Selasa, 30 April 2013

Sekilas Mengenai Curug / Air Terjun (Curug Cimahi, Our Expectation)

Sekilas Mengenai Curug / Air Terjun 
(Curug Cimahi, Our Expectation Started Here)

Semua pasti sudah tau air terjun atau curug, apalagi di Indonesia banyak kita jumpai air terjun tersebut. 
Air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Air terjun dapat berupa buatan yang biasa digunakan di taman. Beberapa air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan dimana erosi kerap terjadi.
Beberapa air terjun besar di dunia;
  • Air terjun Angel, air terjun tertinggi di dunia yang memiliki ketinggian 979 m (3.230 kaki), berada di Venezuela.
  • Air terjun Victoria, air terjun terbesar di dunia, berada di sungai Zambezi pada perbatasan Zambia dan Zimbabwe.
  • Air terjun Boyoma, air terjun dengan volume terbesar, 17.000 m³/s (600,000 kaki³/s), di Sungai Kongo, Republik Demokrasi Kongo
  • Air terjun Yosemite, air terjun tertinggi di Amerika Utara, berada di taman nasional Yosemite, Amerika Serikat.
  • Air terjun Niagara, air terjun dengan volume terbesar di Amerika Utara, berada di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada.
  • Air terjun Rhine, air terjun terbesar di Eropa, berada di Swiss.
  • Air terjun Iguazu, air terjun dengan bentangan terlebar, berada di Amerika Selatan pada perbatasan Brasil dan Argentina.
  • Air terjun Jog, air terjun tertinggi di India berada di negara bagian Karnataka.
  • Air terjun Jurong, air terjun buatan manusia tertinggi di dunia, berada di Singapura.
Curug Cimahi, West Java
Naah kalo gambar yang ini adalah Curug Cimahi Gan,, We fell in Love here, hehee..
Kok bisa Falin in love ya??
Ya,, ditempat inilah Ane mendapatkan suatu perasaan yang dinamakan Cinta, Cinta yang 'banget' kepada seorang wanita..ciee ciee ciee
Ditempat ini pula terukir nama kita berdua, pemandangan curug yang indah ditambah suasana yang romantis selalu memberikan kenangan yang tak terlupakan buat kita berdua.
Hari itu kita janjian untuk pergi ke curug Cimahi, bisa dikatakan ini adalah acara janjian pertama kita yang kebilang cukup jauh (biasanya disekitaran kota aza Gan) hehee
Di pagi yang indah & cerah itu, akhirnya kita berangkat. Perasaan gembira selalu menemani perjalanan kita berdua ke lokasi wisata tersebut.. Oh iya Gan, kita berangkat kesana tidak lupa membawa setumpuk perbekalan makanan termasuk nasi timbel (hidangan khas sunda untuk nasi yang dibungkus oleh daun pisang bersama lauk pauk, sambal plus lalapan)

Setelah menghabiskan waktu sekitar satu jam lebih, akhirnya kita nyampe juga di TKP, 
Udara yang sejuk, pemandangan yang indah langsung menyapa kami, tak terlihat ramai dilokasi ketika kami datang, mungkin terlalu pagi kami datang ke lokasi wisata ini, maklum Gan, saking semangatnya, hehee
Setelah membayar tiket masuk, akhirnya kami masuk lokasi, puluhan bahkan mungkin ratusan anak tangga menyambut kami untuk menuju lokasi utama Curug (Ane saranin jika akan kesini harus dalam kondisi fisik yang prima)
Entah berapa kali kami berdua istirahat disepanjang perjalanan, tapi yang jelas kelelahan kami terbayar oleh indahnya pemandangan, selain itu disekitar lokasi masih banyak dijumpai kera kera yang menurut Ane lumayan jinak, "jadi gak perlu takut digangguin ama kera ya Say, kan ada AA"! hehee 


Setelah keringat mengucur deras & kaki yang sudah mulai pegal pegal, akhirnya sampai juga kita di lokasi utama curug Cimahi,, "waaah indah ya Say, seindah senyum mu".
Canda tawa yang diselingi berbagi cerita kami lalui bersama disini. Ada sepenggal cita cita andai kau tau Say, moga kita tetap bersama sepanjang masa, "kita tulis nama kita disini yaa"!!
Hari pun beranjak siang, orang pun semakin banyak yang berdatangan, saatnya kami membuka perbekalan yang kami bawa, ya,, kami makan berdua disana dengan ditemani gemerciknya air, udara yang sejuk serta angin sepoi sepoi, waah pokoke indah banget Gan. 
Tak terasa kebersamaan kami menikmati keindahan curug Cimahi sampai di penghujung hari, 'sesuatu' yang indah itu memang tak terasa kita lalui ya Say, moga kita bisa berkunjung kesini lagi. 

Sekilas Curug Cimahi
Air Terjun Cimahi biasanya disebut oleh masyarakat sebagai Curug Cimahi, air terjun ini memiliki ketinggian hingga 87 meter sehingga termasuk dalam curug yang tertinggi untuk di wilayah Bandung dan sekitarnya. Nama Cimahi sendiri merupakan nama sungai yang mengalir di atasnya yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ (danau) Lembang dan mengalir ke Kota Cimahi. Curug ini  berada di ketinggian 1050 m dpl dengan suhu di kawasan ini berkisar 18-22 derajat Celsius, wiih sembriwing ya Gan. Terletak di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Bandung Barat.
Jika dilihat dari atas, curug ini memiliki dua jenis tingkatan  yang unik. Sesuai namanya : Cimahi alias air cukup (bahasa Sunda), debit air terjun ini baik saat musim hujan atau pun kemarau, selalu sama.
Tak jauh dari Curug Cimahi dapat ditemui juga Curug Bugbrug dan Curug Panganten yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Curug Cimahi ini.
Menikmati  wisata alam sambil melakukan olahraga, setidaknya itulah yang akan anda rasakan saat berwisata ke sini. Air Terjun Cimahi lokasinya sangat mudah dijangkau karena pintu masuknya terletak di sisi Jalan Kolonel Masturi atau sebelah Terminal Angkutan Kota Cisarua. Dari pusat Kota Cimahi, perjalanan dapat ditempuh dengan kendaraan selama setengah jam dari pusat kota Cimahi & sekitar satu jam dari kota Bandung. Tiket masuk ke lokasi ini hanya Rp 10.000 per orang.
Naah siapa yang tertarik mengunjungi Curug Cimahi??? Kita mau kesana lagi lho...

1 Komentar: