Sabtu, 15 Juni 2013

Obat Obatan Yang Harus Dihindari Selama Kehamilan

Obat Obatan Yang Harus Dihindari Selama

Kehamilan

Kehamilan adalah masa di mana seorang wanita membawa embrio atau fetus di dalam tubuhnya. Dalam kehamilan dapat terjadi banyak gestasi (misalnya, dalam kasus kembar, atau triplet/kembar tiga).
Segala sesuatu yang dikonsumsi oleh ibu hamil perlu dipertimbangkan dengan baik. Seperti obat, karena pengaruhnya bukan hanya pada ibu saja tetapi juga pada bayi. Obat apa yang sebaiknya dihindari selama kehamilan? 

Penghilang rasa sakit 
Obat pereda atau penghilang rasa sakit seperti ibuprofen dan aspirin dapat mempengaruhi janin. Jika ibu hamil mengalami sakit kepala, lebih baik gunakan pengobatan alami.

Obat anti-jamur 
Jamur merupakan masalah umum yang dialami oleh wanita hamil. Akan tetapi jangan sembarangan minum obat anti-jamur tanpa persetujuan dari dokter.

Obat jerawat 
Selama kehamilan, perubahan hormonal dalam tubuh dapat memicu timbulnya jerawat. Namun tidak perlu minum obat untuk menyingkirkan jerawat. Biarkan jerawat hilang dengan sendirinya.

Obat demam
Obat yang mengandung parasetamol untuk demam biasanya dihindari selama kehamilan. Karena dosis tinggi parasetamol sangat mempengaruhi perkembangan janin pada trimester pertama kehamilan.

Anti-depresi
Konsumsi antidepresan selama kehamilan dapat meningkatkan risiko cacat lahir. Untuk meredakan stres, lebih baik lakukan yoga atau meditasi.

Anti-alergi 
Selain anti-jamur, obat anti-alergi juga perlu dihindari. Atasi masalah alergi dengan cara alami. Misalnya menjauhi debu, rajin membersihkan rumah, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan makan makanan bergizi.

Antibiotik
Hampir tidak ada antibiotik yang aman dikonsumsi oleh wanita hamil. Hanya saja jika tidak ada cara lain, cobalah berkonsultasi dahulu dengan dokter untuk menemukan bentuk lain dari pengobatan.

Obat penyakit anti-mabuk 
Jangan minum obat anti-mabuk saat hamil. Bisa berdampak buruk bagi janin. Bisa dicari cara lain untuk mengatasi masalah mabuk perjalanan ini.

Obat tidur 
Pil tidur untuk pria dan wanita normal saja berdampak tidak sehat, apalagi bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Tidak perlu minum obat tidur ketika wanita hamil sulit memejamkan mata.

Herbal
Meskipun berasal dari tanaman dan alami, namun ini termasuk tanaman obat yang harus dihindari saat hamil. Seperti, lidah buaya, ginseng, dan rosemary.
Gunakan cara alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan saat hamil.


Sumber: intisari online

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]