Senin, 29 Juli 2013

Kota Keren Yang Tersembunyi di Bawah Tanah

Kota Keren Yang Tersembunyi di Bawah Tanah

kota bawah tanah di Turki
Zaman dahulu sebuah pemukiman tidak hanya ada di atas permukaan tanah. Tapi juga dibangun di bawah tanah dengan berbagai tujuan tertentu. Misalnya untuk benteng perlindungan, ruang perlindungan dari cuaca dan masih banyak tujuan lainnya.

Tak hanya itu, ada pula yang mengatakan jika banyak masyarakat yang memiliki kehidupan di bawah tanah. Sampai sekarang masih ada lokasi bawah tanah yang dijadikan pemukiman. 
Berikut sepuluh lokasi bawah tanah yang sangat keren;

1. Kota Dewa, Piramida Giza
Kota di bawah Piramida Giza disebut juga sebagai Kota Dewa (City of the Gods). Diyakini terdapat komplek terowongan dan ruangan bawah tanah yang dipercaya masih ada hingga sekarang. Pada tahun 1978, para peneliti mulai mencari komplek rahasia tersebut. Sampai saat ini Kota Dewa masih menjadi misteri.

2. Wieliczka Salt Mine, Polandia
Tambang garam ini terletak di selatan Polandia. Dibangun pada abad ketiga belas. Tambang itu digunakan oleh Jerman untuk membangun amunisi selama Perang Dunia II. Bangunan ini terdiri dari danau bawah tanah dan dikunjungi lebih dari satu juta wisatawan per tahun.

3. Coober Pedy, Australia
Kota ini adalah rumah bagi lebih dari 1600 orang. Coober Pedy dibangun di negara bagian yang dikenal sebagai daerah paling kering di Australia. Kota tersebut didirikan pada tahun 1915. Rumah-rumah di sini disebut 'dugouts' yang dibangun untuk melawan panas yang tak tertahankan di permukaan.

4. Beijing Underground City
Kota bawah tanah ini juga dikenal sebagai Dixia Cheng. Dibangun selama perang dingin untuk bertahan hidup dari ancaman serangan nuklir. Jumlah pintu masuk terowongan ini mencapai lebih dari 90 pintu masuk dari daerah yang berbeda-beda. Beijing Underground City mulai dibuka pada wisatawan pada tahun 2000.

5. Setenil, Spanyol
Kota ini memiliki daya tarik yang luar biasa. Sekilas seperti kota yang telah ditabrak oleh meteor besar. Kota unik ini dihuni sekitar 3.000 orang yang tinggal di bawah bongkahan batu. Banyak masyarakat yang tinggal di sana karena gua alam Setenil dapat menjadi tempat tinggal ideal yang menahan suhu panas di musim panas dan suhu dingin saat cuaca dingin.

6. Moose Jaw, Kanada
Moose Jaw Saskatchewan terletak di Saskatchewan, Kanada dan menjadi daya tarik wisata sepanjang tahun. Terowongan yang digali oleh pekerja China untuk memungkinkan para insinyur uap akses mudah untuk boiler pada malam-malam musim dingin sebagai tempat ini sangat dingin. Ada banyak mural diukir di terowongan.

7. Portland, Oregon
Tempat ini juga disebut Terowongan Shanghai. Terowongan itu sangat terkenal di Portland. Letaknya persis di bawah Chinatown. Adanya terowongan bawah tanah raksasa yang sering digunakan mengangkut barang ini, membuat Portland menjadi tempat terburuk di sepanjang pesisir pantai barat Amerika. Tempat tersebut juga dicurigai menjadi aktivitas ilegal seperti prostitusi.

8. Kish, Iran
Kota bawah tanah ini tidak memiliki nama. Beberapa orang menyebut kota ini misterius Kariz tapi paling sering disebut kota bawah tanah Kish oleh wisatawan. Kota yang sudah ada sejak 2.500 tahun lalu ini digunakan sebagai sistem pengelolaan air tapi sekarang telah direnovasi untuk mengubahnya menjadi tujuan wisata.

9. Cappadocia, Turki
Kota bawah tanah yang ada di Turki ini terdiri tujuh tingkat dan dihuni lebih dari 20.000 penduduk. Cappadocia merupakan kota bawah tanah terbesar di Turki. Kota yang akrab disebut Derinkuyu ini di dalamnya terdapat toko, gereja dan sekolah seperti pemukiman pada umumnya.

10. Burlington, Inggris
Kota ini dibangun pada 1950-an, untuk mengakomodasi pejabat selama perang nuklir pemerintah Inggris. Tempat itu merupakan alternatif terakhir perlindungan jika terjadi sesuatu, misalnya Inggris dibumihanguskan musuh. Kota tersebut bisa menampung lebih dari 4.000 orang. Kota rahasia Burlington dioperasikan sampai tahun 1991 ketika Perang Dingin berakhir.

sumber: Listverse

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]