Senin, 27 Mei 2013

Pembersih Alami Dari Dapur Anda (Bagian I)

Pembersih Alami Dari Dapur Anda 
(Bagian I)

Bersih-bersih rumah ternyata tidak hanya menggunakan bahan bahan kimia yang tentunya berbahaya, apalagi jika anak anak suka ikut membantu, Cobalah dengan cara alami, tanpa menggunakan bahan-bahan kimia. Semua bahan-bahan yang digunakan ternyata bisa didapat di dapur kita,
Apa saja bahan bahan yang bisa kita gunakan untuk bersih bersih rumah?
Berikut ulasannya;

Saus tomat untuk membersihkan oven
Tomat memang banyak manfaat Gan, selain untuk kesehatan tomat juga bisa digunakan untuk membersihkan noda yang membandel.
Jika noda membandel terbakar di oven, kecilkan oven hingga suhu rendah. Lalu, taruh saus tomat pada noda, gosok, dan diamkan selama lima menit. Kita juga bisa menggunakan saus tomat untuk mengembalikan vas tembaga dengan mengoleskan saus tomat tipis-tipis, lalu cuci, dan keringkan.

Alumunium foil untuk membersihkan perak
Untuk perak yang ternoda cocok untuk “resep” alumunium foil ini lho. 
Ambil 1 liter air, 1 sdm baking soda dan satu potongan alumunium foil, lalu didihkan. Masukkan benda perak dalam panci selama 10 detik (lebih lama jika ada tambahan noda), kemudian keluarkan dengan penjepit. Lihat sendiri hasilnya! Kita juga dapat membuat bola-bola dari alumunium foil untuk menggosokkan panci alumunium.

Soda alami membersihkan sampah
Jika pembuangan sampah pada tempat cucian piring tersumbat, tuangkan soda dalam suhu kamar. Tunggu sampai berhenti mendesis, lalu bilas dengan air panas. Asam fosfat dalam soda dapat menghapus sampah yang menempel. Kita juga bisa menggunakan air soda tersebut untuk membersihkan kaca depan mobil.

Kulit jeruk membersihkan tempat air
Lain kali saat mengupas jeruk, jangan buang kulitnya. Kulit jeruk dapat menghilangkan bintik-bintik air di kran logam, dan membuatnya bersinar kembali. Kita juga bisa membuat peralatan kayu yang kusam menjadi cerah seperti semula dengan sisi putih kulit jeruk. Minyak jeruk menjadi cat alami. Kulit jeruk juga bisa menghalau serangga.

Pasta gigi membersihkan dinding 
Dinding kotor? Oleskan pasta gigi non-gel di tempat yang kotor lalu seka dengan kain atau sikat, kemudian bilas dengan air. Pasta gigi juga dapat dipakai sebagai deodoran alami terhadap bau asam. Cobalah menggosok bagian dalam botol bayi yang berbau dengan pasta gigi, kemudian bilas secara menyeluruh.

Lemon membersihkan kulkas
Lemon memang sangat banyak manfaatnya, selain digunakan untuk kecantikan, lemon juga bisa kita manfaatkan untuk melakukan bersih bersih rumah kita.
Gunakan bola kapas atau spons, masukkan dalam air jeruk lemon, diamkan beberapa jam di dalam kulkas untuk menetralisir bau. Atau meja marmer bernoda? Belah jeruk lemon menjadi dua, celupkan ke dalam garam dan gosok ke meja marmer untuk menghilangkan noda. Kita juga bisa menyemprotkan air jeruk lemon untuk mengusir serangga, seperti di ambang pintu atau kusen jendela. Mencuci lantai dengan air jeruk lemon dan ½ galon air dapat menghalangi kecoak dan kutu, yang membenci bau.

Bersambung ke Bagian II



Sumber: Intisari online

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]