Sabtu, 30 November 2013

Keahlian Yang Harus Dikuasai Dalam Dunia Kerja

Keahlian Yang Harus Dikuasai Dalam Dunia Kerja

Memiliki gelar sarjana saja kini tidak cukup untuk membuat Anda mendapatkan pekerjaan impian Anda. Semakin banyaknya pesaing menuntut Anda untuk terus memperbarui wawasan dan menambah keahlian diri. 
Agar lembaran riwayat hidup Anda nampak 'berbeda' dan cemerlang di antara milik pelamar kerja lainnya di mata calon perusahaan impian Anda, kuasai 6 keahlian berikut ini.

1. Kode HTML
Di zaman yang serba digital ini, kemampuan membuat kode HTML tentu akan memberi nilai plus bagi Anda yang ingin menjadi pegawai di perusahaan-perusahaan besar. Dengan mengetahui ilmu dasar pembuatan website ini akan membuat Anda lebih diperhitungkan karena cukup sulit untuk dikuasai secara matang.

2. Photoshop
Program komputer yang satu ini bukan hanya diperlukan oleh para fotografer. Anda yang bukan dan tidak bercita-cita menjadi fotografer pun perlu untuk menguasai program untuk mengedit gambar ini. Banyak pekerjaan di luar sana yang membutuhkan kemampuan grafis yang simpel, dan Photoshop bisa jadi penolong Anda.

3. InDesign
Mirip dengan Photoshop, program InDesign bisa Anda manfaatkan untuk membuat poster, flyer, atau katalog mini yang bisa digunakan oleh perusahaan Anda. Meskipun program ini tidak sepopuler Photoshop, kegunaannya yang lebih spesifik dapat membantu Anda dalam presentasi rapat.

4. Excel
Pasti sudah banyak orang awam yang bisa mengoperasikan sistem operasi Windows buatan Microsoft. Namun, sebagian besar dari mereka lebih sering menggunakan Word dalam pekerjaannya. Jarang ada orang yang benar-benar menguasai program Excel kecuali orang yang bekerja di bidan finansial atau IT. Nah, jika Anda bisa menguasainya, tentu ini akan menjadi nilai tambah bagi Anda.

5. Public speaking
Jika seseorang memiliki kemampuan berbicara di depan khalayak ramai dengan baik, perusahaan tentu tidak akan meragukan lagi tingkat kepercayaan diri orang tersebut. Tidak jarang seseorang yang memiliki kinerja bagus namun tidak memiliki kemampuan menjadi pembicara yang bagus harus mengalami masa stagnan dalam karirnya.

6. Riset dan statistik
Pernah mendengar tentang program komputer SPSS? Sebagai masyarakat modern yang tidak gagap teknologi, Anda setidaknya harus mengerti cara kerja program ini. SPSS digunakan orang-orang dalam menyusun data survei atau penelitian dengan lebih mudah dan rapi. Dengan menggunakan program ini, Anda tinggal memasukkan data-data kerja saja dan dalam sekejap Anda sudah bisa mendapatkan tabel rata-rata, modus, nilai tengah, atau bahkan diagram prosentase secara otomatis.

Bagusnya, kemampuan-kemampuan di atas bukan hanya berguna untuk Anda yang ingin menjadi pegawai, tetapi juga bagi Anda yang ingin menjadi wiraswastawan sukses. 


Merdeka.com

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]