Jumat, 08 November 2013

Bahaya Tidur Dengan Menyalakan Kipas Angin

Bahaya Tidur Dengan Menyalakan Kipas Angin

Kipas angin dipergunakan untuk menghasilkan angin. Fungsi yang umum adalah untuk pendingin udara, penyegar udara, ventilasi (exhaust fan), pengering (umumnya memakai komponen penghasil panas). Kipas angin juga ditemukan di mesin penyedot debu dan berbagai ornamen untuk dekorasi ruangan.

Indonesia hanya mengenal 2 musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau, tidak seperti di beberapa bagian dunia lain yang dapat menikmati musim semi dan musim dingin.
Saat musim kemarau, biasanya orang-orang akan menggunakan kipas angin saat beraktivitas, bahkan karena saking panasnya cuaca yang tidak tertahankan lagi, kita sampai menggunakan kipas angin saat tidur.
Nah bagi anda yang sering menggunakan kipas angin berhati-hatilah karena ternyata menggunakan kipas angin saat tidur sangat berbahaya.
Apa saja bahayanya? Berikut ulasannya Gan;

1. kekurangan Oksigen
jika anda tertidur dengan posisi kipas angin mengarah ke wajah langsung dapat menyebabkan anda kekurangan oksigen dan kesulitan bernafas.
dampak yang ditimbulkan bisa lebih parah bila anda tidur didalam ruangan tertutup dengan ventilasi yang buruk. hal ini menyebabkan udara tidak segar terperangkap di ruangan tempat anda tidur

2. Penurunan suhu tubuh secara drastis
saat kita sedang tidur maka secara otomatis tubuh akan mengalami penurunan suhu tubuh, namun bila kita tidur menggunakan kipas angin maka suhu tubuh akan berkurang secara drastis.
selain itu, tekanan darah dan sistem pernafasan akan terganggu. akibatnya bisa fatal pada jantung dan paru-paru yang merupakan organ yang penting bagi kehidupan manusia.

3. kekurangan air dan hipotermia
jika tubuh kita terkena kipas angin atau AC dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kita mengalami kekurangan air dan hipotermia.

4. Menyebabkan kematian
ketika tidur menggunakan kipas angin pada ruangan yang buruk ventilasinya dapat menyebabkan kematian, sebab akan terjadi peningkatan kejenuhan konsentrasi karbon dioksida dan penurunan konsentrasi oksigen.

Sulit memang untuk tidak menggunakan kipas angin pada keadaan panas, namun bila anda harus menggunakan kipas angin saat tidur sebaiknya anda menghadapkan kipas angin ke arah yang lain, jangan langsung ke wajah. atau bukalah pintu kamar anda agar ventilasi udara berjalan dengan baik.



islamedia

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]