Minggu, 04 Agustus 2013

Mencegah Sakit Punggung Selama & Sesudah Tidur

Mencegah Sakit Punggung Selama & Sesudah Tidur

Mengalami insomnia saja sudah cukup menjengkelkan, apalagi jika mengalami nyeri punggung yang membuat kita tidak bisa tidur. Selain menyakitkan, ini juga akan mengganggu tidur dan mempengaruhi kesehatan.
Berikut ini beberapa metode yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan meringankan sakit punggung yang muncul selama tidur.


Mandi malam
Ketegangan pada otot dapat menyebabkan stres dan mencegah seseorang untuk bersantai sebelum tidur. Ini juga dapat menyebabkan ketegangan otot dan sakit. Sebelum pergi tidur, cobalah untuk mandi air hangat dan memijat leher, bahu, dan punggung untuk meredakan ketegangan.


Yoga sebelum tidur

Melakukan yoga untuk melonggarkan ketegangan pada otot-otot punggung, perut, paha, punggung, dan lain-lain dapat membantu mengurangi nyeri punggung.

Periksa posisi tidur
Posisi tidur juga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, terutama penyebab atau meringankan rasa sakit. Orang-orang yang sering tidur dengan menyamping lebih mungkin mengalami nyeri punggung atau bangun dengan rasa sakit di punggung. Jadi, atur lagi posisi tidur agar tidak menyebabkan nyeri punggung.

Periksa kasur
Kasur tua juga dapat menyebabkan nyeri punggung. Jika memiliki kasur dua sisi, ubahnya kasur setelah beberapa saat untuk menjaga keawetannya. Jika hanya satu sisi, putarlah 180 derajat sehingga kasur lebih tahan lama. Jika kasur berumur lebih dari 10 tahun, mungkin sudah waktunya untuk membeli kasur baru.

Perhatikan berat badan
Kelebihan berat badan dan lemak perut akan memberikan tekanan yang besar pada bagian belakang tubuh. Hal ini juga dapat menyebabkan nyeri punggung. Untuk mengurangi nyeri punggung selama tidur mungkin lebih mudah bila menurunkan berat badan. Periksa kembali diet dan olahraga. Selain membantu mengurangi berat badan, juga dapat mengurangi nyeri punggung yang dirasakan.


intisari online

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]