Kamis, 22 Agustus 2013

Mengenal Mimisan Beserta Bahayanya

Mengenal Mimisan Beserta Bahayanya

Mimisan dalam bidang medis disebut dengan epistaxis. Beberapa ahli terkadang juga menyebutnya sebagai pendarahan hidung. Sebenarnya mimisan merupakan kondisi yang bisa terjadi pada siapa saja karena hidung memang memiliki banyak pembuluh darah.
Selain itu, sebenarnya ada banyak sekali hal yang bisa menyebabkan mimisan. Mulai dari sesuatu yang sepele sampai indikasi penyakit yang mematikan. 
Berikut enam penyebab mimisan;

1. Alergi
Akibat respon alergi pada setiap orang yang berbeda-beda, jaringan pada hidung biasanya akan membengkak. Sehingga pembengkakan tersebut memicu mimisan.
Lantas bagaimana cara mengatasinya? 
Penderita wajib menghindari hal-hal yang yang bisa memicu alergi pada dirinya. Beberapa obat atau vaksin terkadang juga dianjurkan untuk mengatasi kasus alergi yang cukup parah.

2. Iklim
Beberapa orang bisa mimisan akibat kondisi udara atau iklim di sekitarnya, terutama jika iklim begitu kering.
Kekeringan membuat hidung mengalami iritasi. Sehingga ketika menghirup udara, seseorang akan mengalami pendarahan pada hidungnya atau mimisan.

3. Mengupil
Tujuan mengupil pada dasarnya adalah membersihkan sisa udara kotor dan bakteri yang tersaring oleh bulu-bulu hidung. Akan tetapi jika mengupil terlalu keras atau menggunakan benda runcing dan tajam, hidung berisiko mengalami pendarahan.
Biasanya, anak-anak paling sering mimisan akibat kebiasaan mengupil ini. Untuk mencegahnya, orang tua perlu mengoleskan minyak zaitun atau minyak kelapa agar anak tidak terlalu keras ketika mengupil.

4. Infeksi sinus/sinusitis
Jika darah mimisan berwarna gelap dan menyebarkan bau tidak sedap, bisa jadi seseorang tersebut menderita infeksi sinus. Sehingga pemeriksaan lebih lanjut sangat diperlukan.
Infeksi sinus memang bisa membuat hidung jadi mimisan. Jadi mengobati sinus sama dengan mengatasi masalah mimisan juga.

5. Tumor
Jika pria dewasa kerap mimisan, bisa jadi mereka terkena juvenile angiofibroma atau tumor pembuluh darah. Pemeriksaan khusus dan operasi perlu dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.
Sementara itu, ibu hamil yang mimisan biasanya disebabkan oleh perubahan fisiologis di saluran pernapasan, terutama jika ibu hamil memiliki tekanan darah yang cukup tinggi.

6. Hipertensi
Penyebab mimisan yang berikutnya adalah karena hipertensi atau tekanan darah tinggi. Biasanya para lansia lebih sering ditemukan mimisan akibat hal ini.
cara mengontrol mimisan pada lansia adalah menekan hidung dan bernapas melalui hidung. Jika mimisan semakin sering terjadi, penderita sangat dianjurkan untuk menghubungi ahli medis.

Mimisan pada orang dewasa ternyata berbahaya
Ketika kecil, perubahan suhu yang drastis biasanya membuat kita sering mimisan dan dianggap sebagai kondisi yang normal. Namun jika sampai beranjak dewasa Anda tetap sering mimisan, para ahli menyarankan agar Anda tidak menyepelekannya.
Mimisan pada orang dewasa bisa disebabkan oleh kondisi yang lebih serius atau bahkan efek samping dari pengobatan.
Mimisan sendiri terjadi dalam ujung bawah hidung di septum rendah. Septum merupakan dinding semi kaku yang memisahkan dua saluran hidung yang mengandung pembuluh darah. Pembuluh darah tersebut berada di dekat permukaan yang membuatnya rentan terhadap cedera.

Tips Ketika mimisan 
  • Jika Anda mimisan, sebaiknya duduk dengan tegak dan cubit hidung selama 10 menit untuk menahan aliran darah. Anda juga bisa mengompres hidung agar mimisan segera mereda.
  • Setelah mimisan berhenti, jangan menarik atau membuang napas terlalu kencang atau hidung akan berdarah lagi. Lantas apa sebenarnya yang membuat mimisan berarti kondisi berbahaya bagi tubuh?
  • Beberapa mimisan sebenarnya berasal dari pembuluh besar pada bagian belakang hidung. Jika manula yang mimisan, mereka mungkin menderita tekanan darah tinggi, konsumsi aspirin harian, atau gangguan darah yang lain.
  • Jika mimisan berlanjut selama sebulan dan sekali hidung berdarah bisa sampai 10-20 menit, sebaiknya Anda pun segera menghubungi dokter.
  • Selain itu, apabila metode mencubit hidung tidak membuat mimisan berhenti, bisa jadi darah berasal dari tenggorokan yang artinya ada masalah di sana. Jadi jangan sepelekan kondisi yang satu ini.
Penyebab mimisan pada orang dewasa
Fraktur nasal
Fraktur nasal terjadi ketika trauma fisik pada hidung menyebabkan kerusakan tulang rawan di hidung. Fraktur nasal biasanya terjadi sebagai akibat dari cedera selama berolahraga, jatuh atau kecelakaan. Segera setelah kecelakaan, rasa nyeri akan menjalari hidung Anda. Kemudian hidung mulai berdarah, dan Anda akan menjadi sulit bernapas. Bagian dalam dan luar hidung kemudian membengkak, dan muncul memar di bawah dan di sekitar mata.
Baca selengkapnya disini

Septum menyimpang
Septum hidung adalah dinding tipis yang memisahkan rongga hidung menjadi dua bagian. Dalam kasus ideal, septum hidung membagi saluran hidung menjadi dua ruang yang sama. Mereka dengan septum menyimpang memiliki septum hidung yang miring ke satu sisi hidung, yang membuat salah satu bagian hidung yang lebih kecil dari yang lain. Septum menyimpang bisa muncul pada saat kelahiran atau mungkin akan berkembang di kemudian hari sebagai akibat dari cedera hidung. Gejala septum menyimpang meliputi mimisan, kesulitan bernapas, hidung tersumbat, infeksi sinus berulang dan bunyi tarikan napas yang bising saat tidur. 

Penyakit von Willebrand 
Darah mengandung protein yang disebut faktor koagulasi yang memungkinkan darah untuk membeku untuk menghentikan pendarahan. Jika salah satu dari protein ini hilang, darah tidak bisa menggumpal dengan benar, yang mengakibatkan pendarahan berlebihan atau abnormal. Penyakit von Willebrand adalah penyakit keturunan di mana faktor von Willebrand hilang dari darah. Hal ini menyebabkan perdarahan dari menstruasi, gusi, dan luka memar, ruam kulit dan mimisan jadi tidak normal dan cenderung berlebihan. Sebagian besar kasus penyakit von Willebrand adalah ringan dan dapat dikontrol dengan obat-obatan. Beberapa kasus mungkin memerlukan suntikan reguler plasma darah yang mengandung faktor von Willebrand. 
Apa itu penyakit von Willebrand?
Baca ulasannya disini


Inilah beberapa hal yang dapat menyebabkan mimisan pada orang dewasa. Meski terdengar tidak membahayakan, bukan berarti mimisan tidak berbahaya sama sekali. Anda tetap harus waspada terhadap kondisi tersebut.



Merdeka.com

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]