Rabu, 23 Januari 2013

Perusahaan-Perusahaan Global Terbesar Di Dunia

Perusahaan-Perusahaan Global Terbesar Di Dunia

Perusahaan global adalah unit bisnis yang memiliki kantor pusat di banyak negara lain dengan sistem pengambilan keputusan desentralisasi. Sistem partisipasi bisnis global digunakan karena sudah semakin pudar dan hilangnya batasan-batasan pasar suatu negara dengan negara lainnya (globalisasi). Biasanya perusahaan global memiliki ciri distribusi sudah ekspor, memiliki unit produksi di luar negara asal dan melakukan aliansi dengan perusahaan asing.
Berikut perusahaan-perusahaan global terbesar di dunia berdasarkan dari sisi profit atau laba, pendapatan, aset & market.

 ExxonMobil
Perusahaan Exxon Mobil atau ExxonMobil, bermarkas di Texas, adalah sebuah perusahaan penghasil dan pengecer minyak yang dibentuk pada 30 November 1999 melalui penggabungan Exxon dan Mobil. ExxonMobil adalah induk perusahaan Exxon, Mobil dan Esso di seluruh dunia.
ExxonMobil merupakan perusahaan terbuka yang terbesar di dunia. Keuntungan operasinya pernah menembus angka sebesar US$41,1 miliar (sebuah rekor untuk perusahaan diperdagangan publik), sedikit lebih kecil dari PDB Azerbaijan, sedangkan pendapatannya yang sebesar US$433.5 miliar lebih besar dari PDB Arab Saudi. ExxonMobil berkantor pusat di Irving, Texas.
Bersama dengan Shell, BP dan Total, Exxon Mobil merupakan empat perusahaan minyak terbesar di dunia.



Apple Inc
Apple, Inc. (sebelumnya bernama Apple Computer, Inc.) adalah sebuah perusahaan yang terletak di daerah Silicon Valley, Cupertino, California, yang bergerak dalam bidang teknologi komputer. Apple membantu bermulanya revolusi komputer pribadi pada tahun 1970-an dengan produknya Apple II dan memajukannya sejak tahun 1980-an hingga sekarang dengan Macintosh. Apple terkenal akan perangkat keras ciptaannya, seperti iMac, Macbook, perangkat pemutar lagu iPod, dan telepon genggam iPhone. Beberapa perangkat lunak ciptaanya pun mampu bersaing di bidang kreatif seperti penyunting video Final Cut Pro, penyunting suara Logic Pro dan pemutar lagu iTunes yang sekaligus berfungsi sebagai toko lagu online. Pendapatan Apple saat ini melonjak setelah suksesnya produk iPhone 5 & membukukan laba sebesar US$24 miliar, dengan pendapatan sebesar US$165 miliar.



JPMorgan Chase


JPMorgan Chase & Co adalah perusahaan global terkemuka yang bergerak diidang jasa keuangan yang beroperasi di lebih dari 60 negara. Perusahaan ini merupakan pemimpin dalam hal perbankan investasi, jasa keuangan bagi konsumen, usaha kecil dan perbankan komersial, pemrosesan transaksi keuangan, manajemen aset dan ekuitas swasta. 
Sebuah komponen dari Dow Jones Industrial Average, JPMorgan Chase & Co melayani jutaan konsumen di Amerika Serikat dan banyak perusahaan/industri, lembaga dan bahkan pemerintahan yang terkemuka di dunia menjadi klien JP Morgan Chase.
Spesialisasi perusahaan ini adalah sebagai Investment Bank, Jasa Keuangan Ritel, Kartu Layanan & Auto, Commercial Banking, Treasury & Securities Services, Manajemen Aset.
Perusahaan Amerika ini membukukan laba sebesar US$19 miliar dengan pendapatan perusahaan sebesar US$110,8 miliar.


