Kamis, 01 Agustus 2013

Band Metal Muslim Terkenal Di Dunia

Band Metal Muslim Terkenal Di Dunia

Metal dan muslim mungkin dunia paling bertentangan. Banyak pula menduga musik ini doktrin kaum barat untuk melemahkan pemuda-pemuda Islam sejagat. Dalam metal ada pemikiran liberal yang akhirnya membawa keimanan seorang muslim bisa jatuh. Namun pikiran ini dimentahkan. Ini dia lima band metal muslim yang lirik lagunya berisi ketauhidan pada Allah SWT, kekaguman terhadap Nabi Muhammad SAW, lirik lirik anti perang / kekerasan, de el el.
Dilansir dari rasionalist.org.uk (2009), band metal ini jauh lebih bisa diterima oleh masyarakat Amerika Serikat dan Eropa meski mereka menyuarakan keislaman, cinta, dan pesan damai. Satu bukti jika anak metal lebih punya hati dan rasa kebersamaan dibanding mereka mengaku relijius.
Band metal muslim mana saja yang tersohor sejagat? Berikut ulasannya Gan;


1. TarantisT

Band metal TarantisT gambaran sedikit musik minoritas metal dari salah satu negara Islam paling konservatif, Iran. Sudah sejak lama Iran mengharamkan musik ala barat apalagi metal lekat dengan ritual pemujaan setan. 
TarantisT mulai bermusik 13 tahun lalu. Mereka terbentuk di Ibu Kota Teheran. Anggotanya terdiri dari Arash, Arsy, Aidin, dan Shahab. Mereka mencintai metal dan beberapa band beraliran musik keras. 
Hingga akhirnya mereka memainkan musik dari bawah tanah (underground), membuat rekaman, dan mendistribusikannya sendiri. Nama mereka cukup dikenal dan sering satu panggung dengan beberapa band tersohor seperti Metallica, Motorhead, Stone Temple Pilots, dan sebagainya. Mereka eksodus ke Amerika Serikat untuk mendapatkan keleluasaan bermusik.

2. The Kordz


Band rock The Kordz ini asal Libanon beranggotakan Moe Hamzah (vokal), Mazen Siblini (keyboard), Nadim Siufi (gitar), Souhail Mukadem (drum), Alan Azar (gitar), dan Nadim Abu Cakra (bass). Mereka lahir di wilayah kekuasaan Hizbullah, Libanon selatan.
Lalu mereka hijrah ke Ibu Kota Beirut, disinilah The Kordz memiliki peluang untuk mengembangkan sayap dan terbukti mereka cukup diminati sejagat. Band ini pernah mengatakan tur keliling Eropa dan Kanada. Lirik mereka bercerita tentang cinta, keluarga, dan perdamaian.

3. Khalas


Khalas berasal dari Kota Akka yang setengahnya lagi diakui Israel sebagai bagian dari tanah mereka namun Khalas bersikeras mereka Palestina.
Khalas beranggotakan Mahmud Shalabi (vokalis), Abde Hathout (gitar), Fadel Qandil (perkusi/drum), dan Rooster (bas). 
Musik metal mereka bawakan berbeda lantaran dekat dengan nuansa padang pasir. Mereka juga menggunakan syair-syair anti kekerasan, serta beberapa syair sufi.


4. Arsames

Arsames lahir dan besar di Kota Mashhad, Iran. Mereka membawa musik berirama cepat dan menghentak. 
Beranggotakan Ali Madarshahi(vokalis), Morteza Shahrami (gitar), Said Makari (bas), dan Soros Kheradman (drum), mereka banyak berbicara soal budaya dan kebesaran Islam masa lalu. Mereka juga suka lirik-lirik anti kekerasan.

5. ArthimoTh

Ali Azheri seorang ulama muda asal Irak bergabung dengan band metal Iran Arthimoth mengaku awalnya tidak menyukai musik ini. Dia mempercayai ini haram. Namun ketika mendalaminya dan mempelajari sejarah metal serta cabang rock lain semisal hardcore dan punk, Azheri larut dalam musik itu.
Azheri mengatakan Al-Quran tidak mengharamkan musik sementara hadist merujuk perkataan Nabi Muhammad jika musik itu dekat dengan setan sudah lama dilemahkan oleh banyak ulama sejagat.
Generasi muda muslim di Timur Tengah mengaku muak dengan peperangan dan perebutan kekuasaan. Generasi metal muslim ini memilih caranya sendiri untuk berjuang. "Kami suka perdamaian," ujar Azheri. 
Pemuda pemuda rajin salat lima waktu itu memilih menyuarakan ketidak seimbangan dilihatnya dalam musik metal. Dia yakin generasi ini akan bertambah seiring waktu dimana tak lagi orang menyukai perang.

Merdeka.com

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]