Minggu, 30 Juni 2013

Fakta Kebutuhan Gizi Antara Pria & Wanita

Pria Butuh Lebih Banyak Serat Dibanding Wanita

Pria itu dari Mars dan wanita dari Venus – itulah sebuah ungkapan untuk membedakan antara pria & wanita. Ungkapan tersebut memperlihatkan bagaimana sangat berbedanya pria dan wanita. Bahkan perbedaan pun hingga ke masalah gizi. Apa saja perbedaan mengenai masalah gizi tersebut? 
Mari kita simak perbedaan kebutuhan gizi khusus yang ditujukan untuk para pria.

Kalori lebih banyak 
Pria lebih berat dan memiliki massa otot yang lebih ramping dan sirkulasi sel darah lebih banyak. Oleh karena itu, pria membutuhkan lebih banyak kalori. Rata-rata pria memiliki 142 gram massa otot lebih banyak daripada wanita. Maka dibutuhkan perbedaan sekitar 500 kalori setiap harinya. Untuk menghitung kebutuhan kalori Anda, gunakan kalkulator kalori.

Protein lebih banyak 
Karena pria memiliki lebih banyak massa otot, umumnya mereka membutuhkan lebih banyak protein daripada wanita. Kebutuhan rata-rata dihitung berdasarkan 0,8 gram protein per kg berat badan. Misalnya, pria dengan berat 77 kg perlu makan hingga 62 gram protein per hari. Peningkatan kebutuhan protein pada pria tidak selalu berarti mereka perlu lebih banyak makan daging. Kebutuhan protein juga dapat dipenuhi dengan makanan nabati, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, lentil dan gandum utuh.

Serat lebih banyak 
Pria membutuhkan lebih banyak serat, terutama karena peningkatan asupan kalori dan untuk perlindungan potensial terhadap penyakit jantung. Pria di bawah usia 50 tahun membutuhkan 38 gram serat per hari, sementara mereka yang lebih dari 50 tahun membutuhkan 30 gram serat per harinya.

Besi lebih sedikit 
Pria hanya perlu setengah zat besi dari yang dibutuhkan wanita. Penelitian yang dilakukan era tahun 80-an menemukan bahwa menyimpan besi yang tinggi pada pria dikaitkan dengan peningkatan risiko serangan jantung. Jangan khawatir, sulit untuk over dosis zat besi bila hanya bersumber dari makanan saja. Namun, Anda harus perhatikan suplemen multivitamin yang dikonsumsi. Karena perbedaan besar dalam kebutuhan zat besi, sebaiknya Anda memiliki formula suplemen yang disesuaikan dengan gender. Maksudnya, suplemen multivitamin yang dibeli harus diformulasikan khusus pria.

Jumlah selenium sama 
Banyak suplemen multivitamin untuk pria yang mengklaim jumlah selenium. Ini memberi kesan bahwa selenium lebih penting bagi pria dan pria membutuhkan lebih banyak. Itu hanyalah mitos. Selenium yang dibutuhkan pria sama persis yang dibutuhkan oleh wanita. Memang benar bahwa selenium dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker yang umumnya diderita pria, seperti prostat, paru-paru, kolorektal, lambung, dsb. Tapi karena kekurangan selenium cukup langka, tidak ada untungnya asupannya lebih dari yang dibutuhkan. Kacang-kacangan dan seafood merupakan sumber makanan terbaik dari selenium.

Air lebih banyak
Peningkatan kebutuhan cairan pada pria terutama karena peningkatan asupan kalori. Tergantung pada iklim dan aktivitas fisik, seorang pria rata-rata membutuhkan sekitar 10 gelas air per hari.


Intisari Online

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]