Rabu, 23 Oktober 2013

Makanan & Minuman Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Diabetes

Makanan & Minuman Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Diabetes

Kadar gula darah pada penderita diabetes perlu dijaga agar tetap normal. Salah satu caranya adalah dengan menghindari makanan tertentu.
Makanan apa saja yang harus dihindari oleh para penderita diabetes?
Berikut ulasannya Gan, seperti yang dikutip dari Share Care berikut ini.

Nasi putih
Sebuah penelitian pernah menyebutkan bahwa konsumsi nasi putih bisa memicu penyakit diabetes. Sebab nasi putih mengandung zat tepung dengan indeks glikemik tinggi. Penderita diabetes sebaiknya menghindari makanan ini.

Kentang
Meski sayuran putih yang satu ini menyehatkan, ternyata kentang terkenal mampu meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat. Agar kondisi diabetes tidak semakin parah, penderita perlu menghindari konsumsi kentang.

Saus tomat
Saus tomat memiliki rasa asam yang seolah aman bagi penderita diabetes. Namun bahan di dalamnya ternyata buruk bagi kadar gula. Lebih baik menghindari konsumsi saus tomat jika ingin terhindar dari penyakit diabetes.

Pasta putih
Pasta putih terbuat dari tepung putih yang dicampur dengan bahan lain yang berbahaya. Sifatnya mudah dicerna sehingga bisa memicu kadar gula darah. Memasak pasta putih terlalu matang bahkan bisa memperparah kondisi diabetes.

Roti
Pecinta roti? Jika iya, pelan-pelan kurangi konsumsinya sekarang. Makanan yang terbuat dari tepung putih ini juga termasuk penyebab diabetes. Maka dari itu hindari konsumsi roti jika ingin menjaga kestabilan gula darah.

Pemanis buatan
Banyak orang menganggap pemanis buatan adalah zat aditif yang tidak berbahaya. Namun makanan dan minuman dengan pemanis buatan bukan teman yang baik bagi penderita diabetes. Sebaiknya kurangi konsumsinya demi mengontrol gula darah.

Jus buah
Jika gula darah sangat rendah, jus buah adalah jawabannya. Namun hal yang berbeda dialami oleh penderita diabetes. Jika kadar gula sudah tinggi, sebaiknya konsumsi jus buah perlu dihindari karena kandungan gula di dalamnya cukup tinggi.

Yogurt rendah lemak
Memang benar kandungan lemak dalam yogurt rendah lemak sudah dikurangi. Namun pengganti bahan tersebut ternyata adalah pemanis buatan. Jadi makanan ini sebaiknya juga dihindari oleh penderita diabetes.

Minuman berenergi
Berolahraga identik dengan konsumsi minuman berenergi. Meski bisa menyumbang energi, ternyata minuman ini buruk efeknya bagi penderita diabetes. Daripada minuman berenergi, konsumsi saja air putih atau air kepala.

Itulah berbagai makanan yang harus dihindari penderita diabetes. Konsultasikan dengan dokter untuk memastikan makanan apa yang aman untuk dikonsumsi.

Baca juga: Diabetes Millitus

Merdeka.com

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]