Selasa, 07 Januari 2014

Cara untuk menjaga kesehatan retina mata

Cara untuk menjaga kesehatan retina mata


Mata adalah salah satu organ penting pada tubuh yang merupakan salah satu dari lima indera manusia. Mata memiliki sistem saraf yang cukup kompleks dan salah satu bagiannya yang terpenting adalah retina.
Ketika retina rusak, kemampuan melihat seseorang tentunya akan terganggu. Retina juga menjadi target dari penyakit-penyakit seperti diabetic retinopathy atau degenerasi makula. Untuk memastikan agar retina tetap sehat, ada baiknya untuk melakukan beberapa cara berikut ini, seperti dilansir oleh Mag for Woman.

1. Lakukan olahraga mata
Olahraga mata adalah salah satu cara untuk menguatkan mata. Karena mata juga memiliki otot seperti organ tubuh lainnya, maka berolahraga juga penting untuk menjaga kesehatan mata. Anda bisa mengunjungi dokter mata dan meminta saran mengenai olahraga mata yang sebaiknya dilakukan untuk menguatkan retina.


2. Hindari stres
Seperti juga bagian tubuh yang lain, mata Anda juga butuh beristirahat. Mata juga terpengaruh oleh stres, masalah mental, atau tekanan fisik. Untuk itu sangat penting merasa rileks dan mengurangi stres untuk menjaga kesehatan mata. Jangan suka begadang dan tidurlah yang cukup untuk mengistirahatkan mata.


3. Menjaga mata
Mata dan retina juga membutuhkan perawatan dan perlindungan. Gunakan kacamata pelindung jika diperlukan, misalkan ketika Anda bekerja dengan benda yang bisa merusak mata atau di lingkungan yang berdebu. Gunakan kacamata ketika menggunakan komputer, atau pasang anti-glare pada monitor komputer. Jangan membuat mata terlalu capek dan sering-sering mengistirahatkan mata setelah dipakai bekerja.


4. Berhenti merokok
Merokok tak hanya membahayakan paru-paru dan jantung, melainkan juga mempengaruhi kesehatan mata. Nikotin dalam rokok bisa menghambat sirkulasi darah ke retina dan merusak pembuluh darah di sekitar mata. Selain itu, merokok akan menurunkan jumlah antioksidan dalam darah Anda yang pada gilirannya akan menurunkan kesehatan mata.


5. Perhatikan pola makan
Sama seperti menjaga kesehatan tubuh, untuk menjaga kesehatan mata, Anda juga harus memperhatikan pola makan. Penuhi nutrisi dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dan mata. Untuk kesehatan mata yang optimal, konsumsi vitamin A, C, E, antioksidan, dan beberapa jenis mineral lainnya termasuk ikan, buah-buahan, dan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan lainnya.

Lakukan lima hal di atas untuk menjaga kesehatan mata. Mata tak bisa dilindungi dengan cara instan, namun harus dijaga kesehatannya secara terus-menerus. Selamat mencoba!


Merdeka.com

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]