Minggu, 15 September 2013

Makanan & Minuman Yang Dapat Memutihkan Gigi

Makanan & Minuman Yang Dapat Memutihkan Gigi

Ketika diminta untuk menyebutkan makanan yang baik untuk gigi, apa yang ada di pikiran Anda? Buah dan sayuran? Faktanya, beberapa makanan yang cenderung berlemak atau dicap buruk untuk gigi juga tak sepenuhnya jelek lho..

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang konon dianggap buruk untuk gigi, namun malah bisa membuat gigi semakin putih. 
Penasaran? Simak daftarnya berikut ini;

1. Steak
Anda mungkin tidak percaya, namun berdasarkan American Dental Association, fosfor yang terkandung dalam steak bisa melindungi enamel gigi dan tulang. Ditambah lagi, proses mengunyah daging merah juga bisa membuat mulut dan gusi "berolahraga" dan membuat mereka lebih kuat, berdasarkan keterangan Irwin Smigel, DDS, PC, presiden American Society for Dental Aesthetics. Sebuah penelitian di jerman tahun 2013 juga menunjukkan bahwa semakin sering mengunyah, gigi akan semakin kuat dan bersih.

2. Cokelat hitam
Ya, banyak orang yang mengatakan bahwa cokelat buruk untuk gigi. namun penelitian mengungkap bahwa cokelat hitam dan gelap justru bisa memutihkan gigi. Tanin dalam cokelat hitam bisa mencegah bakteri menempel pada gigi dan menetralkan mikroorganisme yang menyebabkan bau mulut. Ditambah lagi, zat theobromine pada cokelat bisa menguatkan enamel gigi. Syaratnya, pilih cokelat yang mengandung sekitar 70 persen kakao dan sedikit gula.

3. Keju
Keju tak hanya mengandung kalsium yang menguatkan tulang, tetapi juga bisa memutihkan gigi. Hasil ini ditemukan melalui penelitian pada 68 orang yang tak menggosok gigi mereka selama 48 jam. Para partisipan diminta untuk mengonsumsi keju. Partisipan yang makan keju diketahui memiliki pH dalam mulut yang hampir sempurna. Karena pH yang sempurna dan tak asam akan membantu warna kulit tetap putih, karena pH mulut yang asam bisa merusak kesehatan dan warna gigi.

4. Pemanis buatan
Oke, mata Anda mungkin terbelalak membaca ini. Namun faktanya, memang ada satu saat ketika pemanis buatan tak akan merusak gigi, yaitu ketika Anda makan permen karet bebas gula yang mengandung pemanis buatan berjenis xylitol. Permen karet yang mengandung xylitol bisa melawan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang sekaligus membuat gigi tetap putih. Jangan khawatir dengan bahaya obesitas, karena xylitol diketahui bisa mencegah kenaikan berat badan.

5. Teh
Ya, teh memang selalu disebut-sebut sebagai perusak warna gigi. Namun sebuah penelitian di Journal of the American Dental Association menemukan bahwa polyphenol yang terkandung dalam teh bisa melawan bakteri, asam, dan mencegah plak menempel pada gigi. Selain itu, teh juga mengandung fluoride yang bisa menguatkan enamel gigi. Tentunya, teh juga membantu gigi agar bersih, bebas plak, dan tetap putih.

Itulah beberapa makanan yang seringkali dianggap tak sehat dan buruk untuk gigi. Padahal sebenarnya makanan di atas juga bisa bermanfaat untuk kesehatan gigi dan membuat gigi tetap putih.



Intisari online

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]