Selasa, 22 Januari 2013

Tanda-Tanda Seorang Atasan Tidak Menyukai Agan

Tanda-Tanda Seorang Atasan Tidak Menyukai Agan

Artikel Seputar Dunia Kerja
Di Dukung Oleh:

Agan mungkin merasa diacuhkan olah atasan Agan, semua terlihat jelas di depan mata. Tapi jika Agan khawatir kalau si Bos benar-benar mengacuhkan Agan, cobalah mengecek beberapa tanda di bawah ini.
Berikut 6 tanda kalau seorang atasan tidak lagi menyukai bawahannya:

1. Si Bos Ogah Menatap Mata Agan
Jika atasan tidak pernah membuat kontak mata saat berbicara dengan Agan selama rapat atau saat berpapasan, bisa jadi dia merasa sebal melihat wajah Agan atau ia mempertimbangkan untuk menyingkirkan Agan. Jika ini yang terjadi, mungkin saatnya bagi Agan untuk menyebar lamaran ke perusahaan yang lain.

2. Si Bos Tidak pernah Menyertakan Agan

Apakah Agan hanya disertakan dalam beberapa rapat biasa atau tidak diajak dalam beberapa rapat penting, bahkan tidak diajak sama sekali? Atau Agan menjadi yang terakhir mendengar kabar atau perubahan yang berpengaruh terhadap Agan?
Atau seringkah Agan tidak diikut sertakan dalam pekerjaan tim?

Jika demikian, mungkin Agan mengganggu dia dalam beberapa hal. Jika Agan berpikir, mungkin atasan tidak sengaja lupa mengundang Agan, jalanlah ke ruang rapat dan pastikan ia melihat dan memanggil Agan untuk bergabung. Tapi jika dia tidak meminta Agan bergabung, sangat pasti ia tidak menginginkan Agan bergabung dalam rapat itu.
Atau cobalah bertanya tentang tim yang dibentuk oleh atasan Agan untuk suatu tugas/pekerjaan, jika si Bos menghindar atau tidak menjawab sama sekali, berarti si Bos tidak menginginkan Agan.

3. Si Bos mengajak semua orang makan siang kecuali Agan
Ingatkah masa-masa emas saat Agan dan atasan pergi makan siang bersama? Tapi jika sejak 6 bulan terakhir ia memilih mengajak orang lain makan siang ketimbang Agan, mungkin saatnya bagi Agan untuk mulai waspada dengan yang terjadi.

4. Si Bos Tak Memberikan Agan Penilaian
Atasan tidak lagi tertarik dengan Agan jika ia tidak memberikan masukan terhadap pekerjaan sehari-hari Agan. Jika rapat mingguan atau bulanan yang membahas masalah pekerjaan atau kemajuan karier ditiadakan, pertanyakan kembali apakah atasan masih memiliki ketertarikan terhadap Agan.

5. Si Bos Mendemotivasi Agan
Jika atasan menyukai Agan, tidak peduli seberapa buruknya performa Agan, ia tidak akan mendemotivasi Agan. Sebaliknya, ia akan membimbing Agan & memotivasi Agan. Tetapi jika ia tidak menyukai Agan, ia tidak akan membuang-buang waktu untuk melakukan itu. Dan berhati-hatilah dengan demotivasi diam-diam.

Itu adalah saat atasan membebaskan banyak tanggung jawab Agan tanpa pemberitahuan atau kejadiaan tertentu. Jika ini terjadi, kelihatan kalau ia hanya mempertahankan Agan sampai ia menemukan orang lain yang lebih baik.

6. Si Bos Menyebutkan Kegagalan Agan
Jika atasan mengatakan seperti, "Agan tidak mencapai yang diharapkan" atau "Performa Agan jelek", maka ia tidak senang dengan Agan. Kenyataanya ia akan membiarkan Agan tahu kalau dalam waktu yang tidak diketahui, jika keadaan tidak berubah, ia akan memecat Agan. Jika Anda menemukan diri Agan berada dalam situasi ini, apakah Agan akan mengubah cara kerja atau mulai mencari pekerjaan baru.





Sumber: Tempo.co

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]