam waktu yang lama dan berkelanjutan, bukan tidak mungkin mengakibatkan masalah fisik lainnya, seperti kanker, yang sering kali dipicu oleh stres.. tuuh kan

Kondisi fisik tubuh Agan akan berpengaruh terhadap kondisi psikologis, begitu pula sebaliknya. Tanpa Agan sadari, otak merekam setiap kali terjadi sesuatu di sel tubuh, lalu bisa memengaruhi apa yang kita rasakan.

Selain hal diatas, sebenarnya banyak sekali manfaat senyum itu, diantaranya;


1. Senyum membuat kita lebih menarik
Kita akan selalu tertarik pada orang yang selalu tersenyum. Orang yang selalu tersenyum punya daya tarik tersendiri. Wajah yang berkerut, cemberut, membuat orang menjauh dari kita , tetapi sebaliknya senyum bisa membuat mereka tertarik. 

2. Senyum dapat mengurangi stres
Jika tanda-tanda stres menyerang, maka wajah Agan akan sangat tidak enak untuk dipandang, sesegera mungkin untuk tersenyum Gan, karena senyum membantu mencegah kesan bahwa kita sebenarnya sedang stres, lelah atau merasa “down”. Jika Agan sedang stres cobalah untuk tersenyum, maka stres Agan akan berkurang dan Agan akan merasa lebih baik untuk membuat langkah selanjutnya. 

3. Senyum meningkatkan sistem imun (kekebalan) tubuh
Senyum dapat membantu kerja imun tubuh agar dapat bekerja dengan baik. Ketika Agan tersenyum, fungsi imun meningkatkan kemungkinan Agan menjadi lebih rileks. 

4. Senyum dapat menurunkan tekanan darah
Ketika Agan tersenyum, maka tekanan darahmu akan menurun. Jika Agan gak percaya, Agan boleh mencobanya sendiri, jika Agan memiliki alat pengukur tekanan darah di rumah. 

5. Senyum dapat mengeluarkan endorphins (pereda rasa sakit secara alami) dan serotonin
Beberapa studi telah menunjukkan bahwa senyum dapat merangsang pengeluaran endorphin, pereda rasa sakit yang alami, serta serotonin. Senyum memang obat yang alami. 

6. Senyum dapat melenturkan kulit wajah dan membuat Agan terlihat lebih muda, ciee cieee
Otot-otot yang digunakan untuk tersenyum ikut membuat Agan terlihat lebih muda. Jika Agan ingin sesuatu yang beda, maka berikan senyummu sepanjang hari, maka Agan akan terlihat lebih muda dan merasa lebih baik. Karena itu dapat Menghilangkan Jerawat juga.

7. Senyum membuat Agan tetap positif
Senyumlah! Lalu sekarang cobalah berpikir sesuatu yang negatif tanpa berhenti tersenyum. Sulitkan? Karena ketika Agan tersenyum maka senyum tersebut akan mengirimkan sinyal ke tubuh Agan bahwa “hidup Agan saat ini baik-baik saja”. 

Maka jauhkan diri Agan dari depresi, stres dan rasa khawatir dengan satu kata yaitu "senyum", tentu saja dengan memberikan senyum pada tempat dan suasana yang tepat. Jika berlebihan, maka orang lain akan menganggap Agan kurang waras,. Satu hal lagi Gan, jangan senyum senyum sendiri ya, kalaupun harus senyum sendiri, tengok kanan kiri, depan belakang dulu ya, hehee

Nah jadi siapa yang sekarang lagi tersenyum didepan layar komputer atau di depan HP / gadget ? apalagi kalo nonton yang ini, pasti Agan akan tersenyum,,,, cekidot

sumber video: https://www.youtube.com/watch?feature=player_detailpage&v=64WCFmy9_-s



0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]