Sabtu, 14 Juli 2012

Kota Mode Indonesia

Bandung Pusat Mode Indonesia

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) mengeluhkan akhir-akhir ini ada tren penurunan belanja konsumen di pusat-pusat belanja (mal) di Jakarta.
pengunjung mal-mal di Jakarta  berkurang akhir-akhir ini. Masyarakat diketahui lebih memilih berbelanja di luar negeri atau berbelanja ke Bandung.
Kalau waktu liburan , warga Jakarta dan sekitarnya pada lari ke Bandung. Menghabiskan uang hanya untuk belanja.
Terjadi pergeseran belanja orang-orang Jakarta termasuk asing ke Kota Bandung sebagai destinasi baru untuk berbelanja.
Semenjak dibukanya Tol Cipularang dan adanya rute penerbangan Kuala Lumpur-Bandung dan Singapura-Bandung terjadi perubahan besar dalam bisnis distro, factory outlet (FO) dan perkembangan mal dua tahun terakhir di Bandung. 
Daftar Sebagian Factory Outlet di Bandung,  klik disini!!!

Memang Bandung selalu menciptakan sesuatu yang baru. Distro, FO, mal menjadi daya tarik pariwisata, di Indonesia clothing distro awalnya dari Bandung.
Saat ini clothing distro di Bandung jumlahnya sudah mencapai ratusan, misalnya di satu kawasan seperti Sultan Agung dan Trunojoyo saja jumlahnya sudah sangat banyak. Saat ini banyak para pelaku distro di daerah di luar Bandung merasa iri dengan perkembangan pesat Bandung.
Di Bandung apa saja populer, termasuk kuliner, mode busana, tempat wisata, musik dll
Konsumen yang belanja distro di Bandung untuk konsumen domestik rata-rata dari Jakarta dan sekitarnya. Sementara dari orang asing paling banyak dari Singapura dan Malaysia.

Mengapa Bandung menjadi incaran para pelancong Malaysia dan Singapura ?
Bandung is well known for their Factory Outlets where almost every woman will go crazy there.
Itu salah satu komentar warga negara tetangga setelah jalan-jalan di kota Bandung untuk berburu fashion... 
Selain menawarkan produk murah dan berkualitas. Produk-produk pakaian yang ditawarkan distro di Bandung memiliki nilai kreativitas yang tinggi.
Clothing di Malaysia jauh tertinggal dari orang Indonesia, kalau ada desain clothing dari Singapura pasti bikinnya di Bandung juga.
Selain itu Para pelancong Malaysia dan Singapura ini juga bukan hanya tertarik dengan belanja pakaian di Bandung yang murah dan bagus. Namun Bandung juga menawarkan harga-harga kuliner yang murah dan menarik.


Mau Tau Promosi Bandung di Blog negara tetangga?  disini

Yang menarik lagi & membanggakan Indonesia adalah, bahwa ternyata Bandung juga dikenal sebagai produsen pakaian-pakaian ber merk kelas dunia.

Ada puluhan merek pakaian kelas dunia yang diproduksi di Bandung, Jawa Barat. Namun kenyataanya banyak masyarakat yang masih awam soal kenyataan ini.
Pabrik pakaian jadi (garmen) di Bandung memproduksi pakaian bermerek antara lain Hugo Boss, Giorgio Armani, Guess, dan masih banyak lainnya. Bahkan sudah banyak produk Bandung ini merambah ke pasar Hollywood, Amerika Serikat, dan negara maju lainnya.

(baca juga: Hal-Hal yang menarik dari Kota Bandung)

Rata-rata produk garmen  itu sudah go international, khusus garmen sampai puluhan merek. Dibuatnya di Bandung, ada yang subkontrak, ada yang terima order langsung dari pemegang merek.
Fenomena ini sudah berlangsung lama, hingga Bandung dipercaya banyak pemegang merek dunia sebagai basis produksi mereka. Namun untuk mendapat kepercayaan itu tak mudah, pemegang merek akan mempelajari kompetensi dan tahapan-tahapan lainnya. Sayangnya  tak banyak publik yang tahu soal prestasi ini.
Itulah keawaman masyarakat kita, merek-merek itu semua dibikin di sini, seperti yang ada di mal-mal, itu banyak dibuat di sini (Bandung). Bisa saja orang kita yang belanja pakaian impor di luar negeri, ternyata buatan Bandung.
Meski demikian, para pemegang merek pakaian kelas dunia ini tak seluruhnya memproduksi pakaiannya di Bandung. Mereka juga memproduksi pakaian sejenis di negara-negara lain seperti Thailand.
Terlalu berisiko kalau satu negara.

Lihat Video "Bandung Creative City" Disini

kualitas yang baik, dan harga yang bersaing menjadi alasan utama pakaian made in Indonesia diminati para pemegang merek.
Ekspor ke Amerika cukup besar, hampir US$ 6 miliar, dan itu naik terus. Kualitas produk Bandung memang bagus, jahitannya lebih rapi, harganya miring. Baju / produk banyak diminati orang sana, mungkin termasuk artisnya juga, hehehe

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi pernah mengatakan produk-produk Indonesia sejatinya memiliki kualitas terbaik. Sepatu para atlet dunia, baju-baju artis Hollywood, film animasi sampai arsitektur bangunan di dunia sebagian besar dibuat oleh orang-orang Indonesia.

Produk-produk Indonesia banyak dipakai para atlet dunia, baju artis Hollywood, Film Hollywood, animasi sampai arsitektur bangunan di dunia itu sebagian dibuat oleh orang Indonesia, produk-produk asli Indonesia, tapi banyak yang tidak tahu, karena kurangnya promosi dan kurangnya gerakan serta kemauan pemuda-pemudi Indonesia mempromosikan produk asli Indonesia.

Ayo Cintai Produk kita sendiri, masih banyak produk-produk bangsa Indonesia yang tidak kalah dengan negara lain, bahkan produk kita lebih unggul & menjadi produk Dunia/Internasional.






3 Komentar:

  1. yup, bandung emang surganye belanje

    BalasHapus
  2. betull sekalii,,,
    koleksi baju pilihan Gan
    http://rozaens.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Bandung is the best.
    creative people always there

    BalasHapus