Minggu, 13 Oktober 2013

Makanan yang Dapat Menangkal Demam Akibat DBD

Makanan yang Dapat Menangkal Demam Akibat DBD

Demam berdarah adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh virus yang dibawa nyamuk Aiedes aegypti. Ada berbagai faktor yang menyebabkan munculnya penyakit demam berdarah, salah satunya adalah kurangnya menjaga kebersihan lingkungan sehingga menyebabkan nyamuk jenis ini dapat berkembang biak dengan bebas.

Namun apabila Anda sudah terkena (amit-amit ya Gan) penyakit demam berdarah (DBD), berikut adalah makanan yang dapat menangkal demam yang disebabkan oleh penyakit demam berdarah.

1. Jeruk
Jeruk yang kaya akan vitamin C akan membantu mengembangkan zat antibodi tubuh sehingga mempercepat proses pemulihan. Selain itu jeruk juga akan membantu kesehatan pencernaan pasien DBD.

2. Daun pepaya
Para dokter banyak menyarankan bahwa daun pepaya adalah makanan yang terbaik untuk pasien demam berdarah demi melawan virus demam berdarah yang ada di dalam tubuhnya. Mengkonsumsi daun pepaya adalah salah satu cara alami untuk mengobati penyakit demam berdarah.

3. Bubur
Mengkonsumsi bubur akan membantu mengembalikan kesehatan pasien demam berdarah. Selain mengandung banyak manfaat kesehatan, bubur juga merupakan makanan yang paling mudah untuk dicerna orang yang sedang sakit.

4. Teh herbal
Bagi Anda yang menderita demam berdarah, cara terbaik untuk meredakan demam adalah dengan mengkonsumsi teh herbal. Hal ini karena teh herbal mengandung jahe dan kapulaga.

5. Air kelapa
Pasien DBD akan mudah terkena dehidrasi. Oleh karena itu air kelapa akan mengisi ulang elektrolit dan mineral yang hilang saat tubuh terkena dehidrasi.

6. Jus sayuran
Salah satu makanan terbaik untuk pasien DBD adalah jus sayuran yang terbuat dari campuran wortel, mentimun dan sayuran hijau lainnya. Para ahli menyatakan bahwa jus yang terbuat dari sayuran organik mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk mempercepat proses penyembuhan pasien DBD.

7. Jus buah
Jus buah kaya akan vitamin C. Vitamin C adalah satu-satunya nutrisi yang penting bagi sistem kekebalan tubuh dan juga penting untuk pembentukan hormon adrenal.

8. Susu
Protein, vitamin, dan mineral kompleks yang terdapat di dalam susu akan berguna untuk memerangi virus penyebab DBD.

9. Sup
Sup akan membantu pasien DBD dalam melawan rasa sakit di sendi yang disebabkan oleh virus ini.

10. Jus lemon
Jus lemon berfungsi untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh akibat paparan virus DBD.

Itulah 10 jenis makanan yang efektif untuk menangkal virus penyakit DBD. Mengkonsumsi makanan tersebut disertai dengan istirahat yang cukup, dapat membantu untuk menyembuhkan penyakit DBD.



Merdeka.com

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]