General Electric 
General Electric Company, atau GE, NYSE: GE adalah sebuah perusahaan multinasional asal Amerika yang bergerak dibidang teknologi dan jasa & bermarkas di New York. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1890 oleh Thomas Edison. Berdasarkan kapitalisasi pasar, GE Company adalah perusahaan terbesar ke-tiga di dunia, dan ke-dua pada Peringkat Brand.
Pada 1960-an, keganjilan dalam hukum pajak AS dan kelakuan akunting membuat pembentukan konglomerat menjadi umum. GE, yang merupakan sebuah konglomerat jauh sebelum istilah ini muncul, adalah salah satu dari sedikit perusahaan yang berhasil mencapai kesuksesan besar dengan organisasi cara ini. Profit atau laba perusahaan ini mencapai US$14.2 miliar dengan pendapatan sebesar US$147.3 miliar.


Royal Dutch Shell

Royal Dutch Shell plc adalah sebuah perusahaan energi utama, salah satu dari peringkat 4 teratas perusahaan swasta minyak dan gas di dunia (bersama dengan ExxonMobil, BP dan Total. Shell juga memiliki bisnis petrokimia yang cukup besar yaitu Shell Chemicals dan sektor energi terbaharui yang mengembangkan tenaga angin dan surya. Markas besar perusahaan ini berada di Den Haag. Perusahaan ini mempunyai pendapatan sebesar US$470,2 miliar dengan laba sebesar US$30,9 miliar.




ICBC
Industrial and Commercial Bank of China Ltd. (ICBC) adalah bank terbesar dalam jenis bank komersial & merupakan empat besar di Republik Rakyat Cina (tiga lainnya adalah Bank of China, Bank Pertanian Cina, dan China Construction Bank). Bank ini didirikan sebagai perusahaan terbatas pada tanggal 1 Januari 1984. Pada tahun 2009 saja, ICBC memiliki aset RMB 11 triliun (US$1,6 miliar), dengan lebih dari 18.000 outlet termasuk 106 kantor cabang dan agen dalam luar negeri. Profit perusahaan ini mencapai US$82,6 miliar.


HSBC Holding
HSBC Holdings PLC, adalah salah satu grup perbankan terbesar di dunia. HSBC bermarkas di London, dengan kantor pusat di Menara HSBC, London, sebuah bagian dari pengembangan Canary Wharf di London Docklands. Anggota pendirinya adalah The Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited, sebuah bank yang dibentuk oleh orang Skotlandia - Thomas Sutherland - untuk membiayai perdagangan di Timur Jauh di 1865.
Pada 2005, bank ini merupakan perusahaan terbesar keempat dalam segi aset. Ia melaporkan jumlah pemasukan dalam dolar AS sekitar 70% berasal dari luar Britania. Nyaris 40% berasal dari operasinya di Hong Kong. Sebelum pindah markasnya ke London pada awal 1990-an, ia bermarkas di Hong Kong. HSBC merupakan bank terbesar di Hong Kong, dan kedua terbesar di dunia setelah Citigroup.
Di Indonesia, HSBC mulai hadir di Jakarta pada tahun 1884, sehingga merupakan salah satu bank asing tertua di Indonesia.

PetroChina
PetroChina Company Limited didirikan pada tahun 1998 sebagai bagian dari restrukturisasi CNPC.  memproduksi dan mendistribusikan minyak dan gas di Republik Rakyat Tiongkok. Beroperasi dalam empat segmen : eksplorasi dan produksi , penyulingan dan kimia , pemasaran , gas alam. 
Dengan pendapatan sebesar US$ 220,1 miliar, perusahaan ini berhasil membukukan profit sebesar US$ 21,1 miliar.

Samsung
Samsung Group  merupakan salah satu perusahaan elektronik terbesar dunia. Didirikan oleh Lee Byung-chull pada 1 Maret 1938 di Daegu, Korea, perusahaan ini beroperasi di 58 negara dan memiliki lebih dari 208.000 pekerja. Pada 2003 pendapatannya adalah US$101,7 miliar.

