Kamis, 11 Juli 2013

Masakan Indonesia Yang Terkenal Ke Mancanegara

Masakan Indonesia Yang Terkenal Ke Mancanegara

Sebagai negara kepulauan serta memiliki ragam suku, tidak dipungkiri Indonesia memiliki keunikan-keunikan tersendiri disetiap pulaunya. Mulai dari bahasa, pakaian adat, kebiasaan, budaya dan tentu saja kuliner. Keunikan ini tidak hanya diketahui oleh orang Indonesia saja, keunikan dari budaya Indonesia pun sudah terdengar di negara lain. Salah satu yang paling mereka ketahui tentang Indonesia adalah kuliner. Tahukah anda ternyata ada banyak makanan Indonesia yang dikenal oleh para pelancong atau wisatawan asing yang pernah berkunjung dan menyantap kuliner Indonesia. Bahkan sampai-sampai mereka rela untuk balik ke Indonesia untuk sekedar makan-makanan yang tentunya hanya ada di Indonesia.
Berikut akan kami berikan tentang 7 Kuliner Indonesia yang Tersohor di Luar Negeri serta asal usulnya.

1. Sate
Siapa yang tidak menyukai makanan yang satu ini. Sate adalah sebuah makanan yang berupa daging baik itu daging ayam ataupun kambing yang dipotong kecil lalu ditusukkan ke sebuah tusuk sate yang biasanya dibuat dari sebuah lidi tulang daun kelapa atau bambu. Yang kemudian dimasak dengan cara dibakar disebuah arang. Daging yang biasa dipakai untuk dijadikan sate pun beragam. Selain menggunakan daging ayam dan kambing, daging yang digunakan juga bisa berupa dagi domba, ikan, sapi dan lain-lain. Sebagai pelengkap, sate ini diberikan sebuah ketupat ataupun lontong serta taburan saus yang dimana saus sate ini pun juga beragam. Jika Anda membeli sate di Padang, tentu Anda tidak akan menemukan sate yang diberi bumbu kacang seperti di Madura.
Dikutip dari Wikipedia, Kata 'sate' atau 'satai' diduga berasal dari bahasa Tamil. Diduga sate diciptakan oleh pedagang makanan jalanan di Jawa sekitar awal abad ke-19, berdasarkan fakta bahwa sate mulai populer sekitar awal abad ke-19 bersamaan dengan semakin banyaknya pendatang dari Arab dan pendatang Muslim Tamil dan Gujarat dari India ke Indonesia. Hal ini pula yang menjadi alasan populernya penggunaan daging kambing dan domba sebagai bahan sate yang disukai oleh warga keturunan Arab.
Sate ini kemudian populer ke negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Sate juga populer di Belanda yang dipengaruhi masakan Indonesia yang dulu merupakan koloninya.

2. Rendang
Tidak kalah dengan Sate, rendang juga merupakan sebuah makanan Indonesia yang tersohor di luar negeri. Makanan ini merupakan makanan yang berasal dari Padang. Menjamurnya rumah makan padang sekarang ini dengan menghidangkan menu utama rendang membuat berita luar negeri menyampaikan bahwa masakan padang adalah salah satu masakan paling enak di dunia.
Catatan mengenai rendang sebagai kuliner tradisional Minang mulai ditulis secara massif pada awal abad ke-19. Namun, menurut sejarawan dari Universitas Andalas, Padang, Gusti Asnan, rendang patut diduga telah ada sejak abad ke-16.
Ia menjelaskan beberapa literatur yang tertulis di abad ke-19 menyatakan, masyarakat Minang di wilayah darek (darat) biasa melakukan perjalanan menuju Selat Malaka hingga ke Singapura yang makan waktu sekitar satu bulan melewati sungai. Karena sepanjang perjalanan tidak ada perkampungan, para perantau menyiapkan bekal makanan yang tahan lama, yaitu rendang.
Rendang ini adalah makanan berupa masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa. Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga kering dan berwarna hitam pekat.

3. Nasi Goreng
Kuliner satu ini juga bisa dibilang adalah makanan merakyat. Anda bisa menemukan makanan ini di pinggir jalan. Untuk mendapatkan inipun tidak perlu mengeluarkan kocek yang dalam. kecuali jika Anda memesan makanan ini si sebuah resto ataupun hotel.
Dikutip dari Wikipedia, pada tahun 2011 sebuah polling Internet yang diadakan oleh CNN International dan diikuti oleh 35.000 orang menempatkan nasi goreng pada peringkat dua dalam daftar 'Makanan Terlezat di Dunia' setelah rendang.
Nasi goreng adalah sebuah makanan berupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak goreng atau margarin, untuk menciptakan sebuah rasa yang mantap dilidah. Nasi goreng ini lalu diberi bumbu seperti kecap manis, bawang mewah, bawang putih dan lain-lainnya. Tidak ketinggalan, pelengkapnya adalah sebuah suiran ayam atau potongan daging lainnya.

