Selasa, 04 Februari 2014

Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Mendidik Anak



Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Mendidik Anak
 
Setiap orangtua pastinya selalu ingin memberikan sesuatu yang terbaik bagi putra-putrinya. Tetapi kadang berlebihan, sehingga sesuatu yang menurut anggapan kita baik, ternyata menjadi tidak baik terhadap perkembangan anak.
Berikut ada beberapa hal yang perlu perhatikan dalam mendidik anak,
  1. Selalu berikan pengawasan, terutama ketika anak banyak bergaul di lingkungan luar keluarga. Bila anak Anda sekolah dan terpaksa kost, kunjungilah secara berkala. Jangan biarkan anak Anda berkelana sendirian, ia butuh perhatian Anda.
  2. Bereaksilah secara proporsional. Jangan terlalu berlebihan menanggapi sesuatu yang terjadi pada anak. dengarkan terlebih dahulu apa yang dirasakan/dialami anak baru setelah itu mengambil tindakan yang diperlukan.
  3. Jika anak berbuat kesalahan, biarkan anak belajar dari kesalahan itu sehingga tidak terjadi lagi kesalahan yang sama. Tentunya hal ini diterapkan pada hal-hal yang tidak membahayakan anak dan masih dalam pengawasan kita.
  4. Hilangkan sifat egois. Banyak ibu-ibu lebih suka menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk make-up dan perawatan dirinya, dibanding satu jam bersama anak.
  5. Hindari bertengkar di hadapan anak.
  6. Tegaslah. Merengek adalah salah satu senjata ampuh bagi anak untuk mendapatkan apa yang ia inginkan. Orangtua harus tegas dan berwibawa di hadapan anak, dan hal itu harus dilakukan secara konsisten.
  7. Lakukan dengan hati. Lakukan saja sesuai dengan kata hati Anda dan biarkan mengalir tanpa mengabaikan nasihat-nasihat dari orang-orang terdekat jika memang dirasa relevan.
  8. Tidak semua hal harus diukur dengan materi. Memanjakan anak dengan mainan dan liburan yang mewah memang tidak ada salahnya. Tapi yang seharusnya disadar, anak lebih membutuhkan quality time bersama orangtuanya. Si kecil cenderung ingin didengarkan dibanding diberi sesuatu lalu disuruh diam.
  9. Usahakan bersikap adil. Beberapa orangtua kadang membela anak apapun yang terjadi, entah anak dalam posisi yang benar atau salah. Mereka akan hilang persepsi dan cenderung terpola untuk bersikap berat sebelah.


intisari online

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]