Sekarang ini, Samsung beroperasi di 6 bidang bisnis, yaitu telekomunikasi (telepon genggam dan jaringan), Peralatan Rumah Tangga Digital (termasuk mesin cuci, oven gelombang mikro, kulkas, pemutar VHS dan DVD, dll), media digital, LCD, semikonduktor, dan kendaraan bermotor (Termasuk alat berat).
Samsung adalah salah satu konglomerat (chaebol) Korea Selatan terbesar yang bermulai sebagai perusahaan ekspor pada 1938 dan dengan cepat berkembang ke bidang lainnya.
Menurut pendiri Samsung Group, arti dari kata hanja bahasa Korea Samsung adalah "tiga bintang". "Tiga" menggambarkan hal yang "besar, banyak, dan berkuasa", dan "bintang" berarti keabadian.
Anak perusahaan
Samsung Electronics Co., Ltd.
Samsung Motors Co.,Ltd (Renault Samsung Motors yang bekerja sama dengan Renault)
Samsung Bank Co.,Ltd
Samsung Insurance Co.,Ltd
Samsung Heavy Industries Co.,Ltd

Samsung memperoleh laba sekitar US$ 18,3 miliar dengan jumlah pendapatan sebesar US$ 247,5 miliar


Petrobras
Petrobras (singkatan dari Petróleo Brasileiro S.A.) adalah perusahaan minyak asal Brasil yang didirikan pada tahun 1953. Petrobras merupakan perusahaan terbuka yang tercatat di Bursa Saham New York dan sekitar 30% sahamnya masih dimiliki pemerintah Brasil. Petrobras  memiliki aset dan usaha di hampir 20 negara di seluruh dunia. Oleh Financial Times, Petrobras dinyatakan sebagai salah satu dari perusahaan global terbesar di dunia.
Perusahaan yang memiliki pendapatan sebesar US$ 180 miliar ini memiliki laba bersih sebesar US$20,1 miliar.




Wikipedia & beberapa sumber lainnya

10 Komentar:

  1. Helpful info. Fortunate me I discovered your web site by
    chance, and I am stunned why this accident did not came
    about earlier! I bookmarked it.

    Also visit my blog post how to get your ex back fast

    BalasHapus
  2. I constantly emailed this webpage post page to all my contacts,
    since if like to read it after that my friends will
    too.

    Feel free to surf to my web site - how to cure a cold sore

    BalasHapus
  3. Aw, this was an extremely good post. Finding the time and actual effort
    to generate a superb article… but what can I say… I procrastinate a lot and never manage to get nearly anything done.


    Also visit my site - cold sore cure

    BalasHapus
  4. I like the valuable info you supply on your articles.
    I'll bookmark your weblog and take a look at once more here regularly. I am fairly sure I'll learn a lot of new stuff proper
    right here! Good luck for the next!

    Look at my blog post how to get your ex girlfriend back

    BalasHapus
  5. Hey! Do you know if they make any plugins to safeguard against hackers?
    I'm kinda paranoid about losing everything I've worked hard on.
    Any tips?

    Also visit my website women looking for men

    BalasHapus
  6. Useful info. Fortunate me I found your site unintentionally, and I'm surprised why this accident did not happened earlier! I bookmarked it.

    Take a look at my web-site ... rentals

    BalasHapus
  7. Thanks a bunch for sharing this with all of us you actually understand what you are
    speaking about! Bookmarked. Kindly also visit my site =).
    We can have a hyperlink alternate arrangement among us

    Also visit my blog ... cellulite revitol

    BalasHapus
  8. Howdy just wanted to give you a quick heads up.
    The words in your content seem to be running off
    the screen in Safari. I'm not sure if this is a format issue or something to do with internet browser compatibility but I figured I'd post
    to let you know. The design and style look great though!
    Hope you get the problem fixed soon. Cheers

    Feel free to surf to my page :: http://swsuperman.com

    BalasHapus
  9. I think what you posted made a bunch of sense. However, what
    about this? what if you typed a catchier title?

    I am not suggesting your information isn't solid., however what if you added something that makes people want more? I mean "Perusahaan-Perusahaan Global Terbesar Di Dunia" is kinda boring. You might look at Yahoo's front
    page and watch how they create news headlines to get viewers
    to click. You might add a video or a related picture or two to grab people interested about everything've written. In my opinion, it might make your posts a little bit more interesting.

    Here is my web-site :: http://ebook-music-software.com/

    BalasHapus
  10. Spot on with this write-up, I honestly believe that this
    amazing site needs much more attention. I'll probably be back again to see more, thanks for the information!

    Stop by my weblog https://tregmine.info/wiki/index.php?title=User:Harry6164

    BalasHapus