Selasa, 30 April 2013

Penjara Dengan Tingkat Keamanan Paling Baik Di Dunia

Penjara Dengan Tingkat Keamanan Paling Baik Di Dunia

Penjara yang sepertinya tempat steril yang tidak bisa sembarang keluar-masuk pun ternyata dapat dibobol juga. 
Perdagangan narkoba dengan mudah bisa dilakukan didalam penjara, antara para tahanan dengan pembesuk atau pun dengan para sipir penjara tersebut.
Kasus larinya para tahanan, perkelahian sesama tahanan de el el menjadikan penjara tersebut bisa dikatakan tidak baik dalam masalah keamanannya.
Namun, ada penjara penjara yang sepertinya berbeda dalam masalah tingkat keamanannya.
Setelah kita membahas seputar penjara-penjara terburuk & tersadis di dunia, sekarang Ane akan bahas mengenai penjara penjara terbaik dalam masalah tingkat keamanannya, walaupun dalam di daftar ini ada penjara yang masuk kedalam daftar penjara terburuk, tapi untuk tingkat keamanannya penjara tersebut dikategorikan sebagai penjara yang memiliki tingkat keamanan yang bagus. 

Berikut peringkat penjara yang paling aman di dunia. Pemeringkatan berdasarkan tiga parameter, yaitu lapisan keamanan, jumlah sipir, dan perangkat canggih untuk menunjang keamanan.

10. Penjara Qincheng, China
Penjara ini mempunyai tingkat keamanan maksimum. Berlokasi di atas bukit setinggi kira-kira 3.000 kaki di atas permukaan laut. Usaha meloloskan diri hanya akan berakhir dengan terjun bebas dan tewas di dasar jurang.
Penjara ini dijaga sekitar 5.000 penjaga, berikut dengan kamera dan peralatan elektronik lain. Karena berada di tempat tinggi, penjara ini mempunyai menara pengintai tertinggi di antara penjara lainnya.

9. Penjara Militer Tadmor, Siria
Kebenaran tentang penjara ini terungkap pasca operasi penanggulangan pemberontakan di Siria. Pendukung demokrasi yang dipenjara di sini diperlakukan dengan brutal dan kejam.
Bahkan, pintu masuk ke penjara ini juga ditutup secara permanen dan tidak ada gerbang masuk. Cara masuknya yaitu melalui terowongan bawah tanah yang dibuat seadanya, sempit dan harus dilalui dengan merangkak. Terowongan ini juga dilengkapi dengan detektor laser. Siapa pun yang ketahuan melewati terowongan ini tanpa izin akan dieksekusi.

8. Kamp Delta/Teluk Guantanamo, AS
Penjara Kamp Delta dibuat oleh para insinyur angkatan laut Seabees. Kondisi terakhir, penjara ini ditutup karena laporan praktek penyiksaan fisik yang kejam di penjara ini. Penjara ini dikenal sebagai tempat interogasi yang jamak dilakukan oleh intelijen dan tentara Amerika.
Penjara ini mempunyai level keamanan yang tinggi, dengan penjaga dengan jumlah besar. Terkadang, jumlah penjaga dibandingkan tahanannya bisa mencapai 12 penjaga untuk satu tahanan! Hampir mustahil bisa kabur dari penjagaan 12 penjaga dari komando angkatan laut Amerika yang terlatih.

 7. Penjara Fuchu, Japan
Penjara terbesar di Jepang ini mempunyai teknologi tercanggih yang bisa dibuat di Jepang untuk sistem penjagaan, sehingga merupakan penjara dengan sistem peringatan elektronik tercanggih di dunia. Bukan Cuma warga negara Jepang, penjara ini juga menampung tahanan dari luar negeri.
Pihak pemerintah Jepang yang tidak pernah membeberkan sistem kemanan tersebut ke publik menjadikan penjara ini paling rahasia, sekaligus menjadi penjara paling teratur di dunia.

6. Penjara Arthur Road Mumbai, India
Penjara ini menjadi penjara paling aman di India. Wilayahnya membentang seluas 2 are dan dilengkapi dengan lapisan-lapisan tembok tebal, yang konon bom nuklir sekalipun tidak dapat menembusnya.
Penjara ini menjadi rumah bagi para penjahat nomor satu di India, diantaranya tersangka Ajmal Kasab, yang baru-baru ini dieksekusi gantung. Sampai saat ini, belum ada catatan penjara ini kebobolan dan juga belum ada catatan tahanan berhasil kabur dari sini.

