Kamis, 11 Juli 2013

Hikmah & Manfaat Puasa Ramadhan

Hikmah & Manfaat Puasa Ramadhan

Banyak orang yang tidak menyadari akan hikmah dan manfaat puasa. Padahal, bila kita menjalankan puasa sesuai dengan tuntunan Islam maka tanpa kita minta dan tanpa kita sadari sekalipun, kita akan mendapatkan banyak sekali hikmah serta manfaat puasa. Lain halnya bila kita menjalankan puasa secara asal - asalan, maka kita akan melewatkan banyak sekali hikmah dan manfaat puasa. Oleh karena itu, alangkah baiknya bila kita mengetahui hikmah dan manfaat puasa supaya kita menjadi lebih khusuk dalam menjalankan puasa.

Berikut ini adalah beberapa hikmah dan manfaat puasa:

Hikmah Puasa
1. Pembersihan Jiwa (Tazkiyah Al-Nafs)
Setiap orang pasti mengharapkan keridhaan Allah selama menjalankan puasa. Sehingga kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjauhi larangan serta menjalankan semua perintah  / tuntunan Allah SWT.

2. Mengangkat Dimensi Kejiwaan Untuk mengungguli Dimensi Materi Dalam Diri Manusia
Ini sesuai dengan penjelasan dari para Dokter dan para ahli Fiqih bahwa sebenarnya manusia memiliki potensi diri yang ganda. Maka pada saat satu unsur menjatuhkan dalam kehinaan, maka unsur yang lain akan mengangkatnya kepada kemuliaan. Ditambah dengan Sabda Nabi Muhammad SAW bahwa bagi orang yang berpuasa akan memiliki 2 kebahagiaan, yaitu gembira saat berbuka dan gembira bila bertemu Tuhannya.

3. Proses Untuk Mendidik Jiwa
Dengan melakukan puasa, maka manusia akan mendidik kehendak diri dan jihad jiwa, membiasakan diri untuk bersabar, serta melakukan beberapa revolusi atas kebiasaan yang selama ini mereka lakukan

4. Benteng Dari Hawa Nafsu Seksual
Ini sesuai dengan sabda Rasulullah: "Wahai para pemuda, barang siapa mampu untuk menikah, maka menikahlah. Karena itu akan menjaga pandangan dan menjaga kemaluan. Barang siapa belum mampu, maka berpuasalah, karena puasa adalah bentengnya hawa nafsu"

5. Semakin Mensyukuri Nikmat Allah SWT
Dengan merasakan lapar dan dahaga selama berpuasa, maka kita akan bisa lebih bersyukur kepada Allah atas nikmat yang kita miliki selama ini karena ternyata ada banyak kaum Dhu'afa yang hidupnya lebih prihatin dengan selalu merasakan lapar serta dahaga.

6. Hikmah Sosial
Mengapa selama bulan Ramadhan tiba - tiba banyak orang yang melakukan amal sedekah? ternyata bukan hanya karena mengharap pahala yang lebih namun juga karena selama menjalankan puasa jiwa kita menjadi terdorong untuk lebih memperhatikan orang - orang yang kurang beruntung di sekitar kita.

7. Untuk Mencapai Derajat Takwa Yang Lebih Tinggi
Dengan menjalankan puasa sesuai dengan tuntunan, maka jiwa serta batin kita akan menjadi terlatih untuk selalu menjalankan tuntunan dan ajaran dari Allah sehingga hikmah dari puasa bisa membantu kita untuk mencapai derajat takwa yang lebih tinggi.

Manfaat Puasa:
1. Membentuk kedisiplinan rohani
Selama menjalankan puasa, kita akan terdidik untuk bangun awal untuk melakukan sahur. Selain itu, kita juga pasti akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjalankan ibadah sholat tepat waktu.

2. Membentuk Ahlaqul Karimah
Ini merupakan efek tidak langsung dari manfaat puasa nomer 1 diatas. Ahlaqul Karimah akan terbentuk bila rohani kita disiplin dalam menjalankan kewajiban - kewajiban kita.

3. Mengembangkan nilai - nilai sosial
Nilai sosial tidak hanya dilihat dari banyaknya amal yang kita berikan kepada orang. Namun juga dilihat dari seberapa kita peduli kepada mereka kaum papa yang banyak terdapat di sekitar kita.

4. Kesehatan yang semakin membaik
Tentu saja ini hanya bisa dirasakan mereka yang menjalankan puasa sesuai dengan tuntunan. Karena dengan berpuasa, makan kita menjadi lebih terkontrol serta organ - organ tubuh kita memiliki waktu yang lebih untuk beristirahat.

Lalu bagaimana manfaat puasa dalam dunia kerja?
Ada beberapa hal yang menjadi manfaat dari puasa dalam dunia kerja, diantaranya;

1. Melatih untuk selalu tidak terlambat masuk kerja
Hal ini karena latihan kita saat bulan puasa yang selalu bangun pagi pagi sekali untuk melaksanakan makan sahur.

2. Melatih kesabaran dalam bekerja
Inti dari puasa adalah melatih diri untuk bersabar, bersabar dalam menjalankan ibadah puasa itu sendiri, bersabar pula dalam hal-hal yang akan membatalkan puasa kita.

3. Melatih kedisiplinan kerja
banyak pelajaran yang bisa diambil, ketika kita berpuasa, contohnya adalah disiplin ketika saat masuk waktu shalat, shalat kita di bulan Ramadhan ini akan lebih tepat waktu, berbeda dengan diluar bulan Ramadhan, kadang kita sering mengakhirkan shalat.

4. Sifat Jujur
Jujur di tempat kerja adalah suatu hal yang sangat penting.
Di bulan Ramadhan inilah sifat jujur kita dilatih & dibina.

5. Semangat Kerja
Seorang muslim yang menjalani ibadah puasa dengan ikhlas, akan selalu bersemangat untuk menjadikan puasanya penuh berkah & pahala, di bulan puasa, kita dilatih untuk semangat menunaikan ibadah-ibadah yang sunat, menghapal atau menghatamkan Al-Quran, hal hal inilah yang harus menjadi pemicu kita juga harus selalu semangat di tempat kerja.

6. Peduli dengan sesama rekan kerja
Salah satu hikmah bulan Ramadhan adalah kita dilatih untuk peka terhadap sesama, puasa adalah bukan hanya urusan menahan haus & lapar, tetapi dibalik haus & lapar tersebut, apakah hati kita peka terhadap orang orang disekitar kita yang setiap hari bergelut dengan haus & dahaga?
Inilah hikmah yang bisa diambil untuk dijadikan pemicu untuk peduli juga terhadap sesama rekan kerja kita. 


0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]