Jumat, 17 Oktober 2014

Sungai-Sungai Terpanjang di Indonesia

 

Sungai-Sungai Terpanjang di Indonesia

Sungai adalah aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara).
Ada juga sungai yang terletak di bawah tanah, disebut sebagai "underground river". Misalnya sungai bawah tanah di Gua Hang Soon Dong di Vietnam, sungai bawah tanah di Yucatan (Meksiko), sungai bawah tanah di Gua Pindul (Filipina).
Pada beberapa kasus, sebuah sungai secara sederhana mengalir meresap ke dalam tanah sebelum menemukan badan air lainnya. Melalui sungai merupakan cara yang biasa bagi air hujan yang turun di daratan untuk mengalir ke laut atau tampungan air yang besar seperti danau. Sungai terdiri dari beberapa bagian, bermula dari mata air yang mengalir ke anak sungai. Beberapa anak sungai akan bergabung untuk membentuk sungai utama. Aliran air biasanya berbatasan dengan saluran dengan dasar dan tebing di sebelah kiri dan kanan. Pengujung sungai di mana sungai bertemu laut dikenali sebagai muara sungai.
Sungai merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Air dalam sungai umumnya terkumpul dari presipitasi, seperti hujan, embun, mata air, limpasan bawah tanah, dan di beberapa negara tertentu juga berasal dari lelehan es/salju. Selain air, sungai juga mengalirkan sedimen dan polutan.
Kemanfaatan terbesar sebuah sungai adalah untuk irigasi pertanian, bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah, bahkan sebenarnya potensial untuk dijadikan objek wisata sungai.


Di Indonesia saat ini terdapat 5.950 daerah aliran sungai (DAS)
Sungai-sungai manakah yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia? Berikut ulasannya (kita hitung mundur ya Gan)
 
7. Bengawan Solo
Sungai Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang yang ada di Pulau Jawa. Panjang sungai ini mencapai 548 km. Hulu sungai ini berada di daerah Pegunungan Kidul, Wonogiri (Jawa tengah) dan bermuara di Gresik (Jawa Timur). Adapun daerah yg dilewati sungai ini mulai dari Wonogiri, Pacitan, Sukoharjo, Klaten, Surakarta, Sragen, Ngawi, Blora, Magetan, Madiun, Bojonegoro, Tuban, Lamongan dan akhirnya Gresik.

6. Mamberamo
Sungai Mamberamo merupakan sungai terpanjang di Papua, dengan total sepanjang 670 km. Sungai ini ada di Kabupaten Sarmi. Sungai ini punya potensi listrik bertenaga air terbesar di Indonesia dan bio etanol yg melimpah ruah. Kondisi geologinya juga sarat akan bahan galian seperti emas, tembaga, bauksit dan nikel. Jadi nggak heran kalo sungai ini disebut-sebut sebagai AMAZON-nya Indonesia.
 
5. Musi
Sungai Musi disebut juga sebagai Batanghari Sembilan, yang artinya Sembilan Sungai Besar. Panjang sungai ini mencapai 750 km dan membelah Provinsi Sumatera Selatan dari arah timur ke barat termasuk membelah kota Palembang. Kalau jembatan yang membelah Sungai Musi ini namanya Jembatan Ampera. Jembatan ini panjangnya lebih dari 1 km dan lebar kurang lebih 22 m. Diresmikan oleh presiden RI yang pertama dan bahkan menjadi jembatan terbesar pada masa itu.
 
4. Batanghari
Sungai Batanghari merupakan sungai terpanjang di pulau Sumatera dengan total panjang mencapai 800 km.
Mata airnya berasal dari Gunung Rasan (2585 m), dan yang menjadi hulu dari Batang Hari ini adalah sampai kepada Danau Diatas, yang sekarang masuk kepada wilayah Kabupaten Solok, provinsi Sumatera Barat, dan mengalir ke selatan sampai ke daerah Sungai Pagu, sebelum berbelok ke arah timur. Aliran dari sungai ini melalui beberapa daerah yang ada di provinsi Sumatera Barat dan provinsi Jambi, seperti Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Bungo, Kabupaten Tebo, Kabupaten Batang Hari, Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, sebelum lepas ke perairan timur sumatera dekat Muara Sabak.
Sungai yang ada di Provinsi Jambi ini sebenarnya mempunyai potensi untuk dijadikan sebagai “river cruise” alias pesiar sungai, karena pemandangan disekitar sungai Batanghari ini sangat indah.
 
3. Barito
Sungai Barito merupakan sungai terpanjang ketiga di Indonesia dengan total panjang 900 km.
Sungai ini ada di Provinsi Kalimatan Selatan. Satu hal yang unik dari sungai ini adalah kegiatan pasar terapung. Jadi transaksi antara penjual dan pembeli terjadi di atas perahu-perahu kecil.
Nama Barito diambil berdasarkan nama Tanah Barito (dahulu Onder Afdeeling Barito) yang berada di hulu termasuk wilayah provinsi Kalimantan Tengah, tetapi sering dipakai untuk menamakan seluruh daerah aliran sungai ini hingga ke muaranya pada Laut Jawa di Kalimantan Selatan yang dinamakan Muara Banjar/Kuala Banjar.
Dalam Hikayat Banjar, sungai Barito disebut juga Sungai Banjar (Banjar river) dan ada juga yang menyebutnya Sungai Cina (China river) karena banyaknya aktivitas pedagang Tionghoa di sungai ini pada zaman dahulu.

 
2. Mahakam
Mahakam merupakan nama sebuah sungai terbesar di provinsi Kalimantan Timur yang bermuara di Selat Makassar. Sungai dengan panjang sekitar 920 km ini melintasi wilayah Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu, hingga Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda di bagian hilir. Di sungai hidup spesies mamalia ikan air tawar yang terancam punah, yakni Pesut Mahakam.
Sungai Mahakam sejak dulu hingga saat ini memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat di sekitarnya sebagai sumber air, potensi perikanan maupun sebagai prasarana transportasi.



1. Kapuas
Dan sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Kapuas. Sungai yg ada di Provinsi Kalimantan Barat ini mempunyai total panjang 1.178 km. Sungai yang juga dikenal dengan nama Sungai Batang Lawai ini merupakan urat nadi kehidupan masyarakat terutama masyarakat Dayak dan Melayu yang tinggal di sepanjang aliran sungai ini.

 
 dari berbagai sumber

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]