Selasa, 19 Juni 2012

Mengukur Kerusakan Yang Ditimbulkan Oleh Tornado

Mengukur Kerusakan Yang Ditimbulkan Oleh Tornado



Tornado adalah kolom udara yang berputar kencang yang membentuk hubungan antara awan cumulonimbus atau dalam kejadian langka dari dasar awan cumulus dengan permukaan tanah. Tornado muncul dalam banyak ukuran namun umumnya berbentuk corong kondensasi yang terlihat jelas yang ujungnya yang menyentuh bumi menyempit dan sering dikelilingi oleh awan yang membawa puing-puing.
Umumnya tornado memiliki kecepatan angin 177 km/jam atau lebih dengan rata-rata jangkauan 75 m dan menempuh beberapa kilometer sebelum menghilang. Beberapa tornado yang mencapai kecepatan angin lebih dari 300-480 km/jam memiliki lebar lebih dari satu mil (1.6 km) dan dapat bertahan di permukaan dengan lebih dari 100 km.
Meskipun tornado telah diamati di tiap benua kecuali Antartika, tornado lebih sering terjadi di Amerika Serikat. Tornado juga umumnya terjadi di Kanada bagian selatan, selatan-tengah dan timur Asia, timur-tengah Amerika Latin, Afrika Selatan, barat laut dan tengah Eropa, Italia, barat dan selatan Australia, dan Selandia Baru.

Bagaimana cara mengukur kerusakan yang ditimbulakan akibat serangan Tornado?

Menjawab perkara ini maka digunakan suatu skala yang disebut dengan skala Fujita, tepatnya Fujita-Pearson. Skala ini menilai intensitas tornado, berdasarkan kerusakan pada struktur bangunan buatan manusia & vegetasi.
Skala Fujita dibuat oleh seorang ahli meteorologi bernama T.Theodore Fujita setelah mensurvey kerusakan yang ditimbulkan oleh Tornado.
Pola sikloidal Tornado, jejak radar,pernyataan para saksi mata yang melihat Tornado saat kejadian angin Tornado itu terjadi kemudian rekaman fotogrametri atau videogrametri.
Ada 13 tingkatan skala Fujita (f0 - f12).
Skala f0 menunjukan tidak ada kerusakan atau hanya menimbulkan sedikit saja kerusakan.
Skala f2 - f5 biasanya tornado tersebut sudah menimbulkan kerusakan yang fatal, sedangkan skala f6 & selebihnya menimbulkan kerusakan total..

Topan Katrina adalah salah satu Tornado dengan efek paling merusak di bumi, namun hal itu belum apa-apa jika dibandingkan dengan tornado di sistem tata surya kita.
Di planet Jupiter misalnya, ukuran Tornado bisa mencapai 3X lipat di banding dengan Tornado di bumi & kekuatannya 60X lebih besar dari Katrina yang selama ini kita kenal & kita lihat.
Di planet Neptunus kecepatan Tornado bisa mencapai 3200 km/jam, sekali lagi 10X lipat lebih cepat dibanding dengan Katrina.

Pengen lebih mengenal lebih jauh tentang Tornado? Sahabat bisa membacanya disini: kamus meteorology



0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]