5. Souza-Baranowski Shirley, Massachusetts AS
Penjara ini didesain oleh para mahasiswa Massachusetts Institute of Technology (MIT). Penjara ini dilengkapi kamera 24 jam yang memantau tiap sudut penjara.
Pintu-pintu dikontrol secara elektronik. Sebanyak 1.705 pintu dilengkapi dengan pengunci otomatis. Penjara ini juga dilengkapi dengan teknologi paling canggih untuk memonitor keadaan di sekitar penjara. Ini berarti, tidak ada tempat tersembunyi secuil pun.

4. Federal Correctional Complex Terre Haute, AS
Penjara ini disebut-sebut sebagai penjara paling canggih teknologinya. Penjara ini menggunakan sistem pemindai elektronik paling canggih di dunia, sehingga tidak perlu banyak penjaga manusia.
Kamera 360 derajat dikontrol melalui ruang kontrol. Detektor sensor gerakan di tiap sisi gedung. Bahkan penjara ini juga menggunakan teknologi pendeteksi wajah, untuk memindai para penghuni penjara dan langsung mendapatkan data diri mereka.
Semua pintu dikunci dengan kunci biometris. Bahkan kalau ada manusia tak kasatmata pun tidak akan bisa menembus sistem penjagaan ini, karena sensor panas inframerah akan mendeteksi tiap suhu yang berganti di penjara ini.

3. Penjara La Santé Paris, Prancis
Penjara ini terkenal karena kekejamannya terhadap para tahanan. Namun pihak otoritas penjara menyangkal praktik penyiksaan tersebut. Pada 2002, 122 tahanan dilaporkan bunuh diri. Investigasi yang dilakukan kemudian terungkap bahwa para tahanan itu mati lemas karena kehabisan napas. Mereka berusaha melarikan diri dari penjara, tapi terjebak di terowongan sempit, dan mereka terjepit. Sistem keamanan terowongan ini sekaligus sistem drainase penjara.
Pada 2003, 73 tahanan kembali tewas, sehingga membuat Pemerintah Prancis mulai memindahkan para tahanan di sini, dengan alasan bahwa jika para tahanan masih berada di sana, maka korban jiwa akan terus bertambah. Penjara ini merupakan satu-satunya penjara yang semua tahanannya dipindahkan ke tempat lain.

2. Penjara Alcatraz San Francisco, California AS
Penjara ini merupakan sebuah legenda. Meskipun sudah ditutup sejak 1963 karena kebrutalannya, namun penjara ini memegang rekor dengan tidak membiarkan satu tahanan pun kabur dalam kurun waktu 43 tahun.
Berencana untuk kabur dari penjara ini merupakan ide bodoh, karena penjara ini dikelilingi lautan. Dibangun pada 1920, penjara ini dikenal dengan sebutan “the rock” dan “pulau neraka”. Legenda ini membuat Alcatraz pantas ditempatkan di urutan kedua, meskipun saat ini sudah tidak berfungsi.
Para tawanan disini tidak seorang pun di ijinkan untuk berkomunikasi dengan para tawanan yang lainnya, apalagi dengan orang dari luar.
Tempat ini sekarang menjadi tempat wisata bagi para turis untuk melihat lihat kedalam penjara. 

1. ADX Florence Florence Fremont Country, Colorado AS
Administrative maximum facility (ADX) dinobatkan sebagai penjara paling aman oleh Guiness Book of World Records. Penjara ini disebut sebagai rumah gelap bagi para tahanan. Tidak ada satu pun tahanan yang beruntung bisa merasakan sinar matahari atau bulan selama mereka tinggal di sana. Tingkat keamanan berlapis dan tidak ada akses langsung ke ruang tahanan . 
Para tahanan juga dilarang keluar dari selnya. Makanan dikirim ke sel oleh sipir, sehingga tidak ada aula besar tersedia di penjara ini.  Para tahanan bahkan tidak saling kenal antar tahanan.




Sumber: Intisari.com

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]