Jumat, 03 Mei 2013

Tips Berkendara Menggunakan Sepeda Motor

Tips Berkendara Menggunakan Sepeda Motor

Kecelakaan kendaraan sepeda motor bisa diantisipasi. . .
Bagaimana caranya mengantisipasi kecelakaan berkendaraan dengan sepeda motor?
Hal yang paling utama adalah dengan mempersiapkan diri si pengendara beserta kendaraan yang akan digunakan. 
Angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia masih terbilang sangat tinggi, dari angka yang tinggi tersebut, lebih dari 70% nya adalah kecelakaan sepeda motor.
Banyak faktor yang menyebabkan kecelakaan lalulintas, khususnya para pengendara sepeda motor, kondisi jalan, kurangnya rambu-rambu lalulintas, cuaca, faktor kendaraan sendiri, kelalaian si pengendara, de el el.
Sebagai bentuk antisipasi untuk mencegah kecelakaan berlalu lintas ada baiknya kita selalu memastikan kesehatan fisik & jiwa saat berkendara, kondisi sepeda motor juga harus dipersiapkan dengan baik.

Berikut ulasan selengkapnya tips berkendara bagi para pemotor:


1. Kondisi fisik dan jiwa sehat. 
Lakukan pemanasan sebelum berangkat ke tujuan, hal ini bertujuan agar otot otot Agan tidak tegang saat berkendara seperti kram pada tangan & kaki.

2. Pastikan sepeda motor yang akan digunakan benar-benar siap selama dalam perjalanan. Mulai dari kondisi ban, rem, kopling, oli, handle gas, lampu depan, lampu rem, sign, busi, kaca spion, rantai, bahan bakar dan surat SIM dan STNK

3. Gunakan helm full face atau yang berstandar SNI bagi pengemudi maupun pembonceng. Memakai kacamata ultra violet protection di siang hari agar tidak silau dan pandangan pun menjadi jelas.

4. Siapkan selalu jaket, sepatu, body protector, sarung tangan, kacamata, dan jas hujan

6. Untuk menyeberang pastikan lalu lintas aman, baru menyeberang.

7. Perjalanan di kota tak lebih dari 60 Km/jam, jangan berjalan zig zag, apalagi ketika membonceng orang tua atau balita.

8. Jangan membawa muatan lebih dari 2 orang, disamping sepeda motor dirancang hanya untuk 2 orang, muatan yang berlebih akan menyebabkan Agan akan mengeluarkan tenaga ekstra & keseimbangan sepeda motor pun jadi terganggu.

9. Patuhi semua rambu rambu lalu lintas & selalu tertib berlalu lintas, demi terciptanya keamanan dan keselamatan.

10. Nyalakan lampu utama pada siang hari dan gunakan lajur jalan paling kiri.

11. Jangan menggunakan earphones saat mengendarai sepeda motor atau mengendarai musik apalagi menggunakan HP, karena mengganggu konsentrasi dan rawan kecelakaan

12. Saling menghargai dengan sesama para pengendara.

Selamat berkendara, semoga selamat di perjalanan
Jangan lupa selalu berdoa saat hendak bepergian




Sumber: detiknews

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]