Jumat, 25 Oktober 2013

Rambut Sebagai Indikator Kesehatan Tubuh

Rambut Sebagai Indikator Kesehatan Tubuh

Rambut atau sering disebut bulu adalah organ seperti benang yang tumbuh di kulit hewan dan manusia, terutama mamalia. 
Rambut muncul dari epidermis (kulit luar), walaupun berasal dari folikel rambut yang berada jauh di bawah dermis. Struktur mirip rambut, yang disebut trikoma, juga ditemukan pada tumbuhan.
Rambut kepala adalah rambut yang tumbuh di kepala. Rambut kepala sering disebut juga rambut saja. Rambut kepala adalah salah satu jenis rambut yang sering dipangkas.
Bagi para wanita rambut adalah lambang mahkota. Ini karena wanita sebagian besar berambut panjang.
Sebagian besar dari kita menilai bahwa rambut adalah anggota tubuh yang tidak ada kaitannya dengan kesehatan tubuh. Namun tahukah Anda bahwa rambut dapat menjadi indikator untuk memberitahu kondisi kesehatan tubuh Anda?
Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya;

Rambut kering dan lemas
Apabila rambut Anda kering dan lemas, bisa jadi hal ini bukan disebabkan oleh berbagai macam hair styling yang Anda lakukan. Rambut kering dan lemas dapat menjadi indikator bahwa Anda mengalami hipotiroidisme atau kelenjar tiroid Anda tidak terlalu aktif dalam memproduksi hormon. Hipotiroidisme akan membuat metabolisme Anda melambat, berat badan melonjak, dan kelelahan.

Rambut berketombe
Banyak orang yang berpikiran bahwa ketombe hanyalah masalah kulit kepala biasa dan dapat diobati dengan sampo anti ketombe. Namun Anda patut waspada apabila ketombe Anda bersisik tebal karena ini dapat mengindikasikan bahwa Anda mengalami psoriasis dimana menyerang kekebalan tubuh yang berhubungan dengan kemampuan kulit untuk beregenerasi.

Rambut rontok
Normalnya jumlah rambut rontok dalam sehari adalah sekitar 100 helai. Namun apabila Anda mengalami kerontokan lebih dari 100 , hal ini juga bisa jadi gejala lain dari hipotiroidisme atau tanda dari ketidakseimbangan hormon. Selain ketidakseimbangan hormon, efek samping dari pil KB dan obat antidepresan juga dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Bagaimana menjaga rambut sehat & Mencegah Rambut Rontok 

1. Menjaga kadar gula darah konstan 
Makanlah jumlah yang lebih kecil lebih sering. Makan 3 porsi kecil sampai sedang sehari.
Dengan makanan ringan ukuran yang baik, membantu untuk menjaga kadar gula darah konstan. Hal ini memberikan tubuh Anda energi bahan bakar yang dibutuhkan untuk berfungsi secara efektif dan regenerasi jaringan dan sel. 

2. Protein  yang Cukup
Inti dari rambut sehat adalah dibuat dari serat protein sehingga Anda harus memberikan tubuh protein yang cukup. Makan protein yang berkualitas 2 atau 3 kali sehari dan ingat bahwa protein ini bukan hanya daging. Sedangkan daging adalah sumber protein yang baik, terlalu banyak dapat juga berdampak negatif pada rambut sehat tubuh Anda. Makan kualitas terbaik, setidaknya daging olahan Anda dapat (memilih kualitas daripada kuantitas) dan idealnya makan daging merah hanya 3 atau 4 kali seminggu. Sumber protein termasuk kacang-kacangan, telur, kacang-kacangan, lentil, biji, ayam, ikan, seafood, kalkun, spirulina, quinoa, daging rusa dan daging sapi. Sebagian besar sumber protein juga mengandung zat besi yang meningkatkan aliran darah ke kulit kepala Anda mempromosikan pertumbuhan rambut sehat. 

