Minggu, 29 April 2018

Ingin Mudah Berbahasa Asing?Ikuti Langkah-langkah Ini






Zaman sekarang ini, kemampuan berbahasa sudah menjadi kebutuhan utama. Apalagi bagi sekolah-sekolah yang bertarap internasional. Orang-orang asing sudah banyak berdatangan ke negara kita. Baik itu dari India, Arab, Amerika dan lainnya. Jadi, mau tidak mau, mempelajari bahasa asing sudah barang tentu menjadi suatu hal yang mesti dilakukan.
Di sekolah, selama bertahun-tahun mempelajari bahasa asing khususnya bahasa Inggris, namun tetap saja kesulitan ketika mempraktekkannya. Terutama dalam segi berkomunikasi. Mungkin, ini juga penyebab dari ketidakseriusan dalam memelajari bahasa. Karena kebanyakan orang beranggapan bahwa mempelajari bahasa itu cukup sulit.
Namun, tidak demikian dengan Ali Basya. Panglima perang Diponegoro ini memiliki langkah-langkah khusus cara mudah berkomunikasi dalam berbagai bahasa. Baik itu bahasa Arab, Inggris, Cina, India, dan lain-lain. Berikut langkah-langkahnya:

1. Banyak berlatih
Jika ingin berkomunikasi menggunakan bahasa asing, maka kita harus banyak berlatih. Dengan begitu akan terlatih dan terbiasa dengan bahasa yang ingin dikuasai. Secara tidak langsung kata demi kata, kalimat demi kalimat akan mudah terekam dalam benak kita. Sehingga, kita sudah tidak bingung lagi dengan bahasa, karena sudah mengetahui lafal dan maknanya.

2. Berani mengungkapkan perasaan atau ide kepada orang lain
Tumbuhkan keberanian untuk mencoba mengungkapkan sesuatu dengan menggunakan bahasa yang sedang dipelajari, merupakan hal yang mempermudah kita dalam berkomunikasi dengan bahasa asing. Jangan takut bahwa yang dikatakan itu salah. Yang penting kita sudah berani untuk mencoba.
Misalnya, ketika kita bertemu dengan orang asing, maka tumbuhkanlah rasa keberanian Anda untuk sekedar menyapa atau berkomunikasi lebih lanjut dengannya. Jangan pikirkan peraturan dalam berbahasa, yang penting kita sudah mengetahui ketika akan mengungkapkan A berarti bahasanya B. Misal, pagi, berarti morning.
Memang banyak materi yang menjelaskan bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan benar dalam penggunaan bahasa. Namun, berhubung Anda masih belajar, maka jangan ragu dengan pengetahuan yang Anda miliki. Yang penting Anda sudah berani mengungkapkan atau mempraktekannya. Masalah benar atau salah, akan Anda ketahui ketika Anda sudah mulai menyadarinya. Dengan begitu, ketika Anda mencobanya kembali, Anda akan memperbaiki perkataan Anda.

3. Jangan permainkan bahasa
Ketika Anda sudah menyukai salah satu bahasa, maka perdalam bahasa itu, asah terus dan berlatihlah selalu. Jangan sekali-kali Anda bermain-main dengan bahasa. Maksudnya, Anda mencampuradukkan bahasa hanya sebagai bahan mainan, bukan untuk suatu pembelajaran. Tidak masalah jika kita sedang belajar lalu tidak sengaja mengeluarkan bahasa Indonesia. Tapi, yang salah adalah ketika Anda mulai tidak serius dalam mempelajari bahasa itu.
Itulah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk dapat berkomunikasi dengan bahasa asing. Ingatlah, kita tidak akan pernah bisa jika tidak mau mengenal dan tidak berani untuk mencoba. Dan kita akan salah jika bahasa hanya dijadikan permainan.



Islampos

 

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]