Nasi goreng adalah sebuah komponen penting dari masakan tradisional Tionghoa, menurut catatan sejarah sudah mulai ada sejak 4000 SM. Nasi Goreng sebenarnya muncul dari beberapa sifat dalam kebudayaan Tionghoa, yang tidak suka mencicipi makanan dingin dan juga membuang sisa makanan beberapa hari sebelumnya. Makanya, nasi yang dingin itu kemudian digoreng untuk dihidangkan kembali di meja makan. Nasi goreng kemudian tersebar ke Asia Tenggara dibawa oleh perantau-perantau Tionghoa yang menetap di sana dan menciptakan nasi goreng khas lokal yang didasarkan atas perbedaan bumbu-bumbu dan cara menggoreng.

4. Gudeg
Gudeg adalah sebuah masakan khas yang berasal dari Yogyakarta dan Jawa Tengah. Gudeg atau yang biasa di tulis gudheg (bahasa jawa) ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan kelapa. Untuk membuat gudeg ini, dibutuhkan waktu yang cukup lama. Daun jati yang dimasak bersamaan inilah yang membuat warna kecoklatan pada masakan yang enak ini. Untuk memakan gudeg, biasanya disajikan bersama dengan nasi yang kemudian diberi kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.
Ada satu cerita dimana asal muasal nama gudeg mulai dipakai dimakanan khas Jojga ini. Walaupun tidak bisa dipastikan keabsahannya dalam cerita yang berkembang dimasyarakat. Cerita ini berawal dari adanya sepasang suami istri. Sang suami adalah keturunan dari inggris dan sedangkan sang istri berasal dari jawa. Disuatu siang saat ingin menyiapkan makan siang, sang istri yang biasa dipanggil sang suami dengan panggilan’ dek’ kebingungan dengan apa yang hendak ia masak untuk sang suami. Lalu teringatlah dia dengan resep turun-temurun keluarganya yang menggunakan bahan dari nangka muda. Kemudian ia memasaknya.
Saat sang suami pulang, karena dalam keadaan lapar sang suami pun langsung menuju meja makan dan makan masakan yang dimasak istrinya dengan sangat lahap. karena merasa enak lalu sang suami berkata agak keras “Good Dek” dengan ekspresi senang. “it’s good dek”. Sang istri terkejut dan menceritakan kalau suaminya suka dengan masakannya, dan ia selalu menyebut masakannya ‘good dek’. Dari situlah kata GUDEG tercipta.

5. Bakso
Bakso atau juga bisa disebut baso adalah makanan yang berbentuk seperti bola dan makanan ini berbahan dasar daging. Biasanya daging yang digunakan untuk membuat bakso ada bermacam-macam. Seperti daging ayam, daging sapi, daging ikan ataupun udang. Dalam penyajiannya, Bakso ini umumnya di sajikan dengan sebuah kuah kaldu bening yang dicampur dengan sebuah mi, dan bihun. Ada juga yang menambahkan pelengkap seperti taoge, tahu, telur dan banyak lagi tambahan-tambahan dalam bakso yang biasa ditambahkan.
Asal usul Bakso ini adalah seni kuliner Tionghoa Indonesia hal ini ditunjukkan dari istilah ‘bakso’ berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti ‘daging babi giling’. Karena kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam.

6. Nasi Kuning
Nasi kuning adalah sebuah masakan Indonesia yang terbuat dari Beras yang kemudian di campur dengan kunyit, santan, beserta rempah-rempah saat dilakukan pemasakan dan membuat nasi ini pun menjadi warna kuning.
Nasi kuning adalah salah satu variasi dari nasi putih yang sering digunakan sebagai tumpeng. Nasi kuning biasa disajikan dengan bermacam lauk-pauk khas Indonesia.
Dalam tradisi Indonesia warna nasi kuning melambangkan gunung emas yang bermakna kekayaan, kemakmuran serta moral yang luhur. Oleh sebab itu nasi kuning sering disajikan pada peristiwa syukuran dan peristiwa-peristiwa gembira seperti kelahiran, pernikahan dan tunangan. Dalam tradisi Bali, warna kuning adalah salah satu dari empat warna keramat yang ada, disamping putih, merah dan hitam. Nasi kuning oleh karena itu sering dijadikan sajian pada upacara kuningan.

7. Gado- Gado
Menjadi salah satu makanan khas Indonesia dan berasal dari Jawa. Gado-gado adalah makanan yang berupa sayur-sayuran yang telah direbus dan dicampur menjadi satu. Sayuran ini antara lain ada  taoge, kubis, selada, kacang panjang, dan kol. Setelah sayur-sayur ini di jadikan satu, tak lupa diberi siraman berupa bumbu kacang atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan disertai irisan telur dan di atasnya ditaburkan bawang goreng. Sedikit emping goreng atau kerupuk (ada juga yang memakai kerupuk udang) juga ditambahkan.
Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu/saus kacang, tapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau kadang-kadang juga disajikan dengan lontong. Para turis biasa menyebut gado-gado ini dengan istilah indonesian salad.


dari berbagai sumber

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]