3. Mengkonsumsi Vitamin B 
Asupan yang baik dari vitamin B adalah penting untuk rambut sehat, retensi rambut (yaitu mencegah rambut rontok) dan warna rambut yang baik (yaitu mencegah beruban). Ada hal-hal tertentu yang tubuh Anda menguras vitamin B jadi ini sebaiknya dihindari atau dikonsumsi di moderasi termasuk: nikotin, gula, produk tepung putih, alkohol dan kafein. vitamin B yang ditemukan dalam makanan yang tidak diolah secara keseluruhan seperti daging, ikan tuna, hati, biji-bijian, kentang, pisang, lentil, kacang, sayuran berdaun hijau, ragi bir dan molase. 

4. Think Zinc 
Kekurangan zinc dapat menyebabkan kulit kepala Anda menjadi kering dan bersisik. Kekurangan Zinc juga menyebabkan folikel rambut sehat menjadi lemah menyebabkan helai rambut patah atau rontok. Sumber Zinc antara lain daging merah, biji labu, tiram, kuning telur, gandum, gandum, biji wijen, kacang, beras merah, buah ara, buncis, kecambah alfalfa, peterseli, jahe dan selada air. Makanan dari sumber hewan (daging merah, tiram dll) berisi sejauh ini berisi sumber tertinggi dan paling tersedia hayati dari Zinc. Pria yang aktif secara seksual membutuhkan jumlah yang lebih besar dari Zinc karena banyak yang hilang melalui ejakulasi air mani. 

5. Dapatkan Lemak Baik 
Konsumsi omega 3 asam lemak esensial dan minyak sehat seperti minyak kelapa dan wijen, zaitun membantu untuk melumasi rambut sehat Anda membuat lembut dan halus. Omega 3 dapat ditemukan di: * Ikan berminyak seperti salmon, sarden dan tuna * Hijauan, daging sapi, dan ayam biji chia *, biji rami, hempseeds, biji labu dan kenari. 

Rambut Rontok 
Salah satu masalah rambut sehat terbesar terkait untuk laki-laki adalah rambut rontok atau kebotakan. Faktor-faktor yang menyebabkan rambut rontok antara lain kekurangan zat besi, kekurangan vitamin B, stres, sakit, latar belakang keluarga dan usia. Setelah berumur tiga puluh pertumbuhan kembali rambut sehat untuk laki-laki dan perempuan mulai melambat. kebotakan herediter lebih sering terjadi pada pria dibandingkan perempuan karena terkait dengan tingkat testosteron. Hal ini disebabkan bukan oleh karena rambut lebih banyak rontok, tetapi dengan sedikit rambut tumbuh untuk menggantikannya. Meskipun Anda tidak dapat mengubah gen anda, ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan vitalitas dalam tubuh Anda dan memperlambat jam biologis Anda. Mengelola stres secara efektif adalah keterampilan yang dipelajari dan berjalan jauh untuk meningkatkan kesehatan umum Anda serta mempertahankan pertumbuhan kembali rambut sehat. Berikan tubuh Anda diet gizi tinggi membantu mencegah penyakit dan menyediakan tubuh Anda dengan asupan gizi yang dibutuhkan untuk menjaga memproduksi jaringan rambut sehat baru dan sel-sel untuk rambut sehat. Selain ini, salah satu hal terbaik dan termudah yang dapat Anda lakukan untuk membantu mencegah hilangnya rambut adalah pijat kulit kepala Anda. Hal ini meningkatkan aliran darah yang membawa nutrisi ke akar rambut sehat dan membantu menghilangkan penyumbatan pori-pori di kulit kepala Anda. Hal ini juga bagus untuk menghilangkan stres. 

Ternyata rambut dapat menjadi indikator terbaru Anda dalam memantau kesehatan tubuh Anda. Oleh karena itu perhatikanlah kesehatan rambut Anda agar Anda dapat mendeteksi secara dini penyakit yang berpotensi menyerang Anda.



dari berbagai sumber

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]