Kamis, 31 Oktober 2013

Manfaat Singkong Untuk Kesehatan

Manfaat Singkong Untuk Kesehatan

Singkong memiliki nama Latin Manihot utilissima. Dikenal juga sebagai ketela pohon atau ubi kayu atau cassava dalam bahasa Inggris, adalah pohon tahunan tropika dan subtropika dari keluarga Euphorbiaceae.

Banyak orang menyukai makan singkong. Dari yang hanya direbus, digoreng, atau digoreng dengan tambahan berbagai rasa, hingga keripik singkong. Di beberapa daerah di Asia, umbinya dikenal sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.

Dalam 100 gram singkong mengandung kalori 154 gram, protein 1 gram, lemak 0,3 gram, karbohidrat 36,8 gram, sementara seratnya sebesar 0,9 gram, dan kandungan airnya mencapai 61,4 gram. Singkong termasuk dalam karbohidrat kompleks, yang dicernanya lebih lambat sehingga dapat membuat kenyang lebih lama. Daun singkong mengandung vitamin A, B1, dan C, kalsium, kalori, fosfor, protein, lemak, hidrat arang, dan zat besi. Sementara kulit batang mengandung tannin, enzim peroksidase, glikosida, dan kalsium oksalat.

Singkong sebenarnya memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan manusia. Beberapa efek dari singkong juga bisa menyembuhkan penyakit.

Reumatik
Untuk menyembuhkan penyakit ini, singkong digunakan sebagai pengobatan dari dalam dan luar. Pada pemakaian luar, gunakan daun singkong 5 lembar ditambah 15 gram jahe. Tumbuk dan oleskan pada tubuh. Untuk pengobatan dari dalam, gunakan 100 gram batang singkong, satu batang serai, garam, jahe 15 gram. Semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air hingga menjadi 400 ml. Kemudian saring dan minum sebanyak 200 ml. Lakukan ini setiap dua hari sekali.

Demam
Untuk mengurangi suhu tubuh, gunakan batang singkong. Rebus 60 gram batang singkong dan 300 gram daun singkong dengan 800 ml air. Biarkan air rebusan menyusut hingga 400 ml, saring, dan minumlah. Untuk hasil maksimal, minum dua kali sehari.

Luka
Singkong juga dapat digunakan untuk mengobati luka yang telah memasuki tahap infeksi. Tumbuk batang singkong yang masih segar, kemudian letakkan pada daerah luka tubuh atau parut singkong dan borehkan pada luka, lalu tutup dengan perban. Untuk luka yang disebabkan oleh benda panas, singkong diparut dan diperas. Pati yang mengendap diborehkan beberapa saat pada luka.

Diare
Untuk mengobati diare atau sakit perut, gunakan daun singkong. Caranya, rebus tujuh lembar daun singkong  dengan 800 ml air, biarkan sampai hanya 400 ml, saring, dan minum.
Sakit kepala. Sakit kepala selalu mengganggu aktivitas. Minum obat sakit kepala terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan. Sebaiknya cobalah cara alami dengan menumbuk daun singkong sampai halus, lalu taruh di kepala sebagai kompres.

Beri-beri
Bagi pecinta sayur daun singkong, mereka akan bebas dari penyakit ini. Namun, penderita beri-beri, harus mengonsumsi 200 gram daun singkong rebus, yang bisa dimakan sebagai lalapan.
Meningkatkan stamina. Untuk meningkatkan stamina, campurkan 100 gram singkong, 5 butir angco, dan air. Untuk menghindari rasa pahit, tambahkan madu.


Kulit Singkong Masih Berguna

Tak ada yang tak bermanfaat di tanaman singkong. Umbinya diolah menjadi aneka makanan sumber karbohidrat. Daunnya bisa disayur atau untuk pakan ternak. Kayunya selain digunakan sebagai bibit, bisa untuk kayu bakar. Nah, kulit singkong yang selama ini tak berguna, bisa dijadikan pakan ternak. Kulit singkong masih mengandung karbohidrat yang tinggi. Bagi yang kreatif, kulit singkong pun bisa naik kelas: disayur atau dijadikan cemilan.

Berikut langkah-langkah mengolah kulit singkong sebagai sayur:
  • Bersihkan kulit dari sisa-sisa tanah.
  • Masukan ke dalam panci lalu rebuslah hingga mendidih dan kulit luarnya mudah untuk dilepas.
  • Raciklah dengan pisau hingga menjadi potongan-potongan seperti mie atau tergantung selera.
  • Setelah empuk angkatlah dan pisahkan kulit luarnya.
  • Masukan bumbu penyedap, seperti bawang, cabai, garam seperti Anda membuat olahan sayur.
  • Rebusan tadi dimasak bersama bumbu yang sudah disiapkan hingga matang.
Sedangkan untuk membuat menjadi cemilan atau keripik kulit singkong, caranya sebagai berikut:
  • Kulit singkong yang telah di kupas kemudian dibersihkan dan dicuci hingga bersih. 
  • Setelah dicuci, kulit singkong di masak hingga berwarna kecokelatan. 
  • Kulit singkong kemudian di cuci kembali, dan direndam dengan air garam dan campuran penyedap rasa. 
  • Merendam kulit singkong biasanya antara dua hingga tiga hari, dengan air rendaman diganti tiap harinya.
  • Setelah bumbu meresap, kulit singkong yang direndam kemudian di keringkan di bawah terik matahari. Butuh dua hari dalam proses pengeringan, sebelum keripik kulit singkong ini digoreng.
  • Keripik kulit singkong yang sudah digoreng, rasanya mirip seperti keripik paru ataupun keripik ubi singkong. 
Selain gurih dan renyah, rasa pahit yang dihasilkan dari getah singkong tidak terasa akibat proses rendaman selama 3 hari.



intisari online

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]