Senin, 27 Oktober 2014

Kesalahan Dalam Membersihkan Wajah

Kesalahan Dalam Membersihkan Wajah (Cuci muka)

Mencuci muka dapat membuat wajah lebih bersih dan segar. Namun ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat mencuci muka, sehingga berakibat cukup buruk bagi kulit wajah. Apa saja kesalahan yang biasanya dilakukan saat seseorang cuci muka? 
Berikut ulasannya Gan;

Terlalu sering
Walau mencuci muka baik, namun bila dilakukan terlalu sering juga berakibat tak baik. Wajah bisa kehilangan pelembab alaminya dan berubah menjadi kering. Apalagi bila Anda menggunakan produk sabun wajah setiap kali mencuci muka. Cukup 1-2 kali saja agar kulit tetap sehat.

Sabun wajah yang salah 
Pilihlah sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah. Produk yang baik biasanya tak banyak mengandung parfum, dan seminimal mungkin bahan kimia.

Suhu air
Ada mitos yang mengatakan bahwa suhu air yang dingin akan membuat pori kulit wajah menutup, dan air hangat akan membuka pori kulit. Padahal pori kulit tak punya otot untuk membuka dan menutup. Suhu terbaik air untuk mencuci muka adalah hangat, sebab kotoran berupa minyak sebum akan mudah hilang.

Handuk kasar 
Mengeringkan wajah dengan handuk kasar, apalagi menggosok dengan kasar pula, bisa merusak kulit. Cukup tepuk-tepuk wajah dengan handuk lembut bila hendak mengeringkannya.

Kurang bersih
Sisa make up yang tidak bersih akan bertumpuk di kulit wajah, dan membuat pori kulit tersumbat. Jadi, bila hendak membersihkan wajah dengan mencuci muka, usahakan untuk melakukannya secara sempurna.

Menghindari menggunakan minyak 
Melakukan pemijatan wajah dengan minyak zaitun atau minyak kelapa murni biasanya dihindari. Padahal kedua jenis minyak itu baik untuk kelembaban wajah dan membantu proses pemijatan. Tak apa memakai jenis minyak tersebut, asal setelahnya Anda membersihkan wajah secara sempurna.

penyebab-masalah-penampilan di wajah
Saat bercermin, mungkin Anda mendapati adanya masalah pada wajah. Misalnya jerawat atau lingkaran hitam di mata. Semua itu ada penyebabnya. Dan, berikut ini beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab adanya masalah pada wajah:

Jerawat di dahi 
Ini ada hubungannya dengan sistem pencernaan dan ruang di antara alis yang terhubung dengan liver. Saat banyak mengkonsumsi makanan berminyak atau minum alkohol, membuat efeknya langsung ke area dahi.

Bintik-bintik di pipi 
Kemungkinan penyebabnya adalah sprei yang kotor atau ketidakseimbangan hormon. Bisa pula kemungkinan ada masalah pada paru-paru. Jika bintik tersebut terjadi terus menerus mungkin ada masalah pada pernapasan Anda.

Lingkaran hitam pada mata
Area mata yang menghitam ada beberapa penyebab. Di antaranya adalah masalah pada ginjal atau faktor genetik. Jika penyebabnya dari ginjal, mungkin Anda kurang cairan sehingga mengalami dehidrasi dan racun menumpuk. Dan, lingkaran hitam dapat disebabkan pula oleh anemia.

Warna lidah tampak merah dan sakit 
Penyebabnya adalah kekurangan zat besi atau vitamin B12. Namun, kalau warna lidah agak biru, mungkin terjadi kekurangan oksigen dalam darah. Kalau ada lesi putih tandanya mengalami sariawan.

Rambut tumbuh berlebihan
Masalah ini mungkin dipicu gangguan endokrin. Bisa pula menjadi gejala sindrom ovarium polikistik. Periksakan diri Anda ke dokter ahli.



dari berbagai sumber

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]