Minggu, 22 September 2013

Mengenal Jenis-Jenis Makanan Yang Sulit Dicerna

Mengenal Jenis-Jenis Makanan Yang Sulit Dicerna

Pencernaan adalah sebuah proses metabolisme di mana suatu makhluk hidup memproses sebuah zat, dalam rangka untuk mengubah secara kimia atau mekanik sesuatu zat menjadi nutrisi. Pencernaan terjadi pada organisme multi sel, sel, dan tingkat sub-sel, biasanya pada hewan.
Pencernaan biasanya dibagi menjadi aktivitas mekanik dan kimia. Dalam kebanyakan vertebrata, pencernaan adalah suatu proses banyak-tingkat dalam sebuah sistem pencernaan, setelah ingesti dari bahan mentah, kebanyakan organisme lain. 
Proses ingesti biasanya melibatkan beberapa tipe manipulasi mekanik.
Pencernaan dibagi menjadi lima proses terpisah:
  1. Injesti: Menaruh makanan di mulut
  2. Pencernaan mekanik: Mastikasi, penggunaan gigi untuk merobek dan menghancurkan makanan, dan menyalurkan ke perut.
  3. Pencernaan kimiawi: Penambahan kimiawi (asam, 'bile', enzim, dan air) untuk memecah molekul kompleks menjati struktur sederhana
  4. Penyerapan: Gerakan nutrisi dari sistem pencernaan ke sistem sirkulator dan 'lymphatic capallaries' melalui osmosis, transport aktif, dan difusi
  5. Penyingkiran: Penyingkiran material yang tidak dicerna dari 'tract' pencernaan melalui defekasi.
Di belakang proses tersebut adalah gerakan otot di seluruh sistem deglutisi dan peristalsis.

Diagram sistem pencernaan manusia
1. pelenjaran ludah
2. Parotis
3. Submandibularis (bawah rahang)
4. Sublingualis (bawah lidah)
5. Rongga mulut
6. Tekak / Faring
7. Lidah
8. Kerongkongan / Esofagus
9. Pankreas
10. Lambung
11. Saluran pankreas
12. Hati
13. Kantung empedu
14. Usus dua belas jari (duodenum)
15. Saluran empedu
16. Usus besar / Kolon
17. Kolon datar (transverse)
18. Kolon naik (ascending)
19. Kolon turun (descending)
20. Usus kecil (ileum)
21. Sekum
22. Umbai cacing
23. Poros usus / Rektum
24. Anus

Beberapa jenis makanan memang memiliki rasa yang sangat lezat, tetapi justru buruk bagi pencernaan. Sebab makanan tersebut ternyata sulit dicerna oleh lambung atau usus dan memicu kondisi kesehatan yang tidak nyaman.
Lantas apa saja makanan yang paling sulit dicerna itu? 
Berikut ulasan selengkapnya;

Es krim
Makanan kombinasi produk susu dan berlemak tinggi ini sering dianggap sebagai penyebab kembung dan gangguan pencernaan, terutama bagi penderita intoleransi laktosa yang tubuhnya tidak mampu mencerna senyawa pada produk susu.

Kacang merah
Meski kaya serat dan protein, ada senyawa gula tertentu di dalam kacang merah dan keluarga kacang-kacangan lain yang sulit dicerna oleh usus besar. Akibatnya, makan keluarga kacang-kacangan ini bikin Anda mudah kentut.

Makanan pedas
Suka makanan pedas? Sebaiknya hentikan jika mengalami masalah pencernaan seperti mulas atau sembelit. Sebab itu adalah cara tubuh untuk memberi tahu bahwa makanan pedas sulit dicerna.

Minuman asam
Memang benar jika minuman asam membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin C. Akan tetapi asam terlalu tinggi mengganggu fungsi kerongkongan dan membuat tubuh sulit mencernanya.

Makanan yang digoreng kering
Sangat berlemak tinggi dan berminyak, tidak salah jika makanan yang digoreng kering termasuk yang paling sulit dicerna tubuh. Hindari kebiasaan makan makanan ini jika masih menyayangi sistem pencernaan.

Kentang tumbuk
Kebanyakan resep masakan kentang tumbuk dicampur dengan susu dan krim, sehingga penderita intoleransi laktosa lagi-lagi harus menghindarinya jika tidak ingin bermasalah dengan pencernaan.

Cokelat
Cokelat memang lezat dan menyehatkan, tetapi makan berlebihan justru mengganggu pencernaan. Sebab kandungan kafein dan lemak di dalamnya cukup sulit dicerna oleh tubuh.

Bawang bombai mentah
Jika dimakan mentah, bawang bombai bisa bikin Anda sering kentut. Jadi sebaiknya masak dulu sebelum menikmati makanan yang sebenarnya penuh gizi ini.

Sayuran berdaun hijau
Bernutrisi tinggi, kaya serat, dan penuh vitamin, itulah sayuran berdaun hijau. Tetapi makan terlalu banyak malah membuat tubuh sulit mencernanya dan perut menjadi kembung.

Permen karet bebas gula
Senyawa bernama sorbitol dalam produk permen karet bebas gula adalah penyebab kenapa Anda sering kentut. Mengunyah permen karet itu sendiri juga membuat perut jadi kembung karena banyak udara yang masuk ke dalam tubuh.

Itulah beberapa jenis makanan yang paling sulit dicerna oleh tubuh. Sayangi sistem pencernaan Anda dengan cara membatasi konsumsinya.



dari berbagai sumber

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]