Rabu, 10 April 2013

Negara Dengan Koneksi Internet Tercepat - 2013

Negara Dengan Koneksi Internet Tercepat 

Koneksi internet yang cepat menjadi dambaan banyak orang termasuk Ane, hehee. Beberapa negara pun berhasil menyediakan akses internet yang super cepat bagi penduduknya.
Penelitian dari Akamai Technologies, sebuah perusahaan internet content delivery, mendata negara mana saja yang punya akses internet super cepat.
Daftar berikut ini adalah peringkat negara dengan internet paling ngebut, berdasarkan kecepatan koneksi tertinggi rata-rata atau average peak connection speed yang diukur di negara itu. 
Negara mana saja yang masuk dalam daftar? Simak daftarnya berikut ini; 

10. Singapura
Dengan kecepatan puncak mencapai 30,7 Mbps, Singapura berhasil merangsek posisi 10 besar. Negara tetangga ini memang mengalami kemajuan di segala bidang.
Singapura dipandang sebagai pusat teknologi atau tech hub di Asia Tenggara. Banyak perusahaan teknologi besar yang mendirikan kantor di negara mungil ini.
Salah satu pendiri Facebook, Eduardo Saverin, juga tinggal di Singapura. Dengan fasilitas super nyaman yang disediakannya, memang Singapura menjadi pilihan tempat tinggal banyak kaum ekspatriat.

9. Israel
Israel memang termasuk negara paling maju di Timur Tengah. Negara kaum Yahudi ini punya kecepatan koneksi internet puncak rata-rata 30,9 Mbps.
Di samping Amerika Serikat, Israel dikenal sebagai gudangnya start up teknologi. Studi terbaru dari Start Up Genome menyatakan bahwa ibu kota Tel Aviv adalah tempat terbaik bagi pengembangan start up setelah Silicon Valley.
Berbagai perusahaan teknologi besar juga punya kantor besar di sini. Seperti raksasa mesin cari Google.

8. Bulgaria
Negara Eropa Timur ini menarik para perusahaan global dan investor berinvestasi di sana karena pajaknya yang rendah dan upah buruh murah. Selain itu, koneksi internet puncaknya mencapai rata-rata 32,1 Mbps.
Local Area Network adalah jenis koneksi yang paling banyak digunakan di sana. Dipakai oleh sekitar 60% konsumen.
Internet pun kini semakin menjangkau pelosok-pelosok Bulgaria. Dan dengan kecepatannya, penduduk pun lumayan terpuaskan.

7. Swiss
Negara di Eropa Barat ini tercatat punya kecepatan koneksi puncak rata-rata 32,4 Mbps. Swiss juga tercatat sebagai salah satu negara dengan penetrasi internet broadband tertinggi di Eropa.
Di negara ini, broadband telah menggantikan komunikasi telepon dan DSL network telah menggantikan kabel sebagai teknologi kunci akses broadband.
Swiss memang termasuk negara maju, terkenal antara lain dengan industri jam tangannya. Juga tujuan wisata terkemuka dengan gunung Alpen yang bersalju tebal.

6. Belgia
Koneksi internet di Belgia mencapai kecepatan puncak rata-rata 32,7 Mbps. Termasuk sangat tinggi untuk ukuran benua Eropa sekalipun.
Dengan kecepatan tersebut, mendownload film bisa dilakukan dengan kilat. Sebagai contoh, download film komedi Austin Powers in Goldmember mungkin hanya butuh waktu enam menit.
Belgia yang negara tetangga Belanda ini punya posisi sangat penting di Eropa. Yakni sebagai markas besar lembaga Uni Eropa di Brussels.

5. Rumania
Rumania ternyata masuk negara yang punya koneksi internet super cepat untuk memanjakan warganya. Dengan kecepatan puncak rata-rata mencapai 37,4 Mbps.
Sayangnya, sejatinya kecepatan tersebut turun 3,2% dari periode kuartal sebelumnya. Rumania pun menjadi satu-satunya negara dengan kecepatan rata-rata puncak yang mengalami penurunan.
Kota-kota di Rumania seperti Constanta tercatat menikmati akses internet yang termasuk paling cepat di dunia.

4. Latvia
Ketika memperbincangkan negara dengan teknologi tinggi, Latvia barangkali jarang masuk hitungan. Namun nyatanya, negara kecil ini mencatat kecepatan koneksi puncak rata-rata 37,5 Mbps.
Internet di Latvia memang mengalami masa pertumbuhan pesat sejak tahun 2000-an. Dengan dukungan penuh dari pemerintah.
Perekonomian Latvia mungkin belum semaju negara-negara Eropa Barat. Namun untuk urusan koneksi internet, mereka boleh diacungi jempol.

3. Jepang
Sebagai negara yang terkenal dengan teknologi tinggi, tidak heran jika Jepang juga maju soal koneksi internet. Kecepatan koneksi puncak rata-rata di sini adalah 42,2 Mbps.
Pemerintah Jepang memang sejak lama memprioritaskan pengembangan internet sebagai tujuan nasional. Kabel optik kecepatan tinggi bertebaran di banyak tempat.
Jepang adalah rumah dari banyak perusahaan multinasional yang sukses di ranah global. Sebut saja nama seperti Sony, Toshiba, Canon, Toyota ataupun Honda.

2. Korea Selatan
Korea Selatan selalu menempati posisi tinggi soal koneksi internet berdasarkan riset berbagai lembaga. Kecepatan koneksi puncak rata-rata di negeri ginseng ini mencapai 48,8 Mbps.
Selain koneksi nan cepat, harganya pun relatif terjangkau. Misalnya untuk berlangganan internet 100 Mbps, user di sana cukup membayar USD 31,9.
Penduduk Korea Selatan sendiri dikenal sangat gandrung main game online. Internet yang cepat pun memanjakan aktivitas mereka.

1. Hong Kong
Dengan dukungan besar dari pemerintahnya, koneksi internet di Hong Kong begitu ngebut. Di bekas jajahan Inggris ini, kecepatan internet puncak rata-rata mencapai 54,1 Mbps.
Sebagai ilustrasi, dengan kecepatan tersebut, pengguna bisa mengunduh film HD Battleship dalam waktu sekitar 4 menit saja.
Tidak seperti negara induknya China yang dikenal sangat ketat meregulasi internet, Hong Kong relatif bebas sensor. Sehingga penduduknya bisa merdeka soal akses internet dengan kecepatan kilat.

Indonesia sendiri menempati peringkat 115 dalam hal kecepatan koneksi internet dengan kecepatan rata-rata 1,2 Mbps.

Baca juga: Internet Browsing Terbaik





Sumber: Detiknet

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]