Minggu, 09 Juni 2013

Seputar Masalah Kebotakan & Rambut Rontok

Seputar Masalah Kebotakan & Rambut Rontok

Kerontokan rambut yang menimbulkan kebotakan adalah salah satu hal yang membuat banyak pria panik. Kebotakan biasanya dimulai di usia 30-an dengan semakin menipisnya rambut di atas jidat atau di mahkota kepala. Lama-kelaman, rambut tidak lagi muncul dan hanya menyisakan kulit pelontos. Bagi sebagian besar pria, proses ini tidak begitu mengganggu dan diterima sebagai kenyataan alami. Namun, bagi sebagian pria lain hal ini menyebabkan kurangnya kepercayaan diri dan bahkan depresi.

Penyebab kebotakan
Kebotakan, yang polanya bersifat genetis, biasanya terjadi karena kepekaan folikel rambut terhadap dihydrotesterone (DHT) yang memicu gen kebotakan. Karena tidak setiap folikel membawa gen ini, hanya sebagian rambut yang rontok. Penyebab lain rambut rontok, yang biasanya dapat diobati, adalah anemia, tiroid yang kurang aktif, infeksi jamur di kulit kepala, penggunaan obat tertentu dan stres.

Apakah kebotakan bisa dihentikan?
Ya, jika penyebabnya bukan genetis, seperti anemia yang bisa dipulihkan dengan peningkatan zat besi. Perawatan herbal yang mengandung seng, magnesium, vitamin E dan zat lainnya mungkin juga membantu. Perawatan tradisional seperti menggosok kulit kepala dengan “minyak penumbuh rambut” hasilnya tidak terbukti.
Perawatan yang lebih modern dan teruji diberitakan dapat memperlambat atau menghentikan kebotakan. 
Berikut beberapa terapi untuk kebotakan yang populer:
  1. Minoxidil atau Regaine merupakan obat bebas yang diaplikasikan langsung ke kulit kepala untuk memperlancar pasokan darah ke folikel rambut. Sekitar dua pertiga pria melaporkan perbaikan dalam pertumbuhan rambut mereka setelah pemakaian hingga 1 tahun.
  2. Finasteride adalah pengobatan oral untuk kebotakan, yang juga dikenal dengan merek Propecia. Obat ini harus dengan resep dokter karena bekerja dengan cara mencegah aksi hormon laki-laki yang memicu produksi DHT. Delapan puluh persen pria melaporkan perbaikan rambut setelah pemakaian hingga 6 bulan.
  3. Revivogen adalah terapi perawatan kulit kepala dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mempromosikan pertumbuhan rambut sehat dan memerangi penyebab kerontokan rambut. Pengobatan dapat memakan waktu sekitar 4-6 minggu untuk menunjukkan hasil.
  4. Transplantasi rambut dilakukan dengan pengambilan sedikit jaringan kulit yang mengandung folikel rambut dari bagian lain kepala (seperti bagian belakang kepala) dan mencangkokannya ke daerah yang botak.
  5. Kafein. Ini mungkin sedikit mengejutkan, tapi telah ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa kafein dapat bertindak sebagai stimulator pertumbuhan rambut manusia. Diperkirakan kafein bekerja dengan menghambat bahan kimia perusak folikel di dalam tubuh. Ada beberapa perawatan langsung berdasarkan kafein yang tersedia untuk membantu restorasi rambut.
Mencegah Kerontokan Rambut
Sebagian kerontokan bersifat alami, karena proses penuaan terkait gen yang membuat sebagian rambut menghilang secara “terprogram”. Sebagian kerontokan lainnya tidak alami, karena perawatan rambut yang tidak tepat. Sepuluh tips berikut dapat mencegah kerontokan rambut yang tidak alami:

