Senin, 02 September 2013

Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan


Kiwi adalah sejenis buah beri yang termasuk kedalam kelompok kultivar dari kayu pohon anggur Actinidia deliciosa dan hibrida. 
Actinidia sendiri berasal dari Shaanxi, Cina.
Buah kiwi yang normal berbentuk oval, kira-kira sebesar telur ayam (5–8 cm / 2–3 in dan diameter 4.5–5.5 cm / 1¾–2 ). Buah ini kaya akan serat, kulit berwarna hijau-kecokelatan dan daging buah berwarna hijau terang atau keemasan dengan biji kecil, hitam, dan bisa dimakan. 
Tekstur buah ini sangat halus dan rasanya yang unik, saat ini buah kiwi sudah ditanam di berbagai negara.

Buah ini awalnya bernama Gosberi Cina, buah ini dinamai kembali dengan alasan ekspor marketing pada tahun 1950-an, menjadi melonette, kemudian berganti lagi menjadi kiwi. Nama yang terakhir ini berasal dari kiwi — burung yang tak bisa terbang dari Selandia Baru.
Jika dilihat sepintas, buah kiwi memang mirip dengan sawo, buah asli Indonesia. Penampilannya yang berkulit cokelat dan berbulu mungkin terlihat tidak begitu menarik. Tapi, di balik warna dan tampilannya itu, siapa sangka kiwi memiliki banyak manfaat.

Ada lebih dari 30 nutrisi yang terkandung dalam buah ini. Sebuah studi yang dilakukan oleh Zespri Health Scinece Research menyatakan buah ini kaya vitamin C. Bahkan, vitamin C yang berasal dari buah kiwi memiliki keunggulan, yakni dapat diserap oleh jaringan tubuh lebih cepat. Tak hanya itu, vitamin C yang berasal dari kiwi juga bersifat sebagai antioksidan dan mampu membantu mencegah kerusakan sel akibat proses oksidasi.
Buah kiwi juga merupakan superfruit yang mengandung tinggi antioksidan dan vitamin.

Buah ini diyakini baik dikonsumsi siapa saja, termasuk penderita diabetes. Karena memiliki kandungan serat yang tinggi, buah ini juga memiliki manfaat kesehatan lainnya, antara lain:

Mencegah penyakit kardiovaskular
Sebuah studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi 2-3 buah kiwi per hari membantu mengencerkan darah, mengurangi pembekuan darah dan menurunkan kadar lemak dalam darah sehingga bermanfaat mempertahankan kesehatan jantung .

Baik untuk ibu hamil
Ibu hamil membutuhkan 400-800 mikrogram asam folat untuk perkembangan janin di awal kehamilan. Kiwi adalah salah satu buah yang memiliki kandungan tinggi folat. Folat sangat bermanfaat membantu perkembangan otak dan kognitif dan mencegah cacat saraf pada bayi.

Meningkatkan kesehatan kulit
Buah kiwi juga mengandung lebih banyak kalium dibandingkan pisang. Tak hanya itu, vitamin C yang terkandung dalam buah ini juga lebih banyak dari jeruk. Kiwi juga kaya vitamin E dan Alfa Linoleic Acid, asam lemak esensial. Ini  semua merupakan vitamin dan mineral penting untuk perawatan kulit .

Meningkatkan kekebalan
Kandungan antioksidan yang kaya dan Vitamin C pada buah kiwi mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tak mudah terserang flu.

Baik untuk pencernaan
Kiwi hijau mengandung actinidin (enzim alami yang memecah protein). 
Buah ini juga memiliki kandungan tinggi serat yang mampu membantu memperbaiki buang air agar lebih lancar. Serat dari kiwi juga telah diteliti mampu membantu membersihkan sistem pencernaan. Tak hanya itu, vitamin C yang ada dalam buah kiwi diyakini pula bisa membantu menghilangkan kembung dan membantu memfasilitasi pertumbuhan bakteri yang menguntungkan.

Mencegah asma
Kiwi melindungi anak-anak dari gejala gangguan pernafasan yang terkait dengan asma, seperti mengi dan batuk, dengan meningkatkan fungsi paru-paru.



dari berbagai sumber

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]