Senin, 08 Juli 2013

Bank Bank Tertua Di Dunia

Bank Bank Tertua Di Dunia Yang Masih Beroperasi

Pernahkan Agan mendengar De Javasche Bank? Benar sekali, ini adalah cikal bakal Bank Indonesia saat ini, dan merupakan bank tertua yang pernah ada di Indonesia. 
De Javasche Bank didirikan oleh Pemerintah Kolonial Belanda pada 1828. Tapi ternyata usia bank ini tidak ada apa-apanya jika dibanding dengan bank-bank berikut ini:


Barca Monte de Paschi, Siena, Italia
Bank ini berdiri pada 1472 yang mulanya ditujukan untuk membantu warga miskin. Misi filantropi yang oleh warga sekitar disebut dengan monte pio diharapkan mampu menunjang pertumbuhan ekonomi di kota tersebut. Pemilihan namanya juga terhitung sangat prinsipil, paschi sendiri berkaitan erat dengan pertanian dan memelihara ternak yang menjadi mata pencaharian kebanyakan warga Siena. Saat ini, terdapat tiga ribu kantor cabang dengan 4,5 nasabah yang tersebar di seluruh Italia.


Berenberg Bank, Hamburg, Jerman
Bank ini berdiri atas inisiatif Berenberg bersaudara, Paul dan Hans, pada 1590. Bank ini lahir di saat yang tepat, di saat kota Hamburg tengah berada dalam buaian kemakmuran. Tujuan berdirinya adalah untuk membantu melancarkan kegiatan ekspor-impor yang sedang berlangsung di Jerman pada umumnya. Semakin ke sini, Berenberg tidak hanya bergerak di bidang ekspor-impor, tapi merambah pada perbankan investasi, pengelolaan aset, dan perbankan komersial.


C Hoare & Co, London, Inggris
Pada masa perang dunia II, bank ini berhasil diselamatkan oleh beberapa karyawannya dari kebakaran yang hampir mengakhiri riwayatnya. C Hoare & Co berdiri di London pada 1672. Bank ini khusus menyediakan layanan produk perbankan perorangan, perencanaan keuangan, dan pengelolaan investasi. Tapi bank ini cenderung sangat eksklusif. Apa lacur, nasabah yang diikat hanya mereka yang berasal dari kalangan atau keluarga tingkat tinggi saja.

Di awal berdirinya, bank-bank tersebut memang hanya mengerjakan hal-hal yang sifatnya relatif sederhana. Tapi dengan perkembangan waktu, bank-bank ini juga harus mengikuti pola hidup manusia modern yang semakin komplek dan rumit.

sumber: Kompas

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]