  1. Menyisir dan menyikat rambut. Menyisir dan menyikat rambut Anda setiap hari tidak hanya merapihkan dan membersihkan rambut, tetapi juga meningkatkan suplai darah sehingga mengaktifkan aktivitas sel-sel kulit kepala. Gunakan sisir dengan gigi berspasi lebar dan sikat berbulu halus.
  2. Gunakan shampo yang tepat. Pilih shampo untuk rambut kering, normal, berminyak, berketombe, dll, sesuai kondisi rambut Anda. Cuci rambut Anda setidaknya dua kali seminggu. Selalu berkeramas dengan shampo setelah berenang di laut atau kolam renang untuk menyingkirkan garam dan klorin yang dapat merusak folikel rambut. Pastikan Anda selalu membilas rambut sampai bersih setelah selesai berkeramas.
  3. Gunakan kondisioner. Penggunaan kondisioner setelah keramas mengurangi upaya yang dibutuhkan untuk menyisir rambut dan membuatnya lebih mudah diatur. Penggunaan kondisioner terutama sangat dibutuhkan bila rambut Anda kering.
  4. Keringkan rambut basah dan jangan terlalu keras menggosok rambut dengan handuk. Saat rambut basah, strukturnya lebih rapuh sehingga harus dihindari menyisir atau menyikat terlalu kuat.
  5. Variasikan gaya rambut. Jika memakai gaya rambut yang memerlukan tarikan pada rambut sebaiknya diselingi gaya rambut lebih longgar untuk menghindari tarikan konstan yang menyebabkan ketegangan folikel sehingga rambut rontok.
  6. Jaga kecukupan protein. Karena rambut terdiri dari protein (keratin), penting sekali bagi Anda untuk mengikuti diet cukup protein untuk mempertahankan produksi rambut. Protein ditemukan pada daging, ikan, unggas, telur, susu, keju, sereal, kedelai dan kacang-kacangan.
  7. Jangan terobsesi dengan masalah rambut. Jangan menyentuh atau menarik rambut terus-menerus.
  8. Seimbangkan dan stabilkan kondisi emosi Anda. Stres dapat memicu kerontokan rambut.
  9. Jangan memakai wig. Penggunaan wig harus dihindari karena membuat kulit kepala Anda tidak dapat bernapas dengan baik dan mencekik lemas folikel Anda. Jilbab, helm, atau topi tidak merusak rambut Anda seperti wig, asalkan berhati-hati saat mengenakan dan melepaskannya.
  10. Hindari sengatan matahari ke kulit kepala dan tubuh. Kita semua tahu mengapa sengatan matahari bisa berdampak serius bagi kesehatan secara keseluruhan. Sengatan matahari ke kulit kepala juga dapat menyebabkan folikel tidak mampu mempertahankan rambut karena luka bakar.
Minyak Ikan dan Minyak Zaitun untuk Rambut Rontok
Masalah rambut rontok tidaklah sulit untuk dilawan, karena sebenarnya cukup dengan meningkatkan kesehatan tubuh kita secara umum akan dapat membantu mencegah kerontokan tersebut. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menambahkan minyak ikan dan minyak Zaitun dalam daftar diet harian Anda. Kedua minyak yang mengandung banyak vitamin dan juga bersifat anti-inflamasi ini dapat membantu untuk mencegah kerontokan rambut.

Minyak ikan (fish oil)
Berbagai jenis ikan, terutama salmon, sarden, herring dan mackarel mengandung banyak nutrisi yang membantu untuk membuat rambut menjadi lebih kokoh dan tidak mudah rontok, salah satunya adalah vitamin A yang bersifat antioksidan dan membantu memproduksi sebum yang sehat di kulit kepala. Tidak hanya itu, ikan dan minyak ikan secara umum mengandung mengandung Omega-3 yang tinggi, yang juga dapat membantu untuk menutrisi folikel rambut dan mempercepat tumbuhnya rambut. Bagi Anda yang ingin menurunkan kadar trigliserida di dalam tubuh Anda sekaligus membuat jantung menjadi lebih sehat, Omega-3 dapat juga membantu Anda mendapatkan hal tersebut.
Minyak ikan diketahui mengandung zat yang bersifat anti-inflamasi, yang akan membantu untuk menghilangkan rasa sakit pada sendi-sendi tubuh. Efek anti-inflamasi tersebut dapat membantu untuk menghambat kerontokan rambut. Hal tersebut dikarenakan inflamasi pada folikel rambut adalah salah satu faktor yang menyebabkan berbagai masalah kerontokan rambut, dan nutrisi yang bersifat anti infamasi dapat membantu untuk mencegah kerontokan.

Minyak zaitun (olive oil)
Minyak zaitun memiliki banyak nutrisi yang dapat membantu untuk membuat rambut menjadi lebih subur sekaligus mencegah kerontokan rambut. Minyak zaitun antara lain mengandung banyak vitamin E yang membantu untuk menstimulasi sirkulasi darah di kulit kepala, yang membawa berbagai nutrisi yang diperlukan oleh folikel rambut. Selain itu, mengkonsumsi minyak zaitun secara rutin akan membantu Anda untuk mendapatkan tambahan vitamin D. Vitamin D berperan sebagai hormon steroid yang bekerja untuk mencegah kerontokan rambut yang diakibatkan masalah hormonal.
Selain itu, seperti halnya minyak ikan, minyak zaitun juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu untuk menyuburkan rambut dan menyehatkan folikel rambut, sekaligus menjaga kesehatan jantung.

Cara penggunaan
Untuk menggunakan kombinasi minyak zaitun dan minyak ikan ada dua cara yang dapat Anda lakukan:
  • Cara yang pertama adalah dengan mengkonsumsinya bersama makanan/minuman lainnya yang biasa Anda konsumsi setiap hari. Cara ini mudah dilakukan dan sekaligus membantu kesehatan jantung Anda.
  • Cara yang kedua adalah dengan menggosokkan minyak ikan dan minyak zaitun pada kepala Anda secara langsung. Untuk cara yang kedua ini, campurkan kedua minyak tersebut di dalam mangkok, lalu pijat kepala Anda dengan kedua minyak tersebut supaya menyerap ke dalam kulit kepala. Setelah itu, tutup kepala Anda dengan plastik penutup kepala dan biarkan 30 menit sampai meresap. Setelahnya, silakan dibilas dengan shampoo supaya tidak meninggalkan bau yang tidak sedap.

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]