Selasa, 21 Januari 2014

Seputar Polusi Suara



Seputar Polusi Suara
 

Polusi suara atau pencemaran suara adalah gangguan pada lingkungan yang diakibatkan oleh bunyi atau suara yang mengakibatkan ketidaktentraman makhluk hidup di sekitarnya.
Pencemaran suara diakibatkan suara-suara bervolume tinggi yang membuat daerah sekitarnya menjadi bising dan tidak menyenangkan.
Penilaian terhadap suara yang muncul sebagai polusi atau tidak merupakan sesuatu yang subjektif. Kerusakan yang diakibatkan pencemaran suara bersifat setempat, tidak seperti polusi udara maupun polusi air.


Polusi suara berupa suara bising merupakan hal yang dapat dengan mudah Anda temui saat ini. Mulai dari suara klakson kendaraan saat macet hingga suara musik yang keras saat Anda sedang mengunjungi pusat perbelanjaan, kafe, atau konser musik.
Jika polusi suara ini terus-menerus Anda dengarkan, maka akan ada banyak masalah kesehatan yang menanti.

Inilah efek buruk dari suara bising bagi kesehatan Anda;
 
Sakit kepala
Suara melengking dan keras adalah salah satu pemicu terburuk sakit kepala dan migrain. Sebab suara tersebut akan membuat otak Anda seperti tidak dapat 'bernapas'.


Menurunnya kemampuan mendengar
Mendengarkan musik yang keras terutama dengan menggunakan headphone untuk waktu yang lama dapat merusak gendang telinga. Akibatnya hal ini mampu menyebabkan kemampuan mendengar Anda akan menurun.


Serangan jantung
Terkadang suara yang keras mampu menyebabkan gangguan kesehatan yang fatal bagi penderita penyakit jantung. Suara ini mampu mempengaruhi kesehatan echocardiogram Anda dan menyebabkan serangan jantung.


Meningkatkan stres
Ada banyak hal yang dapat menyebabkan seseorang menderita stres. Salah satunya adalah suara yang keras. Stres ini kemudian akan menyebabkan hipertensi dan merusak kesehatan setiap bagian tubuh Anda.


Sulit berkonsentrasi
Sebuah penelitian kesehatan menunjukkan bahwa kemampuan Anda untuk berkonsentrasi akan berkurang sebesar 8% ketika Anda mendengarkan suara yang keras. Bayangkan apabila hal ini berlangsung semakin lama, maka tentu saja Anda akan mengalami penurunan produktivitas.


Pertumbuhan psikologis anak lambat
Pertumbuhan psikologis buah hati Anda dapat menurun apabila mereka sering mendengarkan suara yang bising secara terus-menerus. Selain itu, daya konsentrasi mereka juga akan menjadi lemah.


Terlalu sering terpapar polusi suara ternyata dapat memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan. Oleh karena itu hindari hal tersebut dan apabila Anda senang mendengarkan musik yang keras menggunakan headphone, kurangi kebiasaan tersebut.

Pengukuran Polusi Udara
Sound level meter
Pengukuran tingkat polusi suara dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu cara sederhana dan cara langsung. Cara sederhana dilakukan dengan sebuah sound level meter biasa diukur tingkat tekanan bunyi dB(A) selama 10 (sepuluh) menit untuk tiap pengukuran. Pembacaan dilakukan setiap lima detik. Cara langsung dilakukan dengan sebuah integrating sound level meter yang mempunyai fasilitas pengukuran LTM5, yaitu Leq dengan waktu ukur setiap 5 detik, dilakukan pengukuran selama 10 (sepuluh) menit.
Secara langsung, polusi suara seperti ini dapat menyebabkan ketulian secara fisik dan tekanan psikologis.

Lebih jauh, tekanan psikis akan menyebabkan penyakit-penyakit lainnya muncul pada manusia.


dari berbagai sumber
 

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]