Senin, 23 September 2013

Hal Alami Yang Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Hal Alami Yang Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh perlu dilakukan demi mencegah serangan berbagai macam penyakit. 
Cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ini pun sebenarnya tidak sulit.
Salah satu contoh sederhana untuk mendorong sistem imun adalah dengan rajin mencuci tangan. 
Hal apa lagi hal alami yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh?Simak ulasan lengkapnya berikut ini;

Mencuci tangan
Mulai dari bangun tidur sampai kembali berbaring, tangan sudah menyentuh banyak benda yang terkadang tidak disadari mengandung berbagai kuman penyakit. Apalagi kebiasaan orang yang suka menutup mulut ketika bersin atau batuk yang bisa meningkatkan risiko serangan penyakit.
Agar tubuh tetap kebal terhadap kuman penyakit, ada baiknya jika Anda mulai sekarang rajin untuk cuci tangan. Terutama sebelum dan sesudah makan serta sebelum tidur.

Tidur
Ketika sedang bertamasya ke alam mimpi, tubuh sedang berusaha untuk memperbaiki sel-sel yang rusak ketika Anda terjaga. Jadi tidur juga termasuk salah satu cara alami yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Sebaliknya, jika kurang tidur, tubuh akan terasa lebih lemas, nafsu makan meningkat, dan mudah terkena penyakit karena sistem imun menurun drastis.

Olahraga
Rajin berolahraga adalah cara alami berikutnya yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meski tidak rutin pergi ke pusat kebugaran, olahraga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.
Beberapa aktivitas fisik yang bisa digolongkan sebagai olahraga misalnya adalah naik turun tangga atau jalan kaki dari rumah ke tempat tujuan terdekat.

Seng
Mendapat asupan nutrisi dan mineral yang cukup membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Hal ini otomatis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Salah satu aturan penting untuk memenuhi nutrisi tersebut adalah mengkonsumsi makanan yang kaya akan mineral seng. Sebab seng berperan dalam melindungi sel-sel tubuh dari virus yang berusaha menyerang.

Bawang putih
Bawang putih adalah rempah yang dikenal sebagai agen anti mikroba, anti virus, dan anti bakteri. Selain itu, ada senyawa bernama allicin yang sifatnya mampu memblokir infeksi dalam tubuh.
Jadi jika memasak makanan, jangan lupa tambahkan bawang putih sebagai penyedap sekaligus peningkat sistem kekebalan tubuh yang alami. Bawang putih sebenarnya juga bisa dikonsumsi secara langsung, hanya saja banyak orang tak menyukainya karena rempah ini meninggalkan bau mulut yang cukup tajam.

Air putih
Air putih, minuman murah yang tidak mengandung kalori sama sekali. Siapa sangka, mengkonsumsi air putih setiap hari juga termasuk cara alami untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Jadi ketika ada yang menyarankan bahwa Anda harus banyak minum air, sebaiknya lakukan hal itu. Sebab jika tidak, dehidrasi akibat kurang minum ternyata mampu menurunkan sistem imun.

Menghindari alkohol
Sudah minum banyak air putih? Sekarang coba hindari konsumsi minuman beralkohol. Pasalnya minuman ini bersifat menghambat kinerja sistem imun dalam menangkal berbagai macam penyakit.
Meski tidak sampai mabuk, minum alkohol membawa perubahan di dalam tubuh. Jadi kebiasaan minum minuman beralkohol perlu dihentikan demi meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tertawa
Cara mudah dan alami berikutnya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan banyak tertawa. Sebab sikap positif ini ampuh menurunkan kadar stres sekaligus melindungi tubuh dari demam.
Sebuah penelitian bahkan sudah membuktikan hal tersebut meski para ahli belum mengetahui apa yang jadi penyebabnya. Namun mereka menduga sistem imun tertentu diproduksi ketika seseorang tertawa.

Pijat
Solusi tubuh pegal yang menjadi favorit banyak orang adalah pijat. Manfaat plus lainnya, pijat juga termasuk cara alami untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Penelitian tepatnya menjelaskan kalau pijat mampu melancarkan sirkulasi tubuh. Nutrisi makanan lebih mudah diedarkan, pembuluh darah semakin lancar, dan kekebalan tubuh semakin kuat.



intisari online

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]