Kamis, 02 Mei 2013

Seputar Wawancara Kerja Untuk Para Lulusan Baru

Seputar Wawancara Kerja Untuk Para Lulusan Baru

Mahasiswa & lulusan SMK yang baru lulus mungkin tidak terbiasa dengan wawancara kerja. Alhasil mereka pun kerap bingung saat menyambut hari wawancara. Padahal wawancara adalah pintu menuju kesuksesan karier.
Agar berhasil dalam wawancara,khususnya bagi Agan Agan yang baru lulus, simak ulasannya berikut.

Persiapan yang matang
Jika Agan ingin mendapatkan pekerjaan, maka buktikan bahwa Agan layak diterima kerja. Pembuktian tersebut bisa dimulai dari persiapan. Persiapan adalah kunci sukses wawancara. Tetapi kebanyakan lulusan baru tidak mempersiapkan dengan baik, sehingga mereka gagal.
Selain harus mempersiapkan berkas, menjaga kondisi tubuh, dan berpenampilan baik, Agan juga harus mempersiapkan wawasan. Sebelum wawancara, Agan perlu mencari banyak informasi tentang perusahaan, pekerjaan yang Agan pilih, bagaimana budaya perusahaan, bagaimana industrinya, dan sebagainya.

Ceritakan kemampuan Agan
Perekrut ingin melihat kemampuan Agan yang selaras dengan bidang pekerjaan yang Agan inginkan di perusahaan itu. Cara terbaik untuk membuktikannya adalah Agan bercerita tentang kemampuan dan prestasi yang pernah Agan raih. Pastikan cerita Agan menarik dan singkat agar mereka terpikat dengan kemampuan dan prestasi Agan. 
Jangan cerita berlebihan! Agan perlu memaparkan bukti yang kuat tentang kemampuan dan keterampilan Agan.

Fokus pada potensi Agan
Jika Agan tidak memiliki pengalaman kerja atau latar belakang pendidikan Anda tidak relevan dengan pekerjaan, maka Agan harus bercerita tentang kemampuan atau hal positif yang ada pada diri Agan. Hal ini bisa menarik kepercayaan perekrut / user.

Agan memang tidak memiliki pengalaman kerja, tapi ingat, Agan memiliki beberapa keunikan dan keterampilan. Hal positif di dalam diri Agan lah yang bisa menarik simpati perekrut / user.


Baca juga: 
Seputar Wawancara Kerja



Sumber: Intisari Online

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]