Kamis, 17 Oktober 2013

Makanan Pahit Yang Menyehatkan Bagi Tubuh

Makanan Pahit Yang Menyehatkan Bagi Tubuh

Banyak orang kurang suka dengan makanan dengan cita rasa pahit. Padahal makanan pahit ternyata mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh. 
Berikut berbagai makanan pahit yang menyehatkan bagi tubuh;

Pare
Peria atau pare (genus: momordica) adalah tumbuhan merambat yang berasal dari wilayah Asia Tropis, terutama daerah India bagian barat, yaitu Assam dan Burma. 
Pare merupakan anggota suku labu-labuan atau Cucurbitaceae yang biasa dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai sayuran maupun bahan pengobatan. 
Nama Momordica yang melekat pada nama binomialnya berarti "gigitan" yang menunjukkan pemerian tepi daunnya yang bergerigi menyerupai bekas gigitan.
Pare terkenal sebagai makanan pahit yang ternyata ampuh membantu penyembuhan penderita diabetes. Beberapa masalah kesehatan seperti sembelit, gangguan pernapasan, dan kolera juga bisa diredakan dengan mengkonsumsi pare.

Daun pepaya
Selain buahnya yang dimakan secara langsung atau disajikan sebagai koktail, Pepaya dimanfaatkan pula daunnya sebagai sayuran dan pelunak daging. Daun pepaya muda dimakan sebagai lalap (setelah dilayukan dengan air panas) atau dijadikan sebagai pembungkus buntil.
Nafsu makan Agan menurun? Coba konsumsi daun pepaya yang pahit untuk mengembalikan nafsu makan. 
Daun pepaya ternyata juga ampuh mengatasi katarak, mencegah penuaan, meningkatkan sistem imun, sampai menurunkan risiko penyakit kanker.

Kunyit
Kunyit atau kunir termasuk salah satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengkonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.
Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae.
Rempah dapur yang satu ini memang tidak bisa dimakan secara langsung karena rasanya yang cukup pahit. Kunyit pun dijadikan bumbu beberapa jenis masakan dan memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, seperti melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, dan membersihkan darah.

Cokelat hitam
Cokelat hitam murni tanpa gula memiliki cita rasa pahit yang membuat beberapa orang kurang menyukainya. Padahal, cokelat hitam murni tersebut lebih banyak nutrisi dan antioksidan yang menyehatkan tubuh.
Khasiat cokelat hitam sudah terlihat dari kandungannya. Sebagai makanan – baik yang dikemas dalam bentuk snack maupun bar – ia dibuat langsung dari bubuk biji cokelat yang diolah dengan tambahan gula, susu, serta flavouring (bumbu penyedap dan pewangi). 
Bubuk biji tanaman cokelat sendiri diyakini mengandung bahan aktif. Salah satunya, anggota geng flavonoid, epicatechin, yang termasuk antioksidan kuat.

Kale
Kale, disebut juga borecole, merupakan sayuran dari keluarga Brassica seperti halnya kubis, kailan dan brokoli. Bila dikonsumsi secara rutin, sayuran berwarna hijau tua ini disebut-sebut mampu membentengi tubuh dari kanker dan menurunkan kolesterol.
Selain kaya akan mineral, kale juga sarat antioksidan vitamin A, C dan K. Karotenoid dan flavonoid merupakan jenis antioksidan yang sudah terbukti efektif dalam menangkal kanker. Makanya sebagian orang menyebut kale sebagai sayur paling sehat di muka bumi.
Kandungan kale lainnya adalah lutein dan zeaxanthin yang sangat baik agar kesehatan mata terjaga. Bersama dengan antioksidan, kandungan serta yang cukup banyak dalam kale bisa menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.
Untuk menjaga seluruh manfaat tersebut terserap secara optimal dalam tubuh, disarankan untuk mengkonsumsi kale dalam kondisi segar atau mentah atau ditumis dengan minyak zaitun.

Itulah beberapa contoh makanan pahit yang menyehatkan tubuh. Mulai sekarang, jangan selalu menghindari makanan pahit karena ternyata ada banyak manfaat kesehatan di dalamnya.



dari berbagai sumber

0 Komentar:

Posting Komentar

[Reply to comment]