Jumat, 28 Juni 2013

Beras Merah Yang Banyak Manfaat

Beras Merah Yang Banyak Manfaat

Pasti Agan semua mengenal beras merah. Beras merah adalah beras semi-giling atau diolah hanya untuk menghilangkan sekamnya saja tanpa digiling sampai menjadi beras putih. 
Beras merah memiliki bentuk yang sama dengan beras pada umumnya, namun dibalik warnanya yang merah dan berbeda dengan beras lain pada umumnya, beras merah memiliki sejuta manfaat dan khasiat yang sangat dibutuhkan untuk tubuh manusia. Manfaat beras merah sudah tidak bisa diragukan lagi. 
Di dalam beras merah terkandung bermacam vitamin dan gizi yang sangat diperlukan tubuh seperti Vitamin B dan vitamin E yang tinggi. Beras merah dapat juga berkhasiat sebagai obat berbagai macam penyakit, selain itu di dalam beras merah terkandung berbagai macam zat yang bermanfaat seperti mineral, gizi, vitamin dan serat, fenolat sebagai selenium bahkan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan.

Menurut riset yang telah dilakukan oleh sebuah lembaga kesehatan dunia, beras merah bersama dengan beras setengah giling lainnya terbukti mampu mengurangi resiko serangan jantung dan hipertensi. Selain itu, beras merah juga dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit lain seperti yang paling jelas adalah arterosklerosis dan tekanan darah tinggi.
Peneliti lain dari University School of Medicine Philadelpia Amerika juga pernah melakukan penelitian yang menyimpulkan bahwa beras merah juga memiliki manfaat untuk mengobati penyakit kardiovaskuler.
Dari beberapa uraian diatas saja sudah dapat disimpulkan bahwa kandungan yang terdapat dalam beras merah sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia, untuk itu sangat dianjurkan bagi kita untuk tidak hanya mengkonsumsi beras putih seperti biasanya saja, namun juga beras merah. 
Berikut manfaat lengkap yang bisa Agan diperoleh dengan mengkonsumsi beras merah.


Mencegah penyakit
Beras merah mengandung serat 14 persen lebih tinggi dibandingkan beras biasa. Oleh karena itu, makan beras merah mampu mencegah penyakit dan menurunkan risiko kanker usus besar dan kanker payudara.

Mengontrol berat badan
Karena tidak dipoles, beras merah memiliki kandungan karbohidrat yang relatif rendah. Para pelaku diet disarankan untuk mengkonsumsi beras merah untuk mengendalikan berat badan.

Baik untuk tulang
Beras merah juga kaya magnesium, mineral yang mendukung kesehatan tulang dan mengurangi peradangan pada sendi. Makan nasi merah dua kali seminggu untuk memenuhi kebutuhan magnesium dan melindungi tulang.

Menurunkan kolesterol
Kandungan minyak dalam beras merah dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh. Secara tidak langsung juga membuktikan bahwa makan beras merah dapat mengurangi penyakit kardiovaskular.

Pencernaan
Karena mengandung serat yang tinggi, pencernaan akan lebih mulus jika beras merah rajin dikonsumsi.

Rambut dan kulit sehat
Setidaknya satu cangkir beras merah mengandung 1,2 miligram seng yang menyehatkan rambut dan kulit. Jerawat dan masalah kulit lainnya dapat dicegah dengan mengkonsumsi beras merah.

Mencegah asma
Beras merah juga dikenal sebagai senyawa anti-inflamasi. Jadi, makan beras merah akan mencegah anak-anak mengembangkan asma dan sistem pernapasan.

Baik untuk gigi
Makan nasi merah setiap hari memiliki keuntungan berbeda pada gigi. Karena makanan ini mendukung kesehatan gigi dan mencegah masalah mulut lainnya.

dari berbagai sumber

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]